Analisis Kebutuhan Pengembangan Strategi Pembinaan Guru PJOK Berbasis Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi di Kepulauan Maluku
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5598Keywords:
PJOK; Pembinaan Guru; Manajemen Pembelajaran; Wilayah KepulauanAbstract
Penelitian ini merupakan tahap awal pengembangan strategi pembinaan guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) berbasis model Borg & Gall, dengan fokus pada kondisi wilayah kepulauan Maluku. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kondisi aktual pembelajaran PJOK serta kebutuhan pembinaan guru. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek enam guru PJOK di Kota Ambon dan Kecamatan Saparua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran sudah mencakup dokumen dasar seperti silabus dan RPP, tetapi instrumen penilaian dan LKPD masih minim; (2) Pengorganisasian pembelajaran berjalan cukup baik pada tahap pembukaan, tetapi variasi metode, media, dan fasilitas masih terbatas; (3) Keterlibatan peserta didik tinggi pada praktik fisik, namun masih rendah dalam diskusi dan tanya jawab; (4) Evaluasi pembelajaran kurang optimal, terutama pada penilaian diagnostik dan evaluasi akhir; (5) Guru menghadapi kendala fasilitas, media, waktu, dan terbatasnya pelatihan. Penelitian ini menekankan perlunya strategi pembinaan khusus, kontekstual, dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran PJOK di wilayah kepulauan. Temuan ini menjadi dasar untuk tahap pengembangan strategi pembinaan pada penelitian selanjutnya.
References
Amzil, I., Tagdimi, Z., Jdidou, Y., & Aammou, S. (2023). Exploring Instructional Design’s Role in Learning Enhancement (pp. 1–25). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-3132-3.ch001
Anaktototy, J., & Souisa, M. (2018). The Analisys of Ability Physical Education Teachers in Managing Learning at The Level of a Junior High School in The Ambon City (T. Laurens & S. Unwakolly, Eds.; pp. 196–202). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas pattimura.
Anaktototy, J., Souisa, M., Syaranamual, J., & Lambiombir, A. M. M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menganalisis Variasi Keterampilan Bermain Bola Basket Siswa Kelas X SMAN 7 Maluku Tengah.
Ayal, J. (2019, October 1). Mendikbud akui belum mempunyai konsep tangani pendidikan daerah kepulauan. Ambon.Antaranews.Com.
Badan Pusat Statistik. (2025). Statistik Indonesia 2025. ISSN: 0215 4471.
Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku. (2025). Provinsi Maluku dalam Angka 2025.
Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., Sandford, R., & Theodoulides, A. (2022). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 27(1), 1–27.
Casey, A., & MacPhail, A. (2018). Adopting a models-based approach to teaching physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(3), 294–310. https://doi.org/10.1080/17408989.2018.1429588
CNN Indonesia. (2024, March). Guru keluhkan kesiapan infrastruktur Kurikulum Merdeka di pelosok. CNN Indonesia.
Gamki Maluku. (2025, June 4). Temui Kementerian Dikdasmen, GAMKI Maluku Perjuangkan Peningkatan Pendidikan di Provinsi Seribu Pulau. Gamki.or.Id.
Google. (2024, June 20). Maluku – Google Maps. Google Maps.
Graber, K. C., Woods, A. M., & Castelli, D. M. (2021). Physical Education and Active Schools: The Teacher’s Perspective. Journal of Teaching in Physical Education, 40(2), 227–234.
Hastie, P. A., & Wallhead, T. L. (2016). Models-Based Practice in Physical Education: The Case for Sport Education. Journal of Teaching in Physical Education, 35(4), 390–399.
Hendriks, F., Mustaqim, A., & nugraha, D. A. (2024). Provinsi Maluku dalam Angka. Maluku Province In Figure 2024. In BPS Provinsi Maluku. ISSN: 0215/4471 - No. Publikasi: 81000.2404 (Vol. 45).
Jacob Anaktototy, Mieke Souisa, & Jusak Syaranamual. (2022). Evaluasi Kemampuan Guru PJOK Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Ambon. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 179–188. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.250
Kemdikbudristek Republik Indonesia. (2024). Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Dikdas, dan Dikmen.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016. Peraturan.Go.Id.
lensa-rakyat.com. (2025, April 23). Harapan di Tengah Gelombang. Lensa Rakyat.
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Prasetyo, A., Hidayat, Y., & Rahmawati, N. (2021). Pelatihan Guru PJOK: Analisis Kebutuhan dan Model Pengembangan Kompetensi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 55–63.
Prasetyo, E., Rohmat, A., & Lestari, R. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru PJOK melalui Program Pelatihan Berbasis Kebutuhan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 140–152.
Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbudristek. (2024). Rapor Pendidikan Nasional 2023.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2023). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka.
Putri, R. A. (2024, August 19). Pendidikan di Wilayah Terpencil: Tantangan Pemerintah dalam Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Saptari, M. K. (2023, May 18). Pendidikan Daerah Kepulauan yang Tertinggal. Mcr.Komitmen.Org.
Shela Anthonia Lekalaet, Mieke Souisa, & Jacob Anaktototy. (2021). SURVEI PENILAIAN PSIKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XMia SMAN 8 AMBON. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 233–242. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1512
Souisa, M., Jacob Anaktototy, & Dwi Annisa. (2020). KEMAMPUAN GURU PENJASOR MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMAN 3 SALAHUTU. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 50–56. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.856
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mieke Souisa, Avy Mendayani Marie Lambiombir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
