THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND CONSUMER DISSATISFACTION ON WARDAH LIPSTICK BRAND SWITCHING BEHAVIOR IN PADANG STATE UNIVERSITY STUDENTS

Pengaruh Kualitas Produk dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Perilaku Peralihan Merek Lipstik Wardah pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang

  • Nabila Noer Istiqamah Universitas Negeri Padang
  • Annur Fitri Hayati Universitas Negeri Padang
Keywords: Kualitas Produk, Ketidakpuasan Konsumen, Peralihan Merek

Abstract

The purpose of this study was to investigate how it affects the quality of the poduk and consumer dissatisfaction with the brand switch on Wardah lipsticks. This study uses a causal research design and quantitative methodology. The population of this study consisted of Padang State University students who had worn Wardah lipstick and switched brands. Sampling was 100 and the sampling method was purposive sampling. The findings of the study revealed that (1) there was a significant negative influence of product quality on the brand change of Wardah lipstick products in female students at Padang State University. (2) consumer dissatisfaction has a significant positive influence on the brand change of Wardah lipstick products in Padang State University students. (3) the significant influence between product quality and consumer dissatisfaction on the switch of Wardah Lipstick Brand to female students at Padang State University

References

Abdullah, D., Hernita, N., & Herlina Jasunka, F. (2023). Kualitas Produk Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Peralihan Merek Kosmetik Lain Beralih Ke Kosmetik Wardah. J-Aksi : Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 4(2), 191–202. https://doi.org/10.31949/jaksi.v4i2.5157
Anggraeni, R., Evanita, S., & Sofya, R. (2018). Pengaruh Endorser, Harga Dan Kualiatas Produk Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Bedak Padat Maybelline Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 785. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5682
Armazura, D. F., Evanita, S., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Switching Laptop Merek Axioo pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 107–115. www.topbrand-award.com.2015
Ayuniah, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal IEkonomi Bisnis, 22(3), 208–219.
Bashori, A. (2018). Pengaruh Ketidakpuasan Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Samsung Ke Merek Smartphone Lain Di Wilayah Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1–8.
Demante, K., & Dwiyanto, B. M. (2019). ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE DAN PERCEIVED QUALITY SERTA DAMPAKNYA PADA PURCHASE INTENTION (Studi pada Lipstik Sariayu Martha Tilaar di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(4), 97–105. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom
Dr. M. Anang Firmansyah, S.E., M. . (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategi). CV. Penerbit Qiara Media.
Fandy Tjiptono, G. C. (2012). Pemasaran Strategik. CV Andi Offset.
Inka Nuromavita, E. S. (2016). PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PERPINDAHAN MEREK SEPEDA MOTOR YAMAHA KE HONDA. August, 681–691.
J. Paul Peter, J. C. O. (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 4 Ji). Erlangga.
J. Paul Peter, J. C. O. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 9 Bu).
Jenderal, D., Riset, P., Pengembangan, D., Budiara, M., Basyir, M., Program, ), Manajemen, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Syiah Kuala, U. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Citra Merk Dan Harga Terhadap Pengalihan Merk Handphone Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 25–47. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Kajian, J., Irviandra, R. D., & Trinanda, O. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen , Kualitas Produk , dan Iklan Pesaing terhadap Peralihan Merek. Idc, 36–42.
Lestari, R. D., & Widayati, A. (2022). Profil Penggunaan Kosmetika di kalangan Remaja Putri SMK Indonesia Yogyakarta. Majalah Farmaseutik, 18(1), 8. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i1.70915
Merek, P., & Soestyo, Y. (2014). Yusuf Zainudin dan Yoyok Soestyo; Pengaruh Kualitas Produk …. 2.
Nurmalasari, D., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1434
Philip Kotler, G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Jilid 1). Erlangga.
Philip Kotler, K. L. K. (2012). Marketing Management (Edisi 14). Prentice Hall.
Prof. Dr Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (M. . Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Rosa Paembonan, Hermawati Harun, F. A. (2023). UJI KARAKTERISTIK DAN KETAHANAN WARNA FORMULASI SEDIAAN LIPSTIK DARI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) SEBAGAI PEWARNA ALAMI. 4 Nomor 2.
Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction , Variety Seeking , Electronic Word of Mouth , dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(1), 26–35.
Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.
Septiani, S., Sri Purwanti, R., & Toto. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Suatu Studi Pada Konsumen Toko Elin Kosmetik Yang Berpindah Dari Sariayu Ke Wardah). Business Management And Entrepreurship Journal, 2(September), 67–81. https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/3767
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan : Teori & Aplikasi dengan SPSS. Andi Offset.
Thamrin Abdullah. (2021). Manajemen Pemasaran. Rajawali.
Tobergte, D. R., & Curtis, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Beralih Merek (Brand Switching) Ke Kartu Perdana Telkomsel. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Vega, N., & Mardatillah, A. (2021). Pengaruh citra merek (Brand Image) terhadap loyalitas merek produk lipstik wardah pada global kosmetik Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. SYNERGY: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.52364/synergy.v1i2.8
Wahyu, M. I., Hidayati, N., & Pardiman. (2020). Pengaruh Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keoutusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series. E – Jurnal Riset Manajemen, 9(18), 54–65.
Wulandari, H. I., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek (Studi pada Pelanggan IM3 Ooredoo di FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 488–495. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28773
Zahari, A., & Evanita, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Produk Kosmetik Sariayu Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 896. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5669
Published
2025-02-06
How to Cite
Nabila Noer Istiqamah, & Annur Fitri Hayati. (2025). THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND CONSUMER DISSATISFACTION ON WARDAH LIPSTICK BRAND SWITCHING BEHAVIOR IN PADANG STATE UNIVERSITY STUDENTS: Pengaruh Kualitas Produk dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Perilaku Peralihan Merek Lipstik Wardah pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 9(1), 204-213. https://doi.org/10.36526/santhet.v9i1.5016