Analysis of the Implementation of Independent Learning on Student Learning Motivation at SMK N 4 Denpasar
Analisis Implementasi Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK N 4 Denpasar
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa akan lebih termotivasi karena diberikan keleluasaan untuk lebih memahami materi yang disampaikan guru, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mendalam. Dalam hal ini guru harus berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator bagi siswa, sementara sekolah harus memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan fasilitas pembelajaran yang terbatas. Kondisi lingkungan sekolah, seperti fasilitas dan infrastruktur, juga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap dan baik dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi siswa, yang memungkinkan mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kurikulum ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dan sekolah dalam proses implementasi kurikulum.
References
A. Zainuri and A. Zulfi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”.
Anis Aprianti and Siti Tiara Maulia, “Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik,” J. Pendidik. Dan Sastra Ingg., vol. 3, no. 1, pp. 181–190, Apr. 2023, doi: 10.55606/jupensi.v3i1.1507.
L. Lince, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan,” Pros. Semin. Nas. Fak. Tarb. Dan Ilmu Kegur. IAIM Sinjai, vol. 1, pp. 38–49, May 2022, doi: 10.47435/sentikjar.v1i0.829.
R. L. Arafu, I. Rizqiyati, A. R. Laili, and A. Astiani, “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Semester 3 Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang,” 2023.
R. Wijayanti, D. Hermanto, and A. T. Novitasari, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Mahasiswa”.
S. Hanipah, “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas,” 2023.
V. N. Hidayati, F. R. Dani, M. S. Wati, and M. Y. Putri, “PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PAYUNG SEKAKI,” J. EDUSCIENCE, vol. 9, no. 3, pp. 707–716, Dec. 2022, doi: 10.36987/jes.v9i3.3443.
Y. G. Sari, B. E. Putra, Y. Miranti, and M. Setiawati, “Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi,” JUPEIS J. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 4, pp. 131–138, Nov. 2022, doi: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.375.