HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEBUGARAN JASMANI SISWA-SISWI SMP NEGERI 1 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kebugaran jasmani siswa-siswi SMP Negeri 1 Ambon. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian deskriptif korelasional dan survei dengan menghubungkan variabel terikat dengan variabel bebas yaitu status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dengan berbagai status gizi yang berjumlah 28 orang.
Berdasarkan uji hipotesis, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan status gizi dengan kebugaran jasmani siswa-siswi SMP Negeri 1 Ambon, dengan nilai antara rx.y = 0.68 dengan r(0.05)(33) = 0.30. Karena koefisien korelasi antara rx1.y = 0.68 > r(0.05)(32) = 0.30, berarti koefisien korelasi tersebut signifikan. Bernilai positif artinya semakin baik status gizi seseorang maka akan semakin baik tingkat kebugaran jasmaninya. Gizi seseorang yang baik dan teratur memberikan dampak positif berkaitan dengan tingkat kebugaran jasmani.
References
Almatsier, Sunita (2003). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Pustaka Utama.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktk. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Baliwati, Y, F. (2004). Pengantar Pangan Gizi. Cetakan I. Jakarta: Suadaya.
Depdikbud. (1998). Tes Kebugaran Jasmani Indonesia. Jakarta.
Hermani, R, A. Mansyur, M. (2013). Peran Indeks Masa Tubuh, Tanda Vital dan Sosiodemografi Terhadap Kebugaran Peserta Klub Jantung Sehat Jakarta Timur. e-jurnal Kedokteran Indonesia 1(3).
Irianto, Djoko, Pekik. (2006). Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta.
Karta Sapoetra, Marsetyo. (2003) Korelasi Gizi Kesehatan dan Produktifitas Kerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Supariasa. (2002). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.