PENGUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME: STUDI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

  • Suharlin Ode Bau Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Kie Raha, Ternate, Indonesia
  • Leny M.S. Tomagola Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Kie Raha, Ternate, Indonesia
  • Jamin Safi Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Kie Raha, Ternate, Indonesia
  • Yusri A. Boko Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Kie Raha
Keywords: nilai-nilai nasionalisme, pembelajaran sejarah, karakter bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; a) bagaimana penguatan nilai-nilai nasionalisme di SMA Negeri 2 Ternate; b) kendala yang dihadapi guru sejarah dalam penguatan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Ternate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi dan subjek penelitian ialah peserta didik dan guru sejarah di SMA Negeri 2 Ternate. dan subyek penelitian adalah peserta didik dan guru sejarah yang dianggap mampu memberikan informasi terkait dengan permasalahan yang diteliti yaitu integrasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah. Sumber data utama, yaitu peserta didik, guru sejarah, tempat dan kejadian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Pengujian keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penerikan simpulan. Perencanaan pembelajaran sejarah telah diterapkan dengan cara menyusun Silabus dan RPP sebelum waktu pembelajaran itu ditetapkan. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara terencana dengan mempertimbangkan komponen pembelajaran, maka tujuannya dapat tercapai. Penguatan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah yakni cinta tanah air, persatuan, dan kesatuan, rela berkorban, disiplin, tengang rasa dan berani. Dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Ternate, guru sejarah telah mempersiapkan sumber belajar yang dibutuhkan, metode dan media dan sumber belajar tergantung atau dikembalikan kepada guru masing-masing. Penguatan nilai-nilai nasionalisme di sekolah dilaksanakan melalui ekstrakurikuler, seperti kegiatan kepramukaan. Kendala yang dihadapi guru mata pelajaran sejarah ialah berhubungan dengan inkonsistensi guru dalam menyusun dan mengumpulkan RPP. Kendala lain yang dihadapi guru sejarah di masa pandemi Covid-19 ialah terkait evaluasi sikap melalui pembelajaran daring. Banyak guru yang masih bingung karena bagi mereka, pembentukan karakter siswa harus melalui pembelajaran luring (tatap muka).

References

Danu Eko Agustinova. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah. Vol 4 No. 1 Maret 2018.

Damik, Khairul Ikhwan. 2010. Otonomi Daerah, Etnonasionalisme, dan Masa Depan Bangsa. PT Obor, Jakarta.

Denzim, Norman K dan Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fimansyah, Wira Kumalasari Dyah. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme melalui Pembelajaran Sejarah di SMA Kebangsaan Yogyakarta. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Vol. 10. No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/5766

Gloria Pirena Abdi, 2020. Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4. Nomor 1 Tahun 2020. Url: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/445/398

Harun Nasution. 1996. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. PT. Mizan, Bandung.

Noviandari H. al., et. 2019. Relationship of Self Concept, Problem Solving and Self Adjustment in Youth. International Journal for Educational and Vocational Studies Vol. 1 No. 6 URL https://ojs.unimal.ac.id/ijevs/article/view/1599

Hendriarto, Prasetyono. al., et. 2021. Understanding the Implications of Research Skills Development Framework for Indonesian Academic Outcomes Improvement. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan. Vol. 6 no. 2 URL: https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/1405

Kahin, George Mc Turnan. 2013. Nasionalisme dan Revolusi Indonesia. Depok: Komunitas Bambu.

Kohn, Hans. 1984. Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. PT. Erlangga, Jakarta Lazuardi, Lutfi. 2011. Restorasi Pendidikan Nasional: Spirit Darma Tamansiswa (Sebuah Refleksi Filosofis Ki Hajar Dewantara) PT LKM UNJ.

Lestari, Sri Uji; Sarawati, Ufi, dan Muntholib, Abdul. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukuarjo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukuarjo. Indonesian Journal of History Education. Vol. 6. No.2.

Mursidi, at. et. 2019. Ideology Of Kiai In Education At Sman Of Darussholah Singojuruh, Distric Singojuruh–Banyuwangi Province Of East Java. E-Journal of Cultural Studies. Vol 12 no. 2. URL https://ojs.unud.ac.id/index.php/ecs/article/view/57285

Mursidi, at. et. 2021 Virtual boarding school education management: The idea of equitable Islamic education services to the millennial generation. Linguistics and Culture Review. Vol 5 no. S3. URL: http://www.lingcure.org/index.php/journal/article/view/1790

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Najib, Moch. al., et. 2022. Effectiveness of offline and online learning during COVID-19 pandemic: Two-factor analysis of variant approach in S-1 Students of FKIP University PGRI Banyuwangi, Indonesia. Linguistics and Culture Review. Vol. 6 no S3. URL: http://www.lingcure.org/index.php/journal/article/view/1890

Rahtikawati, Yayan., al., et. 2020. Developing The Indonesian Master Students Research Mindset With The Research Skill Development Framework. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology. Vol. 17 no.7 URL: https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5060

Ronggo Gumuruh, Andika al., et. 2021. Implementation of Strengthening State Science Knowledge Using Camp Study Methods on PPKn Students Of PGRI Banyuwangi University. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2 no. 2. URL: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/gandrung/article/view/1364

Safi, Jamin dan Bau, Ode Bau. 2021. Pemanfaatan Museum Rempah Sebagai Sumeber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefek. Volume 8. Nomor 1. URL: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/5087

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Pengembangan kurikulum. Teori dan praktik. PT Remaja Rosakarya, Bandung.

Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Populika, Kajian Sosial Humaniora. Volume 7. Nomor 1. URL: https://ejournal.widyamataram.ac.id/index.php/populika/index

Zia Ulhaq, Tuti Nuriah, Murni Winarsih. 2017. Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol.6 No. 2. Tahun 2017.

Published
2022-02-28
How to Cite
Suharlin Ode Bau, Leny M.S. Tomagola, Jamin Safi, & Yusri A. Boko. (2022). PENGUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME: STUDI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 6(1), 40-47. https://doi.org/10.36526/santhet.v6i1.1566