PENGGUNAAN MEDIA BOLA VOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HEADING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS X IPS MA UNGGULAN MAMBA’UL HUDA TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menegetahui peningkatan hasil belajar heading sepakbola dengan menggunakan media bola voli pada siswa kelas X IPS MA Unggulan Mamba’ul Huda Tegalsari tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan dengan awal studi untuk yang pertama dan 2 siklus selanjutnya, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Unggulan Mamba’ul Huda Tegalsari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-kuantitatif, pendekatan tersebut digunakan untuk menganalisis data dan membahas data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media bola voli dapat meningkatkan hasil belajar heading sepakbola yang dimana data tersebut dapat dilihat pada nilai ketuntasan belajar tiap siklus.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.