Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Dalam Era Pendidikan Digital

  • Riska Fita Lestari Universitas PGRI Banyuwangi
  • Lutfi Irawan Rahmat Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ratna Mustika Yasi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Adi Mulyadi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Muhammad Zainal Roisul Amin Universitas PGRI Banyuwangi
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Online Learning Media, Virtual Reality (VR), Studenst of SMK Glagah

Abstract

During the aftermath of the Covid-19 pandemic, educational establishments encounter difficulties in providing comprehensive learning experiences due to the unpredictable circumstances caused by the pandemic. Hence, it becomes crucial for these institutions to prioritize the adoption of digitalized education that allows for accessibility at any time and from any location. However, the field of light vehicle engineering faces its own set of challenges when it comes to delivering intricate materials, primarily due to the size and intricacy of the learning resources. To tackle this issue, a novel approach has been introduced in the form of Virtual Reality (VR)-based learning methods, which prove to be invaluable tools in enhancing comprehension of the subject matter.

References

Nafrin IA, Hudaidah H. Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif J Ilmu Pendidik 2021;3:456–62. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324.

Ansori A, Sari AF. Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. J Literasi Pendidik Nusant 2020;1:133–48.

Akbar MF, Anggraeni FD. Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. J Ilm Psikol 2017;2:28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458.

Fowley C, English C. Introduction on Internet Research, Theory, and Practice: Perspectives from Ireland. 3rd ed. Ireland: research-publishing.net; 2013.

Efendi NM. Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus J Pendidikan, Sosiologi, Antropol 2019;2:173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788.

Sutarsih T, Maharani K. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. vol. 6. Jakarta: Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata Directorate; 2022.

K ER. Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya. vol. 3. 2013.

Pamungkas P. Evaluasi Penggunaan Internet sebagai Penyelesaian Tugas Sekolah di SD N Karangjati 01. Surabaya: 2016.

Wulandari D. Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Internet Bagi Peserta Didik. J Aksioma Ad-Diniyyah 2022;10:1–8.

Darwis D, Saputra VH, Ahdan S. Peran Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA) Sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid-19 di SMK YPI Tanjung Bintang. Pros Semin Nas Darmajaya 2020;1:36–45.

Rahman D. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. J Perpust Dan Inf 2021;1:9–14.

Alfiansyah M, Rozi S, M.Syarif. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Peserta Didik Di SMK PGRI Sooko Mojokerto. J Faidatuna 2023;4:110–6.

Irawan D. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. MIKROTIK J Manaj Inform 2013;1:1–6.

Yulianti, Asfiyak K, Musthofa I. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Malang. VICRATINA J Pendidik Islam 2020;5:66–76.

Sumolang HK. Pemanfaatan Internet Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru Di Smp Kristen Diakonia Manado. J UNSRAT 2020;2:1–16.

Elmayantie C. Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran Bahasa Inggris oleh Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palangka Raya. J SAINTEKOM 2018;8:65. https://doi.org/10.33020/saintekom.v8i1.51.

Andrianingsih R, Mustika D. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini 2022;6:6164–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3388.

Fitri A, Elly R, Nurhaidah. Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 16 Banda Aceh. Ilm Pendidik Guru Sekol Dasar 2017;2:73–9.

Ummu Mawaddah, Ahmadi. Pemanfataan Komputer dan Internet Dalam Pendidikan dan Pembelajaran PAI. PaKMas J Pengabdi Kpd Masy 2022;2:243–8. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.881.

Tobing SM. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. J PEKAN J Pendidik Kewarganegaraan 2019;4:64–73. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376.

Dian Gustina, Nafisah Yuliani, Marmis, Asril Basry FN. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Sekolah Dasar pada Masa New Normal di SD IT Pondok Duta. Ikraith-Abdimas 2021;4:55–60.

Tiharita R. Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning. OIKOS J Kaji Pendidik Ekon Dan Ilmu Ekon 2018;2:24–31. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.917.

Subarjo AH, Setianingsih W. Pemanfaatan Internet Dalam Mata Kuliah Kewarganegaraan. Rekayasa Teknol. Ind. dan Inf., 2016, p. 427–31.

Yenni Y, Simatupang J. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Dan Kemandirian Belajaran Bagi Anak Tiban Lama. Jurdimas (Jurnal Pengabdi Kpd Masyarakat) R 2019;2:7–12. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i1.278.

Bagus Muharto D, Syawali F, Subhan F, Slameto IN, Kashoif MF, Kamaludin MT, et al. Pemanfaatan Internet Pada Era Digital untuk Kegiatan Belajar Mengajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. Prax J Pengabdi Kpd Masy 2022;2:237–42.

Firdaus NM, Robandi B. Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet Dalam Mencari Pengetahuan Dan Keterampilan Bagi Warga Belajar PKBM. Comm-Edu (Community Educ Journal) 2023;6:6. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i1.7527.

Despriyanti R. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Didakt J Ilm PGSD STKIP Subang 2022;7:552–67. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.216.

Gunawan PIY, Amaludin A. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. J Madaniyah 2021;11:133–50.

Putra YK, Sadali M, Fathurrahman F, Mahpuz M. Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA J Pengabdi Pada Masy 2020;1:46–52. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772.

Sulistiani H, Rahmanto Y, Dwi Putra A, Bagus Fahrizqi E. Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Dalam Menghasilkan Siswa 4.0. J Technol Soc Community Serv 2020;2:178–83.

