PENGARUH PENGGUNAAN ROMPI BERBEBAN TERHADAP GERAKAN DASAR (KIHON) KARATE ZENKUTSU DACHI PADA ATLIT SEKOLAH KARATE DOJO SATRIA BANYUWANGI

  • ANDI SETIAWAN Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Olahraga Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi
  • MOH. AGUNG SETIABUDI Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Olahraga Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti sejauh mana pengaruh dari penggunaan beban eksternal yang dipakai berupa rompi berbeban (weighted vest) terhadap gerakan dasar (kihon) gerakan dasar zenkutsu dachi, adapun tujuan dari penggunaan rompi berbeban untuk membantu meningkatkan kemampuan otot kaki dan bentuk dari kuda-kuda zenkutsu dachi yang sesuai dengan melalui tahapan penentuan program latihan, frekwensi latihan, beban yang digunakan, peningkatan beban, repetisi dan set, dan lama latihan yang dilakukan untuk mendapatkan pengaruh dan hasil yang diharapkan.

Populasi dalam penelitian ini adalah atlit karate sekolah karate dojo satria banyuwangi umur 11-14 tahun, penentuan sampel secara purposive sampling, dengan desain penelitian Macthed Subyek Designs dan sistem ordinal pairing melalui tindakan treatment dengan pola pretest posttest design. Intrumen yang digunakan adalah tes sport skill kemampuan keterampilan gerakan dasar (kihon) zenkutsu dachi. Teknik analisis data yang digunakan T-test untuk sampel sejenis dengan taraf signifikansi = 0,05, hasil perhitungan menunjukan bahwa 3,86 sedangkan 1,83 yang berarti 1,83. Kesimpulan pelatihan dengan menggunakan rompi berbeban berpengaruh terhadap gerakan dasar (kihon) karate zenkutsu dachi pada Atlit Sekolah Karate Dojo Satria Banyuwangi.

References

Arikunto,Suharsimih.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI).Jakarta: PT.RINEKA CIPTA.

Fajar,Ibnu.dkk.2009.Statistika untuk Praktisi Kesehatan.Malang: GRAHA ILMU.

Jurnal Ilmiah. Wardhana, Rizky.2013. Pengaruh Pelatihan Olah Kaki Dengan Menggunakan Rompi Pemberat (WEIGHTED VEST) Tehadap Peningkatan Kelincahan Pada Usia 14-17 Tahun Dalam Olahraga Bulu Tangkis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kunjojo.2009.Metodologi Penelitian.Kediri

Mulyatining,Endang.2011.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:ALFABETA

Mukshin,Sabeth.2003. Karate Traditional.Jakarta: PT BINA SIGAP.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan dan Kejuaraan Olahraga.

Program Indonesia Emas (PRIMA) Pratama.Cabang Olahraga Karate Tahun 2010-2011.

Psikologi Melatih Karate Usia Dini.2008.Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia.

Prayitno Kwat, Rahwadi.Guruh.2005.Karate Kata Vol 1. Jombang: K-Media Fist.

Sarwono.2006.Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.Yogyakarta.

Skripsi.Corry Ferdinand, Marthon.2010.Pengaruh Latihan Wight Training dan Polimetrik Terhadap Kecepatan Tendangan AP CHAGI Taekwondo Putra Usia 15-19 Tahun di PMS Surakarta.Surakarta:Universitas Sebelas Maret.

Skripsi.Bahri,Syaiful.2013.Korelasi antara memukul shuttlecook pada tembok dengan ketepatan pegangn raket dalam permainan bulu tangkis pada siswa kelas VIII Mts Nurul Hikam Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2012/2013.Banyuwangi: Universitas PGRI Banyuwangi.

Siswoko.Belajar Karate Tampa Guru. Surabaya: Grip.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Subiyanto. Metodologi Penelitian. Universitas Gunadarma.

Suryana.2010. Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sujarweni.Wiratma.2014.Metodologi Penelitian.Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Riwidikno.2008.Statistik Kesehatan.Yogyakatra:MITRA CENDEKIA PRESS

Tesis.Laak,Lasarus.2013.Pelatihan Senkuchu Dachi Sambil Menendang Lebih Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Dari pada Pelatihan Kokuchu Dachi Sambil Menendang Karateka Dojo SMPK ST.THERESIA. Kupang: Universitas Udayana.

Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Widiastutik.2015.Tes dan Pengukuran Olahraga.Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Published
2017-01-04
How to Cite
SETIAWANA., & SETIABUDIM. A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN ROMPI BERBEBAN TERHADAP GERAKAN DASAR (KIHON) KARATE ZENKUTSU DACHI PADA ATLIT SEKOLAH KARATE DOJO SATRIA BANYUWANGI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 1(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/47