THE INFLUENCE OF VILLAGE APPARATUS COMPETENCY AND SERVICE ETHICS ON COMMUNITY SATISFACTION AT WRINGINPITU VILLAGE OFFICE, TEGALDLIMO DISTRICT, BANYUWANGI DISTRICT

PENGARUH KOMPETENSI APARAT DESA DAN ETIKA PELAYANANTERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA WRINGINPITU KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI

  • Atim Hariyadi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Siti Napisah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Iman Santoso STIKOM PGRI Banyuwangi
  • Heriberthus Wicaksono Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Kompetensi, Etika Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparat desa dan etika pelayanan terhadap kepuasan pada masyarakat desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.. Metode penelitian menggunakan kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan teknik uji statistic melalui alat bantu program SPSS. Pembahasan dan hasil penelitian, melalui nilai F hitung sebesar 44.961 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (kurang dari 0.05) yang berarti bahwa Kompetensi aparat desa dan Etika Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Yang berarti pula bahwa apabila kompetensi aparat desa mengalami peningkatan dan Etika Pelayanan mengalami peningkatan, maka kepuasan masyarakat juga akan meningkat. Besarnya pengaruh kedua variabel tersebut sebesar 0.481 artinya besarnya pengaruh Kompetensi aparat desa dan Etika Pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 48.1%, sedangkan sisanya 51.9% kepuasan masyarakat disebabkan oleh variabel lain. Kesimpulan hasil penelitian bahwa, ada pengaruh secara signifikant antara Kompetensi aparat desa dan Etika Pelayanan di desa Wringinpitu Banyuwangi.

References

A Shomad, N Fauziah , 2023 Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelayanan Publik Kantor Desa, ejournal.iaiskjmalang.ac.id

Arifin, Abdurachman 2004, “Pengawasan Pembangunan”, Erlangga, Jakarta.

Dipoyudo, Kirdi. 2004, Pembinaan Karyawan, Erlangga, Jakarta

Dwiyanto. Agus. 2021. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

EI Hanum-2023 Pengaruh Kompetensi, Sistem Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa pada Desa Jati Kesuma, repositori.uma.ac.id

Eko, Marsudi. 2003, Kepemimpinan Pancasila, Setyaki Eka Anugrah, Jakarta.

H Heriyanto - Musamus Journal of Public Administration, 2022, Urgensi Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik, ejournal.unmus.ac.id

Hadi Sutrisno. 2004, Methodologi Research, Jilid III Cetakan ke IV, PT. Andi Offset, Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. 2002, Perilaku Organisasi, CV. Rajawali, Jakarta.

IM Darsana, IGM Sukaarnawa 2023, Manajemen Sumber Daya Manusia, books.google.com

Manila. 2006, Perencanaan dan Kompetensi aparat desa Aparat desa , Remaja Karya, Bandung.

MM Raharjo 2022, Manajemen Pelayanan Publik, books.google.com

Musanef 2003, Manajemen Keaparat desa an di Indonesia, Gunung Agung, Jakarta.

Newman dan Munir. 2003, Organisasi Perusahaan, Gunung Agung, Jakarta.

NPT Widanti - Jurnal Abdimas Peradaban 2022, Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik, jurnal.abdimas.id

S Hadi, E Syahriani - Singkite Journal, 2022 Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Komitmen Organisasi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Dana Desa , ejurnal.acehcc.com

Published
2023-07-24
How to Cite
Atim Hariyadi, Siti Napisah, Iman Santoso, & Heriberthus Wicaksono. (2023). THE INFLUENCE OF VILLAGE APPARATUS COMPETENCY AND SERVICE ETHICS ON COMMUNITY SATISFACTION AT WRINGINPITU VILLAGE OFFICE, TEGALDLIMO DISTRICT, BANYUWANGI DISTRICT : PENGARUH KOMPETENSI APARAT DESA DAN ETIKA PELAYANANTERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA WRINGINPITU KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI . Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 553-558. https://doi.org/10.36526/santhet.v7i2.1843