SURVEI PENILAIAN PSIKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XMia SMAN 8 AMBON

  • Shela Anthonia Lekalaet SMK Negeri Jeljakaka Dobo
  • Mieke Souisa Universitas Pattimura
  • Jacob Anaktototy Universitas Pattimura
Keywords: Survei, Penilaian Psikomotor, Pembelajaran, Penjas, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian psikomotor terhadap Teknik servis forehand dan servis backhand dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas XMia SMA Negeri 8 Ambon. jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subyek dalam penelitianini yaitu guru PJOK di SMA Negeri 8 Ambon. Teknik pengumpulan data yang digunakan sesuai dengan kharakteristik dari penelitian deskriptif, yaitu; (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, (4) triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data maka peneliti menggunakan Teknik analisis data kualitatif model alir dari Milles dan Huberman (Prastowo, 2011).

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain; (1) Penilaian psikomotor tiidak direncanakan dengan baik oleh subyek bahkan tidak direvisi, karena rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam pembelajaran daring di era pandemic covid-19, adalah RPP luring sebelum pandemic. (2) Hasil penilaian psikomotor tidak sesuai dengan rubrik dalam rencana pembelajaran, melainkan berisikan nilai-nilai peserta didik yang siap dimasukan dalam laporan pendidikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) Kegiatan proses penilaian psikomotor siswa terkait materi keterampilan servis backhand dan Keterampilan servis Forehand dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X-Mia telah dilaksanakan, namun tidak tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, khususnya pada bagian rubrik penilaian. (2) Rubrik penilaian yang digunakan untuk penilaian, dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang disiapkan oleh subyek bukanlah secara daring tetapi secara luring, meskipun proses pembelajaran berlangsung secara daring. (3) Hasil penilaian psikomotor dalam proses pembelajaran, tidak sesuai dengan procedure penilaian yang sesuai dengan rubrik penilaian psikomotor.

Published
2021-11-15
How to Cite
Shela Anthonia Lekalaet, Mieke Souisa, & Jacob Anaktototy. (2021). SURVEI PENILAIAN PSIKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XMia SMAN 8 AMBON. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 233-242. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1512