Analysis of the Implementation of Independent Learning on Student Learning Motivation at SMK N 4 Denpasar

Analisis Implementasi Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK N 4 Denpasar

  • I Gusti Ayu Ika Monika Prastyandhari Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora Universitas Dhyana Pura
  • I Putu Pranatha Sentosa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made Erpia Ordani Astuti Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora Universitas Dhyana Pura
Keywords: Analisis, Implementasi, Merdeka, Belajar, Siswa

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa akan lebih termotivasi karena diberikan keleluasaan untuk lebih memahami materi yang disampaikan guru, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mendalam. Dalam hal ini guru harus berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator bagi siswa, sementara sekolah harus memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan fasilitas pembelajaran yang terbatas. Kondisi lingkungan sekolah, seperti fasilitas dan infrastruktur, juga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap dan baik dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi siswa, yang memungkinkan mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kurikulum ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dan sekolah dalam proses implementasi kurikulum.

References

A. J. Sitika et al., “Pengaruh Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” Sep. 2023, doi: 10.5281/ZENODO.8368826.
A. Zainuri and A. Zulfi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”.
Anis Aprianti and Siti Tiara Maulia, “Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik,” J. Pendidik. Dan Sastra Ingg., vol. 3, no. 1, pp. 181–190, Apr. 2023, doi: 10.55606/jupensi.v3i1.1507.
L. Lince, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan,” Pros. Semin. Nas. Fak. Tarb. Dan Ilmu Kegur. IAIM Sinjai, vol. 1, pp. 38–49, May 2022, doi: 10.47435/sentikjar.v1i0.829.
R. L. Arafu, I. Rizqiyati, A. R. Laili, and A. Astiani, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Semester 3 Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang,” 2023.
R. Wijayanti, D. Hermanto, and A. T. Novitasari, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Mahasiswa”.
S. Hanipah, “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas,” 2023.
V. N. Hidayati, F. R. Dani, M. S. Wati, and M. Y. Putri, “PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PAYUNG SEKAKI,” J. EDUSCIENCE, vol. 9, no. 3, pp. 707–716, Dec. 2022, doi: 10.36987/jes.v9i3.3443.
Y. G. Sari, B. E. Putra, Y. Miranti, and M. Setiawati, “Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi,” JUPEIS J. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 4, pp. 131–138, Nov. 2022, doi: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.375.
Published
2025-03-23
How to Cite
I Gusti Ayu Ika Monika Prastyandhari, I Putu Pranatha Sentosa, & Ni Made Erpia Ordani Astuti. (2025). Analysis of the Implementation of Independent Learning on Student Learning Motivation at SMK N 4 Denpasar: Analisis Implementasi Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK N 4 Denpasar . Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 9(2), 450-457. https://doi.org/10.36526/santhet.v9i2.4767