IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN IJEN BANYUWANGI

  • Tria Dewanti Universitas PGRI Banyuwangi
  • N. Nurchayati Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Hasyim As'ari Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Identifikasi, Pteridophyta, Kawasan Ijen Banyuwangi

Abstract

Kawasan ijen merupakan daerah pegunungan yang memiliki luas wilayah sekitar 2.560 Ha, termasuk hutan wisata seluas 92 Ha dan memiliki ketinggian hingga mencapai 2.799 mdpl, Kawasan Ijen sendiri merupakan gunung api yang masih aktif, dengan karakteristik lingkungan yang masih alami dan cenderung lembab, sehingga memungkinkan berbagai tumbuhan paku (Pteridophyta) dapat hidup baik di kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis spesies tumbuhan paku (Pteridophyta) yang ada di Kawasan Ijen Banyuwangi dan mengetahui hasil deskripsi spesies tumbuhan paku (Pteridophyta) yang ada di Kawasan Ijen Banyuwangi. Data hasil penelitian yang ditemukan untuk di identifikasi. Metode yang digunakan adalah belt transek dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk gambar dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 jenis spesies yang termasuk dalam 6 famili, antara lain Pteris biaurita L.; Pteris vitata L.; Nephrolepis cordifolia (L.) Presl; Nephrolepis hirsutula (forst); Pyrrosia longifolia (Burm.F.) C.V. Morton; Pyrrosia piloselloides (L.) M. Price; Goniophlebium korthalsi (Medd) Bedd; Hypolepis punctata (Thunb) Mett ex Kuhn; Cyclosorus heterocarpus (Blume) Ching; Davalia denticulata (Burm.F.) Mett ex Khun.

References

Arini, D.I.D., & Kinho, J. (2012). Keragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridhopyta) di Cagar Alam Gunung Ambang Sulawesi Utara. Jurnal Kehutanan. 2(1):1-24.
Lestari, S. (2018). Identifikasi Tumbuhan Paku Sejati (Fillicinae) Epifit di Gunung Pesagi Kabupaten Lampung Barat. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Suhono, B. (2012). Ensiklopedia Biologi Dunia Tumbuhan Jilid 7. Jakarta: Lantera Abadi.
Tjitrosoepomo, G. (2009). Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ulum, F.B., & Dwi, S. (2015). Tumbuhan paku (Pteridophyta) Epifit di Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Jurnal Ilmu Dasar. Vol 16 No 1. Jember: Universitas Jember.
Published
2020-06-29
How to Cite
DewantiT., Nurchayati N., & As’ariH. (2020). IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN IJEN BANYUWANGI. JURNAL BIOSENSE, 3(1), 46-55. https://doi.org/10.36526/biosense.v3i1.949