Internship Permit Issuance Services at PT Semen Padang Education and Training Center

  • Safri Andika Universitas Negeri Padang
  • Nora Eka Putri Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Bar., Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25171
Keywords: Service, Internship, PT Semen Padang Education and Training Center.

Abstract

Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh suatu organisasi yang menyangkut kebutuhan konsumen, dengan pelayanan yang baik masyarakat akan merasa puas, dengan demikian pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya menarik minat konsumen untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana kualitas pelayanan Penerbitan Surat Izin Magang di Pusdiklat PT Semen Padang dengan harapan pengguna jasa/pelanggan, peneliti menggunakan tiga komponen teori Morgan dan Murgatroyd yaitu. “Segitiga keseimbangan dalam kualitas pelayanan” yaitu komponen interpersonal, komponen lingkungan prosedur atau proses, dan komponen teknis atau profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi kualitatif atau desain pseudo kualitatif dengan menggunakan metode simple research design (SRD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Proses Penerbitan Surat Izin Magang yang dilakukan oleh Pusdiklat PT Semen Padang cukup baik dengan mempertimbangkan keseimbangan teori yang digunakan, proses pelayanan yang berjalan juga cukup sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kenyamanan ruang tunggu bagi para pelamar magang yang datang untuk mengurus izin magang.

References

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan.
Lase, P. P. (2021). Pengaruh Integritas dan Profesionalisme Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Publik. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(2), 135- 144.
Wahyuni, T., Tamsah, H., & Mulat, T. C. (2018). Kompetensi Merupakan Parsial Mediator Diklat Terhadap Mpkp Di RS Puri Cinere Jakarta. Yume: Journal of Management, 1(3).
Nugraheni, D., & Wijaya, L. S. (2017). Pelaksanaan Program Internship Dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi–Universitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 7(2), 47-56.
HD, M. A., Ali, G., & Yuniko, F. T. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Magang Berbasis Web di PT. Semen Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4678-4688.
Deni, M. (2018). Kedisiplinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pelayanan publik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 31-43.
Bungin, Burhan 2020, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana 2020.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.
Junidis. 2015. Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau. E-Jurnal Ilmu Pemerintahan. Unmul. Volume 3 Nomor 4.
Warella, Y. 1997. Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik. Semarang: BP Undip.
Basyirah, B., & Sahara, L. (2021). Peran Sop (Standar Operasional Prosedur) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Organisasi Pdam Tirta Bengi Bener Meriah Kabupaten Bener Meriah. Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 07-14.
Agustika, F., Siregar, S., Obara, D., & Paramarta, V. (2023). TELAAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI DALAM ORGANISASI DENGAN LINGKUNGAN: Suatu Kajian Teori. JURNAL BISNIS KOLEGA, 9(1), 24-33.
Noe, R. A. (2020). Employee Training & Development (8th ed.). Mc Graw Hill Education. Sari, M. (2020). Penelitihan Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitihan Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.
Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 657-666.
Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2018). Strategi komunikasi dalam interaksi dengan mahasiswa pertukaran asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9-16.
Palupi, T. (2017, October). Hubungan antara sikap dengan perilaku pro-lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 214-217).
SUTRISNO, T. (2021). PENGARUH LIMA FAKTOR KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI MI DARUSSALAM SIDOARJO (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABAYA).
Rivai, Veithzal dan Fawzi Ahmad Mohd Basri. 2015. Performance Appraisal, Cetakan Pertama, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2).
Arifin, M. Z. (2022). Efektifitas Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara.
Muspawi, M. (2018). Menata Strategi Rekrutmen Tenaga Kerja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 87-95.
Agustika, F., Siregar, S., Obara, D., & Paramarta, V. (2023). TELAAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI DALAM ORGANISASI DENGAN LINGKUNGAN: Suatu Kajian Teori. JURNAL BISNIS KOLEGA, 9(1), 24-33.
Lempoy, N. C., Mandey, S. L., & Loindong, S. S. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).
Najmi, F. (2017). Pengaruh keandalan dan prosedur pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2).
Amalia, R., & Damayanti, E. (2016). Sustainability Tenaga Kerja Profesional Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prosiding Univeritas Wiraraja.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2016. Service Quality dan satisfaction. Yogyakarta : Andi
PUTRI HANDAYANI, N. N. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BENGKEL PAG DENPASAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR).
Published
2024-08-07
How to Cite
AndikaS., & Nora Eka Putri. (2024). Internship Permit Issuance Services at PT Semen Padang Education and Training Center. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 1386-1401. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4181