Analisis Kebutuhan Pengembangan Strategi Pembinaan Guru PJOK Berbasis Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi di Kepulauan Maluku

Authors

  • Mieke Souisa Universitas Pattimura
  • Tanwey Gerson Ratumanan Universitas Pattimura
  • Avy Mendayani Marie Lambiombir Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5598

Keywords:

PJOK; Pembinaan Guru; Manajemen Pembelajaran; Wilayah Kepulauan

Abstract

Penelitian ini merupakan tahap awal pengembangan strategi pembinaan guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) berbasis model Borg & Gall, dengan fokus pada kondisi wilayah kepulauan Maluku. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kondisi aktual pembelajaran PJOK serta kebutuhan pembinaan guru. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek enam guru PJOK di Kota Ambon dan Kecamatan Saparua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran sudah mencakup dokumen dasar seperti silabus dan RPP, tetapi instrumen penilaian dan LKPD masih minim; (2) Pengorganisasian pembelajaran berjalan cukup baik pada tahap pembukaan, tetapi variasi metode, media, dan fasilitas masih terbatas; (3) Keterlibatan peserta didik tinggi pada praktik fisik, namun masih rendah dalam diskusi dan tanya jawab; (4) Evaluasi pembelajaran kurang optimal, terutama pada penilaian diagnostik dan evaluasi akhir; (5) Guru menghadapi kendala fasilitas, media, waktu, dan terbatasnya pelatihan. Penelitian ini menekankan perlunya strategi pembinaan khusus, kontekstual, dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran PJOK di wilayah kepulauan. Temuan ini menjadi dasar untuk tahap pengembangan strategi pembinaan pada penelitian selanjutnya.

References

Amzil, I., Tagdimi, Z., Jdidou, Y., & Aammou, S. (2023). Exploring Instructional Design’s Role in Learning Enhancement (pp. 1–25). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-3132-3.ch001

Anaktototy, J., & Souisa, M. (2018). The Analisys of Ability Physical Education Teachers in Managing Learning at The Level of a Junior High School in The Ambon City (T. Laurens & S. Unwakolly, Eds.; pp. 196–202). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas pattimura.

Anaktototy, J., Souisa, M., Syaranamual, J., & Lambiombir, A. M. M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menganalisis Variasi Keterampilan Bermain Bola Basket Siswa Kelas X SMAN 7 Maluku Tengah.

Ayal, J. (2019, October 1). Mendikbud akui belum mempunyai konsep tangani pendidikan daerah kepulauan. Ambon.Antaranews.Com.

Badan Pusat Statistik. (2025). Statistik Indonesia 2025. ISSN: 0215 4471.

Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku. (2025). Provinsi Maluku dalam Angka 2025.

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., Sandford, R., & Theodoulides, A. (2022). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 27(1), 1–27.

Casey, A., & MacPhail, A. (2018). Adopting a models-based approach to teaching physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(3), 294–310. https://doi.org/10.1080/17408989.2018.1429588

CNN Indonesia. (2024, March). Guru keluhkan kesiapan infrastruktur Kurikulum Merdeka di pelosok. CNN Indonesia.

Gamki Maluku. (2025, June 4). Temui Kementerian Dikdasmen, GAMKI Maluku Perjuangkan Peningkatan Pendidikan di Provinsi Seribu Pulau. Gamki.or.Id.

Google. (2024, June 20). Maluku – Google Maps. Google Maps.

Graber, K. C., Woods, A. M., & Castelli, D. M. (2021). Physical Education and Active Schools: The Teacher’s Perspective. Journal of Teaching in Physical Education, 40(2), 227–234.

Hastie, P. A., & Wallhead, T. L. (2016). Models-Based Practice in Physical Education: The Case for Sport Education. Journal of Teaching in Physical Education, 35(4), 390–399.

Hendriks, F., Mustaqim, A., & nugraha, D. A. (2024). Provinsi Maluku dalam Angka. Maluku Province In Figure 2024. In BPS Provinsi Maluku. ISSN: 0215/4471 - No. Publikasi: 81000.2404 (Vol. 45).

Jacob Anaktototy, Mieke Souisa, & Jusak Syaranamual. (2022). Evaluasi Kemampuan Guru PJOK Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Ambon. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 179–188. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.250

Kemdikbudristek Republik Indonesia. (2024). Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016. Peraturan.Go.Id.

lensa-rakyat.com. (2025, April 23). Harapan di Tengah Gelombang. Lensa Rakyat.

Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Prasetyo, A., Hidayat, Y., & Rahmawati, N. (2021). Pelatihan Guru PJOK: Analisis Kebutuhan dan Model Pengembangan Kompetensi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 55–63.

Prasetyo, E., Rohmat, A., & Lestari, R. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru PJOK melalui Program Pelatihan Berbasis Kebutuhan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 140–152.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbudristek. (2024). Rapor Pendidikan Nasional 2023.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2023). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka.

Putri, R. A. (2024, August 19). Pendidikan di Wilayah Terpencil: Tantangan Pemerintah dalam Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Saptari, M. K. (2023, May 18). Pendidikan Daerah Kepulauan yang Tertinggal. Mcr.Komitmen.Org.

Shela Anthonia Lekalaet, Mieke Souisa, & Jacob Anaktototy. (2021). SURVEI PENILAIAN PSIKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XMia SMAN 8 AMBON. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 233–242. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1512

Souisa, M., Jacob Anaktototy, & Dwi Annisa. (2020). KEMAMPUAN GURU PENJASOR MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMAN 3 SALAHUTU. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 50–56. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.856

Additional Files

Published

2025-11-03

How to Cite

Souisa, M., Ratumanan, T. G., & Lambiombir, A. M. M. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Strategi Pembinaan Guru PJOK Berbasis Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi di Kepulauan Maluku. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(2), 240–250. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5598