Pelatihan Desain Kreatif Canva dalam Sosial Media di Lingkup Kelurahan Se-Kecamatan Pangkajene

  • Elfira Makmur Universitas Negeri Makassar
  • Dessy Ana Sari Universitas Negeri Makassar
  • Hilda Ashari Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Iswal Burhan Universitas Negeri Makassar
  • Akhyar Muchtar Universitas Negeri Makassar
Keywords: Digital Content, Canva, Media Sosial

Abstract

The creativity training program in sub-district units of Pangkajene District is an effort to strengthen the competency of government personnel in accelerating delivery of attractive and technology-based information. Social media is an important component of any instances to raise consumer’s awareness. It is hoped that by offering useful and attractive digital contents, sub-district units of Pangkajene District will be able to minimize the spread of fake news and many other useful information for citizen. With this program, our teams demonstrated various materials and cases using Canva application to generate an attractive and informative digital content, specifically by utilize Canva’s features and template.

References

Ika Effendi, N., G. Suliska, L.D. Marthika, T. Ferdian and S. Wineh, 2022. Peningkatan Penjualan Produk Umkm Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing Dengan Graphic Designer Software Canva. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 6(1): 643–653.

Gehred, A.P., 2020. Canva. Journal of the Medical Library Association, 108(2).

Wiryani, A.P., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis.

Purwati, Y. and L. Perdanawanti, 2019. Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1).

Locker, M., https://www.fastcompany.com/40514362/graphic-design-startup-canva-just-turned-into-a-unicorn. Accessed May 27, 2023.

Ashari, H., M. Iswal Burhan, D. Ana Laila Sari, E. Makmur and A. Muchtar, 2022. Peningkatan Kapasitas Aparatur Kelurahan Sibatua Kabupaten Pangkep Terhadap Penggunaan Google Apps. TEKIBA, 2(2): 33–36.

AlAwadhi, S. and S.M. Al-Daihani, 2019. Marketing academic library information services using social media. Library Management, 40(3–4): 228–239.

Retnasary, M., D. Setiawati, D. Fitriawati and R. Anggara, 2019. Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1).

Novianti, E., A. Ruchiyat Nugraha, L. Komalasari, K. Komariah and S. Rejeki, 2020. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1): 48–59.

Sari, N.M.R. and K.D. Padnyawati, 2021. Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris Pada Kantor Desa Se-Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan). Hita Akuntansi Dan Keuangan , (April):

Rismawati, R., 2019. Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris Pada Desa Di Kecamatan Bandongan).

Nurhayaty, E., R. Marginingsih, I.H. Susilowati and Y. Pramularso, 2022. Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau.

Sholeh, M., R.Y. Rachmawati and E. Susanti, 2020. Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. Selaparang, 4(1).

Haisam Arrasyid, A., R. Rimanda, U.S. Puadah and A.N. Aeni, 2022. Sharing Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Islami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1): 99–103.

Wijaya, N., H. Irsyad and A. Taqwiym, 2022. Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FORDICATE, 2(1).

Published
2023-06-04

Most read articles by the same author(s)