IMPLEMENTATION OF P5 ACTIVITIES IN THE INDEPENDENT CURRICULUM OF SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI ON HISTORY LEARNING WITH THE THEME OF LOCAL WISDOM OF TOBACCO HISTORY AT THE JEMBER MUSEUM

IMPLEMENTASI KEGIATAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL SEJARAH TEMBAKAU DI MUSEUM JEMBER

  • Ilmiatul Janah Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rina Rohmawati Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Agi Ma’ruf Wijaya Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Kurikulum Merdeka, Kearifan Lokal dan Pembelajaran Sejarah

Abstract

This research aims to find out and understand the P5 (Pancasila Student Profile Strengthening Project) activities in the Independent Curriculum implemented at SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji, especially in learning history with the theme of local wisdom that focuses on the history of tobacco at the Jember Museum. The implementation of P5 is one of the components of the character development project of Indonesian students which aims to transfer Pancasila values, so that the goal of implementing P5 in the Independent Curriculum can be achieved, namely positioning students as Pancasila learners. This study uses a qualitative descriptive methodology. Data collection techniques were carried out through interviews involving history teachers and students, visits to museums and documentation. The results of the study show that visits to tobacco museums have a significant positive impact on history learning. A visit to the museum not only enriches the students' learning experience but also enhances their knowledge of the history and culture of the region, ultimately helping them grow as Pancasila students and build their identity.

References

Agustina, E., Sukardi, S., & Idris, M. (2023). Analisis Kegiatan P5 dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah di SMA Maitreyawira Palembang: Indonesia. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 442-451.
Bella, K. O. (2017). Peranan perpustakaan dan museum tembakau dalam pelestarian kebudayaan kota jember. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 42-57.
Astika, F. A., Prahita, B. N., & Budiati, A. C. (2024). Implementasi Pelestarian Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Kegiatan P5 Berbasis Contextual Learning. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 1096-1110.
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386-393.
Aulia, N. (2023). Analisis Nilai Budaya dan Nilai Sosial pada Tradisi Arak-arakan Rujukan di Kampung Cipeucang sebagai Bahan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Kearifan Lokal) di SMA. Jurnal Artikula, 6(2), 60-12.
Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, R. K., & Attalina, S. N. C. (2024). ANALISIS KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL KABUPATEN JEPARA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1769-1784.
Justine, R. (2024). Analisis Kurikulum Merdeka dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 11 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Kesuma, Triatna & Permana. (2018). Pendidikan Karakter. Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosdakaya Offset. Bandung
Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569-7577.
Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia.
Lestari, D. D. (2024). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) tema kearifan lokal sehatnya juz pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas vii di SMP Negeri 16 Kota Pekalongan (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka : Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal pedagogy, 15(1), 75-94.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., ... & Lestari, I. D. (2022). Analisis kegiatan p5 di sma negeri 4 kota tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185-191.
SAPUTRI, R. E. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA PADA MATERI KEARIFAN LOKAL SD NEGERI 3 MASBAGIK UTARA (Doctoral dissertation, Universitas Hamzanwadi).
Shihab, F., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Adaptasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4600-4605.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30-38.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan dan R&D. Alfabeta, CV
SOLIHAH, M. A. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENERAPAN PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEARIFAN LOKAL DI SDN 01 TOYA (Doctoral dissertation, Universitas Hamzanwadi).
Winanti, A. I. P., Mutiara, N. I., & Putri, E. A. T. W. (2024). Representasi Budaya Jember Di Museum Tembakau. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(3), 121-142.
Published
2024-11-14
How to Cite
Ilmiatul Janah, Rina Rohmawati, & Agi Ma’ruf Wijaya. (2024). IMPLEMENTATION OF P5 ACTIVITIES IN THE INDEPENDENT CURRICULUM OF SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI ON HISTORY LEARNING WITH THE THEME OF LOCAL WISDOM OF TOBACCO HISTORY AT THE JEMBER MUSEUM: IMPLEMENTASI KEGIATAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL SEJARAH TEMBAKAU DI MUSEUM JEMBER. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 2168-2177. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4618