Fadillah AP, Kurnianingsih. Sistem Informasi Pembelajaran Online Pada SMK Medikacom. Sist Inf Pembelajaran Online Pada Smk Med 2017;1:10.

Munandar A, Sulistiani H, Adrian QJ, Irawan A. Penerapan Sistem Informasi Pembelajaran Online Di SMK Al-Huda Lampung Selatan. J Soc Sci Technol Community Serv 2020;1:7. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.668.

Farell G, Ambiyar A, Simatupang W, Giatman M, Syahril S. Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif J Ilmu Pendidik 2021;3:1185–90. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521.

Asep AS, Romansyah A. Perancangan Sistem Pembelajaran Online Dengan Pendekatan Metode Waterfall (Studi Kasus: SMK PGRI 109 Tangerang). J Tek Inform Dan Teknol Inf 2023;3:1–7. https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i2.2200.

Assidiqi MH, Sumarni W. Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Pros Semin Nas Pascasarj 2020;3:298–303.

Hakim L. Pemilihan Platform Media Pembelajaran Online Pada Masa New Normal. Justek J Sains Dan Teknol 2020;3:27. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3516.

Rosalinda. Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid- 19. Serambi Konstr 2021;3:126–34.

Eka Yuda Wibawa A. Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah Pk Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah J 2021;1:76–84. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15.

Effendi R, Nugroho S, Izzuddin DA, Alauddin SM. Manfaat Platform Digital Dimasa Covid-19 Bagi Mahasiswa Unsika Tahun Akademik 2021-2022. J Olahraga Kebugaran Dan Rehabil 2021;1:105–17. https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.5822.

Irma S, Regy P, Budi F. Media Pembelajaran Di Masa Pandemic Covid-19 Untuk. Semin. Nas. Pendidik., 2021, p. 283–9.

Magdalena I, Hafshoh D, Lathifah N, Anggraeni E, Antika R, Fazriyah H, et al. Aplikasi Pembelajaran Dengan Media Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Tinggi Sdn Pakulonan 01 Tangerang Selatan. J Edukasi Dan Sains 2021;3:339–51.

Yuliana DP. Efektivitas Penggunaan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. J Pendidik Teknol Inf 2022;5:8–19. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i1.378.

Indrayani R. Pelatihan Penggunaan Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid19 untuk Sekolah Dasar. Muria J Layanan Masy 2021;3:94–100. https://doi.org/10.24176/mjlm.v3i2.5652.

Putra IGDD. Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Maha Widya Bhuwana J Pendidikan, Agama Dan Budaya 2022;5:129. https://doi.org/10.55115/bhuwana.v5i2.2056.

Astuti II. Platform Instagram Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Peserta Didik. J Civ Huk 2021;6:211–21. https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.17680.

Winda WNF, Aninditya ASN. Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Peserta Didik Kelas 6 SD Negeri Jarakan Di Masa Pandemi Covid-19. Bahtera Indones J Penelit Bhs Dan Sastra Indones 2021;6:120–34. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.108.

Soleha RH, Fitriyani I, Ramadan I, Rousere AR, Gunawan A. Penggunaan Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Agar Hasil Belajar Di Sd Darut Tauhid Ar-Rafi Tetap Maksimal. PANDAWA J Pendidik Dan Dakwah 2021;3:454–67.

Subaker IW, Suryawan N, Nirmala Dewi DN, Yusi Armini NW. Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 5 Blahbatuh di Masa Pandemi COVID-19. J Penelit Agama Hindu 2022;6:20–6. https://doi.org/10.37329/jpah.v0i0.1610.

Hidayati N, Syaikhu A, Nugraheny DC. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di MI Ma’ruf Ngrupit). Semin. Nas. Pendidik. STKIP Kusuma Negara III, 2021, p. 406–19.

Haryati LF, Nursaptini N. Konferensi Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. J Pendidik Sos Dan Budaya 2021;3:85–91.

Aisyah S, Muhammad Alif Kurniawan. Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. J Ris Madrasah Ibtidaiyah 2021;1:48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195.

Marwanto A. Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. J Basicedu 2021;5:2097–105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128.

Putra AS, Aisyah N. Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Virtual Reality. Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, 2021, p. 295–303.

Heldina Ghina Almira, Azwardi M. Penggunaan Teknologi Virtual Reality pada Media Pembelajaran Mata Kuliah Fotografi Dasar. J Lap Akhir Tek Komput 2021;1:30–40.

Sifa’ B, Hasbiyati H, Afandi B. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (VR) pada Materi Sistem Peredaran Darah. J Bioshell 2021;8:50–2. https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.915.

Arsadhana IWAS, Dewi NKRS, Kirana NKJ. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Sebagai Inovasi Pendidikan Berkelanjutan di Era Society 5.0. Pros. Webinar Nas. Pekan Ilm. Pelajar, 2022, p. 736–40.

Hendrayana D, Rahmah NA, Ariatama A, Tobing SHL. Studi Literatur: Pemanfaatan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran dan Uji Kompetensi untuk Industri Perfilman. J Seni Nas Cikini 2022;8:71–8. https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2.158.

Ariatama S, Adha MM, Rohman, Hartino AT, Ulpa EP. Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Semnas FKIP, vol. 2, 2021, p. 1–12.

Published
2024-06-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>