Problematika Pembelajaran Masa Pandemi hingga Masa Pemulihan Learning Problems from Pandemic Period to Recovery Period

  • Totok Hari Prasetiyo FKIP Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Magdalena Putri Nugraheni FKIP Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Mahfud FKIP Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
Keywords: curriculum, learning loss, pandemic, learning problems

Abstract

The pandemic brings medical and non-medical problems, including education. The government, as the holder of control over the regulation of the education curriculum in Indonesia makes policies that aim to provide a way out of the learning difficulties during the pandemic. This study is based on a literature review that was conducted in a deskriptif kualitatif manner.  Common learning problems during the pandemic are: internet problems, communication devices or devices, cost constraints, incomplete delivery of material, limited communication constraints, adaptation and teacher competence in relation to learning strategies and technology, and inadequate learning environment conditions. The facilities and solutions that are proclaimed in the curriculum are still considered inadequate to accommodate all the problems that occur. This is evidenced by the learning loss or lethargy of students and teachers during the recovery period.

References

Asmuni. 2020. Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 7(4). p:281–288.
Basar, Afip Miftahul. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi), E: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2, No 1. p: 208 – 218
Guswanti, M., Satria, R. 2021. Problematika pembelajaran dalam problematika pembelajaran dalam jaringan (Daring) pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha, 1(2). p: 116–124. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.4
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. AoEJ: Academy of Education Journal. Vol. 12. p: 254–261.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No.HK.03.01/Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan PenyelenggaraanPembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 dimasa Covid-19 Menteri Pendidikan. (2020).
Purandina, I Putu Yoga & Winaya, I Made Astra. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja Jayapangus Press. Vol. 3 No. 2. p: 270-290.
Rofi’ah, R. 2021. Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Institut Pesantren Sunan Drajat. Vol. 01 No. 01 (April 2021), p: 52-58.
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5(1). 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36952/MPK.a/HK/2020, tanggal 17 Maret Tahun 2020, Tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk mencegah penyebaran CoronaVirus (COVID-19).
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Lembaran Negara Republik - 3 - Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).
Wahyono, Poncojari & Husamah, H & Budi, Anton Setia. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Malang, Volume 1 No 1 Tahun 2020, p: 51-65
Wahyuningsih, Kompyang Sri. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja Pasca Sarjana Universitas Hindu Negeri Denpasar Bali, Vol. 24 No. 1, Maret 2021. p: 108 – 118
Widodo, A. Nursaptini. 2020. Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. Elementary School Education Journal (ELSE). Volume 4 Nomor 2, halaman 100-115. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5340
Zahrawati, F., & Aras, A. 2020. Pembelajaran berbasis riset dengan memanfaatkan Google Classroom pada mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 143–154.
Published
2022-11-05
How to Cite
Totok Hari Prasetiyo, Magdalena Putri Nugraheni, & Mahfud. (2022). Problematika Pembelajaran Masa Pandemi hingga Masa Pemulihan Learning Problems from Pandemic Period to Recovery Period. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 11(2), 157-162. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i2.2223