Kesenjangan Informasi dalam Pendidikan Agama di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan informasi dalam pendidikan agama di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, serta memberikan solusi berbasis teori Information Gaps. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen untuk mengidentifikasi faktor penyebab, dampak, dan strategi penanganan kesenjangan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ekonomi, sosial, dan teknologi menjadi penghalang utama distribusi informasi yang merata. Rendahnya literasi digital dan infrastruktur teknologi yang terbatas memperburuk ketimpangan kualitas pendidikan agama antara wilayah pedesaan dan perkotaan. Rekomendasi penelitian mencakup pengembangan infrastruktur teknologi, pelatihan literasi digital bagi guru dan siswa, serta kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan solusi yang kontekstual dan inklusif. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada kebijakan pendidikan agama yang lebih merata dan efektif di Indonesia.
References
Ependi, R., & Lubis, S. (2022). The Implementation of Islamic Classroom Management and Teacher Performance In Improving Students’ Learning Achievement. Al-Ulum, 22(2), 465–488.
Hasyimi, A., Maulana, A., Ningtiaas, A. I., & Nurcahyanti, A. (2024). Learning Constructivism In Learning Moral Creeds At The Muhammadiyah School In Tebing Tinggi City. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(2), 87–92.
Hidayat, S., Ghofur, A., & Baroroh, U. (2023). The Norm of Marriage Age Limit and Cultural Contestation of Child Marriage Law in Rural Communities. Jurnal Hukum Islam, 21(1), 55–82.
Kurniawati, D., & Wibowo, T. O. (2023). Interfaith Da’wah in Indonesia: A Hermeneutic Perspective on the Hadith of Abu Daud and Bukhari. Pharos Journal of Theology, 105(2), 1–15.
Mardianto, M., & Syukri, M. (2022). Left-Handed-Friendly Education in Indonesia (Perceptions, Barriers, and Efforts to Overcome Problems Experienced by Teachers). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 1018–1028.
Matondang, A. R., Sazali, H., & Zainun, Z. (2024). Exploration of Simulacra in Moderation Messages: Analysis of Salafi Dakwah on Youtube. Journal La Sociale, 5(3), 590–604.
Resien, C., Sitompul, H., & Situmorang, J. (2020). The Effect of Blended Learning Strategy and Creative Thinking of Students on The Results of Learning Information and Communication Technology by Controlling Prior Knowledge. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 879–893.
Ridho, M. R., Lesmana, I., Safitri, H. D. A., Meirani, R. K., & Prestiadi, D. (2023). Digital Leadership in the Scope of Education. International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT 2022), 52–61.
Sazali, H., Matondang, A. R., & Amal, B. K. (2023). Rakut Sitelu As a Brand of Religious Moderation Media in North Sumatra. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 21(1), 25–40.
Sazali, H., Ritonga, H. J., & Matondang, A. R. (2023). The Communicative Unveiling: Bridging Reputation and Reality through Dialogue in Islamic Campus Accreditation. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 6(1), 187–199.
Siregar, A. (2022). Positive Psychology in Islamic Counseling Perspective; Analysis of The Trilogy of Life Dimensions. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 226–238.
Siswanto, E., Hafsyah, H., Wahud, F., Rustiani, R., Syuheri, A., Rodin, R., Karmila, K., Tanaka, A., Zulkarnain, Z., & Zahari, I. (2024). Manajemen Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berakhlak Mulia. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).
Taravita, F. R., Triase, T., & Alda, M. (2024). Analisis Kualitas Layanan Sisfo Dapodik di Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Menggunakan Metode E-Servqual. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 7(3), 1069–1080.
Tarigan, T. M., & Zahara, F. (2024). Internal Quality Assurance System in Achieving Accreditation Scores for Islamic Religious Higher Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 677–698.
Wastuti, S. N. Y., Pratiwi, S. N., & Jamila, J. (2024). The Role of The School Principal In Improving Teacher Performance During The New Adaptation Period at SMPN 1 Perbaungan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01).