PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TGFU UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SEPAK CUNGKIL DAN SEPAK SILA SEPAK TAKRAW
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat model pembelajaran TGFU untuk meningkatkan teknik dasar sepak cungkil dan sepak sila pada sepak takraw. Model ini dibuat dan di unggah di Sipejar Universitas Negeri Malang agar nantinya para mahasiswa menjadi mudah memperoleh materi dari dosen pengajar mata kuliah sepak takraw. Pendekatan penelitian menggunakan mixed method. Sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode research & development (Borg and Gall), menggunakan langkah kesatu sampai langkah ketujuh. Analisis kebutuhan penelitian dan pengembangan model pembelajaran TGFU untuk mahasiswa PJKR dilakukan wawancara sederhana kepada 12 orang mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan sepak takraw. Berdasarkan analisis kebutuhan yaitu masih belum optimal pembelajaran yang dilakukan hal ini dapat terlihat dari antusias mahasiswa yang kurang aktif dan belum mengetahui apa yang akan dilakukan, kemudian kesulitan gerakan dalam permainan. Hasil uji kecil dan uji besar meyatakan bahwa produk ini layak digunakan. Sedangkan uji eksperimen menggunakan desain one shot case study menyatakan bahwa ada peningkatan yang signifikan setelah mahasiswa diberikan pembelajaran menggunakan TGFU, hal ini dapat terlihat nilai sig-2 tailed yang menunjukkan hasil 0.358 > 0,05 untuk sepak cungkil, dan 0,434 > 0,05 untuk sepak sila.
References
Adi, I. H., Setiabudi, M. A., & Santoso, D. A. (2019). Perbandingan Kecepatan Dan Ketepatan Menendang Bola Dengan Menggunakan Awalan 1 Meter, 2 Meter, 3 Meter, 4 Meter. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(1), 12–15. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i1.616
Arias-Estero, J. L., Jaquero, P., Martínez-López, A. N., & Morales-Belando, M. T. (2020). Effects of two TGFU lessons period on game performance, knowledge and psychosocial variables in elementary physical education. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10). https://doi.org/10.3390/ijerph17103378
Artha, A. A., Syam T, A. R., & Priambodo, A. (2020). The Application of Teams Games Tournament (TGT) and Teaching Game for Understanding (TGfU) Learning Models on Learning Motivation and Volley Ball Passing Skills. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 46–53. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.751
Dania, A., Kossyva, I., & Zounhia, K. (2017). Effects Of A Teaching Games For Understanding Program On Primary School Students ’ Physical Activity Patterns. European Journal of Physical Education and Sport Science, 81–94. https://doi.org/10.5281/zenodo.400591
Hanif, A. S. (2020). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hastie, P. A., & Curtner-Smith, M. D. (2006). Influence of a hybrid Sport Education—Teaching Games for Understanding unit on one teacher and his students. Physical Education & Sport Pedagogy, 11(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/17408980500466813
Jarrett, K., Eloi, S., & Harvey, S. (2014). Teaching Games for Understanding (Tgfu) As a Positive and Versatile Approach To Teaching Adapted Games. European Journal of Adapted Physical Activity, 7(1), 6–20. https://doi.org/10.5507/euj.2014.001
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitihan Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Morillo-Baro, J. P., Reigal, R. E., & Hernández-Mendo, A. (2015). Análisis del ataque posicional de balonmano playa masculino y femenino mediante coordenadas polares. RICYDE: Revista Internacional de Ciencias Del Deporte, 11(41), 226–244. https://doi.org/10.5232/ricyde
Rachman, H. A. (2008). Teaching Games For Understanding (Tgfu): Memahami Pendekatan Taktik Sebagai Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(November), 1–10.
Saputra, M. T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sepaktakraw melalui TGFU. Universitas Pendidikan Indonesia.
Setyawan, F. B. (n.d.). Teaching Games for Understanding ( Tgfu ) ( the Concept and Its Implementation in Teaching Physical Education on Prodi State Uad ). 104–108.
Tangahu, D. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tgfu Dan Tgt Terhadap Academic Learning Time. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(2), 28–35. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i2.745
Wardana, C. R., Setiabudi, M. A., & Candra, A. T. (2018). Pengaruh Latihan Small-Sided Games Terhadap Keterampilan Passing, Controlling dan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Negeri 1 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(2), 194–201. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i2.212
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.