PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PJOK BERBASIS APPEL (APLICATION PHYSICAL EDUCATION LEARNING)
Abstract
Pendidikan sarana utama seorang anak dalam mempersiapkan masa depannya, landasan utama dalam bersosialisasi. Peserta didik saat ini diharapkan terlibat dalam segala aspek dunia pendidikan termasuk perkembangan teknologi, karena itu peneliti memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi PJOK berbasis aplikasi APPEL serta melihat efektifitas kerja dari aplikasi tersebut. penelitian ini termasuk dalam pegembangan yang mengacu pada jenis R&D dan dikembangkan dengan model Borg & Gall, teknik pengumpulan data berupa lembar validasi produk dan angket G-Form, Analisis data dengan penilaian skala likert dan perhitungan t-test, sedangkan subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik yang diujikan pada skala kecil dan 100 peserta didik pada uji lapangan. Penelitian ini mengandalkan validasi ahli isi/materi, yang menilai materi pembelajaran rata-rata “layak” (80%), dan ahli media pembelajaran, yang menilai materi pembelajaran rata-rata “sangat layak” (94%). Hasil temuan uji coba lapangan skala kecil menunjukkan nilai kelayakan sebesar 87% dalam kategori “sangat layak”, sedangkan uji coba lapangan menunjukkan nilai kelayakan sebesar 92% dalam kategori “sangat layak”, dan nilai kemanjuran hasil belajar. adalah sig. 0.000. Kesimpulan penelitian ini bahwa aplikasi APPEL layak diguakan dalam proses pembelajaran materi PJOK.
References
Aidin, L., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pjok Berbasis Android Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) Februari, 3(2), 226–240. http://e-jurnalmitrapendidikan.com
Ardiansyah, E., Gunawan Pratama, H., & Sulendro, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan Development of application-based learning media about the cues of volleyball referees at SMA Negeri 2 Karangan. Journal of Physical Activity (JPA), 1(2), 60–72. https://journal.apopi.org/index.php/jpa
Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . PT. Rineka Cipta.
Atsani, Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.
Blanka Klimova. (2019). Impact Of Mobile Learning on Students’ Achivement Result. Jurnal Of Education Sciences, 90(9).
Borg, & Gall. (1983). Educational Research, An Introduction.,. Longman Inc.
Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V SD. JKTP (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan), 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Devayana, I. K. D. D. (2017). Pembelajaran Multimedia Interaktif Guru Pjok. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, 408–415.
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297
Fellyson, T. , Hidayah, T., & Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
Helmi, B., & Aditya, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Senam. Jurnal Handayam Vol. 11 (2) Hal. 30 – 37.
Krause, J. M., O’Neil, K., & Jones, E. (2020). Technology in Physical Education Teacher Education: A Call to Action. Quest, 72(3), 241–259. https://doi.org/10.1080/00336297.2019.1685553
Said, K., Kurniawan, A., & Anton, O. (2018). Development Od Media -Based Learning Using Android Mobile Learning. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 668–676.
Sapto, A. (2018). Bentuk – bentuk Dasar Gerakan Senam. Universitas Negeri Malang.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sokheh, M., Wahjoedi, & Suwiwa, I. G. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Materi Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 5(2).
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian, Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP, 5(2), 50–56. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index
Surahman, E., Wedi, A., Sulthoni, Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018). https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.6
Zuhdi, Syukron. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Atletik Nomor Lempar Berbasis Aplikasi Android. Tesis Diterbitkan. Pps : Universitas Negeri Yogyakarta.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.