PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PJOK BERBASIS APPEL (APLICATION PHYSICAL EDUCATION LEARNING)

  • Aulia Lita Pradina Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya
  • Noortje Anita Kumaat Universitas Negeri Surabaya
Keywords: PJOK; Media Pembelajaran; Aplikasi; APPEL.

Abstract

Pendidikan sarana utama seorang anak dalam mempersiapkan masa depannya, landasan utama dalam bersosialisasi. Peserta didik saat ini diharapkan terlibat dalam segala aspek dunia pendidikan termasuk perkembangan teknologi, karena itu peneliti memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi PJOK berbasis aplikasi APPEL serta melihat efektifitas kerja dari aplikasi tersebut. penelitian ini termasuk dalam pegembangan yang mengacu pada jenis R&D dan dikembangkan dengan model Borg & Gall, teknik pengumpulan data berupa lembar validasi produk dan angket G-Form, Analisis data dengan penilaian skala likert dan perhitungan t-test, sedangkan subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik yang diujikan pada skala kecil dan 100 peserta didik pada uji lapangan. Penelitian ini mengandalkan validasi ahli isi/materi, yang menilai materi pembelajaran rata-rata “layak” (80%), dan ahli media pembelajaran, yang menilai materi pembelajaran rata-rata “sangat layak” (94%). Hasil temuan uji coba lapangan skala kecil menunjukkan nilai kelayakan sebesar 87% dalam kategori “sangat layak”, sedangkan uji coba lapangan menunjukkan nilai kelayakan sebesar 92% dalam kategori “sangat layak”, dan nilai kemanjuran hasil belajar. adalah sig. 0.000. Kesimpulan penelitian ini bahwa aplikasi APPEL layak diguakan dalam proses pembelajaran materi PJOK.

References

Aidin, L., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pjok Berbasis Android Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) Februari, 3(2), 226–240. http://e-jurnalmitrapendidikan.com

Ardiansyah, E., Gunawan Pratama, H., & Sulendro, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan Development of application-based learning media about the cues of volleyball referees at SMA Negeri 2 Karangan. Journal of Physical Activity (JPA), 1(2), 60–72. https://journal.apopi.org/index.php/jpa

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . PT. Rineka Cipta.

Atsani, Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Blanka Klimova. (2019). Impact Of Mobile Learning on Students’ Achivement Result. Jurnal Of Education Sciences, 90(9).

Borg, & Gall. (1983). Educational Research, An Introduction.,. Longman Inc.

Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V SD. JKTP (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan), 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Devayana, I. K. D. D. (2017). Pembelajaran Multimedia Interaktif Guru Pjok. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, 408–415.

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297

Fellyson, T. , Hidayah, T., & Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Helmi, B., & Aditya, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Senam. Jurnal Handayam Vol. 11 (2) Hal. 30 – 37.

Krause, J. M., O’Neil, K., & Jones, E. (2020). Technology in Physical Education Teacher Education: A Call to Action. Quest, 72(3), 241–259. https://doi.org/10.1080/00336297.2019.1685553

Said, K., Kurniawan, A., & Anton, O. (2018). Development Od Media -Based Learning Using Android Mobile Learning. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 668–676.

Sapto, A. (2018). Bentuk – bentuk Dasar Gerakan Senam. Universitas Negeri Malang.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sokheh, M., Wahjoedi, & Suwiwa, I. G. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Materi Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 5(2).

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian, Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP, 5(2), 50–56. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index

Surahman, E., Wedi, A., Sulthoni, Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018). https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.6

Zuhdi, Syukron. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Atletik Nomor Lempar Berbasis Aplikasi Android. Tesis Diterbitkan. Pps : Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2023-05-29
How to Cite
Aulia Lita Pradina, Advendi Kristiyandaru, & Noortje Anita Kumaat. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PJOK BERBASIS APPEL (APLICATION PHYSICAL EDUCATION LEARNING). Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(1), 121-127. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2565