EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI 1 LEIHITU BARAT

  • Mieke Souisa
  • Mariana Ditboya Hukubun Universitas Pattimura

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektifitas pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Leihitu Barat. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi metode apa yang tepat dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah.  Metode Penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan materi yang disiapkan sudah sesuai dengan silabus dan RPP, 2) realita proses pembelajaran jigsaw yang dilaksanakan oleh guru, berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya, 3) pengalaman belajar yang dilakukan oleh utusan dari masing-masing kelompok belajar sama sekali tidak berjalan sesuai dengan prosedur pembelajaran. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jigsaw belum efektif karena guru pendidikan jasmani (penjas) belum memahami dengan baik prosedur pembelajaran jigsaw. Hal ini terbukti dengan pembagian kelompok  belajar yang tidak sesuai dengan jumlah materi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisman. 2002. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Palemban : Direktorat Jendral, Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek.
Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 1995, Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Anak Umur 13-15 Tahun.
Jakarta : Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi.
Depdiknas. 2010. Tingkat Kesegaran Jasmani. Jakarta: Pusat Kesegaran
Jasmani dan Rekreasi.
Djoko Pekik Irianto. (2004). Bugar dan Sehat Dengan Olahraga. Yogyakarta : Andi Offse
Sadoso Sumosardjuno. (1992). Pengetahuan Praktis Kesehatan dan Olahraga.
Jakarta: Pustaka Kartini
Depdiknas. 2010. Tingkat Kesegaran Jasmani. Jakarta: Pusat Kesegaran
Jasmani dan Rekreasi.
Depdiknas. 2010. Tingkat Kesegaran Jasmani. Jakarta: Pusat Kesegaran
Jasmani dan Rekreasi.
Depdiknas, 2000. Pedoman Dan Modul Penelitian Kesehatan Olahraga Bagi Pelatih Olahragawan Pelajar . Depdiknas Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Jakarta.
Djoko Pekik Irianto. (2006). Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan.
Yogyakarta: Andi Offset
Faruq, Albertus. 2015, Tes & Pengukuran Dalam Olahraga. Yogyakarta: Andi
Offset. I Dewa Nyoman Supariasa. 2001. Penelitian Status Gizi. Jakarta: KedokteranEGC.
Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, 2003, Balai Pustaka, Jakarta.
Maryanto, 1993.Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan.PT. Yudistira . Jakarta..
Marsetyo dan Kartasapoetra. 1995. Ilmu Gizi (Korelasi Gizi, Kesehatan danProduktifitas Kerja). Jakarta: Rineka Cipta
Mukholid, Agus. 2004. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Yudistira.
Mukholid, Agus. 2004. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Yudistira
Nurhasan. (2005). Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Depdiknas.
Nurharsono,Tri. 2006. Tes Pengukuran Pendidikan Jasmani dan Tes Kesegaran
Jasmani Atlet. Semarang : PJKR FIK UNNES
Roji. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Erlangga. Jakarta
Pekik, Djoko, 2004, Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran dan
Kesehatan, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sajoto, 1988, Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga, Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sumosardjono, Sadoso, 1989. Petunjuk Praktis Kesehatan Olahraga. Jakarta :Pustaka Karya Grafita Utama.
Sutarto, Asmira . 1980. Ilmu gizi untuk STO. Jakarta: New Ngua Press.
Sumosardjono, Sadoso, 1989. Petunjuk Praktis Kesehatan Olahraga. Jakarta :Pustaka Karya Grafita Utama.
Sutarto, Asmira . 1980. Ilmu gizi untuk STO. Jakarta: New Ngua Press.
Soekirman, 2006. Hidup Sehat, Gizi Seimbang Dalam Siklus Kehidupan
Manusia, Primamedia Pustaka, Jakarta
Soekirman. 2000. Ilmu Gizi dan Aplikasi Untuk Keluarga dan Masyarakat.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Supariasa, I Dewa Nyoman ., 2002. Penelitian Satatus Gizi. Buku Kedokteran EGC Jakarta
Widi Astuti, 2015. Tes dan Pengukuran. Depok: Rajawali Press
WHO (World Health Organization). 2010. Obesity and overweight: programmes and project of global stategy on diet, physical activity an health. Geneva, Switzerland: WHO Document Production Services. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
WHO.World Health Organization.1995. Physical Status:The Use and Interpretation of Antropometry. World Health Organization. Geneva.
Published
2019-12-16
How to Cite
SouisaM., & Mariana Ditboya Hukubun. (2019). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI 1 LEIHITU BARAT. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 4(2), 40-46. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/701

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'