UPAYA PENINGKATAN HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE BERMAIN LOMPAT DAN LONCAT LINGKARAN BERJENJANG KELAS VII MTs NEGERI 11 BANYUWANGI

  • Hilmi Mubaligin Universitas PGRI Banyuwangi
  • Arya T Candra Universitas PGRI Banyuwangi
  • Lutfi Irawan R Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Atletik adalah cabang olahraga yang termaktub dalam pembelajaran penjas di sekolah. Keberhasilan pembelajaran penjas di sekolah merupakan tolak ukur ketercapaian hasil belajar siswa. Inovasi model pembelajaran merupakan upaya yang dapat dilakukan seorang guru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam II siklus. Subyek penelitian adalah siswa MTs Negeri 11 Banyuwangi. Penelitian dilakukan dengan memberikan metode permainan lompat dan loncat lingkaran berjenjang. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan pada pratindakan yaitu 36%, siklus I meningkat menjadi 61% ketuntasan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukkan bahwa metode dan inovasi pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2018-11-29
How to Cite
Mubaligin, H., Candra, A. T., & R, L. I. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE BERMAIN LOMPAT DAN LONCAT LINGKARAN BERJENJANG KELAS VII MTs NEGERI 11 BANYUWANGI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 3(1), 162-171. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/205