Studi Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Kelas I dan II di Daerah Pesisir Pantai, Perkotaan dan Dataran Tinggi Kabupaten Lombok Timur
Abstract
Penelitian ini dinyatakan layak etik No.3.4.1/UN32.14.2.8/LT/2024. Keterampilan motorik adalah aspek penting dalam perkembangan siswa. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik siswa adalah lingkungan tempat tinggal dan pelajaran PJOK. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Sekolah Dasar di daerah pesisir pantai, dataran tinggi, dan perkotaan Kabupaten Lombok Timur, bahwa belum diketahui status keterampilan motorik kasar peserta didik kelas I dan II , maka dari itu Penelitian ini akan mengidentifikasi kemampuan motorik siswa kelas I dan II sekolah dasar di tiga jenis kondisi lingkungan yang berbeda. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar siswa kelas I dan II di daerah pesisir pantai, perkotaan dan dataran tinggi Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dan menggunakan Inturment Tes Gross Motor Development-2 (TGMD-2) dengan sampel 273 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan motorik kasar sekolah dasar kelas I dan II di daerah pesisir pantai, perkotaan dan dataran tinggi tergolong dalam kategori rata-rata dengan nilai, Sekolah Dasar pesisir pantai 95,19, perkotaan 103,84 dan dataran rendah 107,75. Dan nilai standar deviasi Sekolah Dasar di daerah pesisir pantai memiliki skor 8,72, perkotaan 8,29 dan dataran tinggi 9,36.
References
Akbar, P., Haris, F., & Dinata, W. W. (2019). Kemampuan Motorik Peserta Didik KelaS IV-V SDN 1 Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara dan SDN 52 Parupuk Tabing Kota Padang Ditinjau Dari Sisi Geografis. Jurnal Stamina, 2(11), 22–32.
Alfiani, A. P., & Hartoto, S. (2015). PENGUKURAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TAHUN AJARAN 2014 – 2015 ( Studi pada Siswa Kelas III dan IV SDN Sidokare II Sidoarjo ). Jurnal Pendidikan Jasmani, 2015(02), 407–411.
Andika, R. (2023). Perbandingan Kemampuan Motorik Antara Siswa Daratan Tinggi Dan Siswa Daratan Rendah Di Kabupaten Aceh Jaya Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Serambi Milenial, 2(3), 165–173.
Apriyani, I., Suntoda, A., & Didin, B. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Test Of Gross Motor Development-2 ( TGMD-2 ). Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(229), 40–45.
Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriyah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 36–44.
Awwaliyah, N. H., & Hartoto, S. (2015). Perbandingan Kemampuan Motorik Antara Siswa Sekolah Dasar Di Desa Dengan Siswa Sekolah Dasar Di Kota. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 322–329. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Bahridah, P., & Neviyarni. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13–19.
Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, Dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 127–133.
Ernawati, E., Marwah, M., & Kurniati, A. (2021). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Kreasi Boi Di Desa Batubanawa Kecamatan Mawasangka Timur Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Lentera Anak, 2(1), 17–30. http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JLA/article/view/1504%0Ahttp://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JLA/article/download/1504/1291
Figueroa, R., & An, R. (2017). Motor skill competence and physical activity in preschoolers: A review. Maternal and Child Health Journal, 21, 136–146.
Hanifah, P. A., & Oktadinata, A. (2020). Develop gross motor skills in kindergarten students through modification games. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 575–587.
Iskandar, H. (2017). Indonesia Kaya Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) (Modul Tema I). Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Leonardo, A., & Komaini, A. (2020). Hubungan aktivitas fisik terhadap keterampilan motorik. Jurnal Stamina, 4(3), 138–142. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/764
Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. . . Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 115–130.
Pamungkas, R., Angga, P. D., & Wahyudi, U. (2022). Studi Perbandingan Kemampuan Gerak Lokomotor dan Manipulatif Dataran Rendah dan Dataran Tinggi Siswa SD. Jolma, 2(2), 103–115. https://doi.org/10.31851/jolma.v2i2.6732
Pratiwi, S., & Rosifa, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Ayam Dan Musang (Penelitian Di KB Al-Hujarot Sucinaraja Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(2), 42–50. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i2.260
Rhomadona, S. W., & Rahasyim, B. (2020). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Pada Balita Usia 4-5 Tahun Di Tk Siswa Harapan , Ciliwung - Surabaya. Jurnal Kebidanan, 9(1), 1–9.
Sugito, N. T., & Sugandi, D. (2016). Urgensi Penentuan Dan Penegakan Hukum Kawasan Sempadan Pantai. Jurnal Geografi Gea, 8(2).
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tepeli, K. (2018). Comparison of Gross Motor Development of 3-7 Years Old Children in Different Geographical Regions. Turkish Journal of Sport and Exercise, 20(2), 174–183. https://doi.org/10.15314/tsed.490982
Waluyo, A. Y. T., & Wiguno, L. T. H. (2024). Survei Status Gross Motor Skill pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Journal Sport Science Indonesia, 3(1), 283–297. https://doi.org/10.31258/jassi.3.1.283-297
Waskita, D. T., Surya, C. M., & Febriana, R. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312
Wati, M. G., Samodra, T. J., Purnomo, E., Supriatna, E., Gustian, U., & Sofyan, D. (2023). Deskripsi Motorik Kasar Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Daerah Perbukitan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 16. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.9127
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.