EFFECTIVENESS OF SOCIAL CONFLICT RESOLUTION THROUGH LIFE SKILLS IN SPORTS ORGANIZATIONS IN THE REGENCY. SINJAI
EFEKTIFITAS PENYELESAIAN KONFLIK SOSIAL MELALUI LIFE SKILL PADA ORGANISASI KEOLAHRAGAAN DI KAB. SINJAI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penyelesaian konflik melalui life skill pada organisasi keolahragaan di Kab. Sinjai. Metode yang digunakan. Adalah kualitatif research dengan dengan menafsirkan fenomena yang terjadi pada organisasi keolahragaan di kabupaten Sinjai. Sample yang diambil dengan melibatkan atlet, pemain, dan penguru organisasi keolahragaan dengan melihat perilaku pada setiap individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Life skills dapat menyelesaikan konflik dalam organisasi keolahragaan melalui pelatihan dan kaderisasi organisasi sehingga dapat menerima bekal untuk dikembangkan dan menjadi terampil dalam menghadapi berbagai persoalan.
References
Adi, S., & Soenyoto. (2020). Sport Specific Class Analysis And Urgency. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 3(2)
Agarwal, N., & Ahuja, V. (2014). Preliminary Exploration of Significance of Soft Skills in Groups with Specific Reference to Peer-Assessment. Journal of Management Policies and Practices, 2(2), 85-97.
Al Abduwani, T. A. (2012). The Value And Development Of Soft Skills: The Case Of Oman. International Journal of Information Technology and Business Management, 2(1), 87-88.
Al-Mamun, M. (2012). The Soft Skills Education for the Vocational Graduate: Value as Work Readiness Skills. British Journal of Education, 2(4), 326-338.
Andrews, J., & Higson, H. (2008). Graduate Employability, ‘Soft Skills’ Versus ‘Hard’Business Knowledge: A European Study. Higher Education in Europe, 33(4), 411-422.
Anwar. (2012). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.
Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Educational Assessment in an Information Age (Versi elektronik). Dordrecht: Springer Science+Business Media.
Choudary, D. V., & Ponnuru, M. (2015). The Importance Of Soft-Skills Training For Mba Students And Managers. Abhinav International Monthly Refereed Journal of Research in, 4(11), 6-14.
Christie, N. (2009). An Interpersonal Skills Learning Taxonomy for Program Evaluation Instructors. Journal of Public Affairs Education, 18(4), 739-756.
Cimatti, B. (2016). Definition, Development, Assesment of Soft Skill and Their Role for The Quality of Organizations and Enterprises. International Journal for Quality Research, 10(1), 97-130.
Harsuki, (2012). Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Majid, S., Liming, Z., Tong, S., & Raihana, S. (2012). Importance of Soft Skills for Education and Career Success. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 2(2), 1036-1042.
Malik, A., Chusni, M. M., & Yanti. 2019. Enhancing Student’s Problem-Solving Ability Through Collaborative Problem Solving (CPS) on Simple Harmonic Motion Concept (Versi elektronik). Journal of Physics: Conf. Series 1175 012179.
Marwiyah, Syarifatul. “Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup,.” JURNAL FALASIFA, Vol. 3, no. 1 (March 2012).
Moleong, Lexy J. (2010). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mutohir, T.H., & Maksum, A. (2017). Sport Development Indeks. Jakarta: Indeks
Noor. (2015). Pendidikan kecakapan Hidup (life skill) di Pondok Pesantren dalam Mengkatkan Kemandirian Santri.Jurnal Empowermen.Vol 3 No 1.
Prasetyo, D.E., Damrah, & Marjohan. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(2)
Torang, Syamsir, (2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya, & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta.
Ortiz, I., Alfonso, J. C. R., & Luis, J. C. M. (2015). Sport Management, Leadership in The Organization. Journal of Physical Education and Sports Management, 2(2)