PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI AKTIVITAS GERAK BERIRAMA MELALUI PENERAPAN PROJECT BASES LEARNING (PJBL)
Abstract
Pembelajaran mampu mengembangkan pola pikir peserta didik dalam menggali potensi dirinya, serta meningkatkan kualitas diri peserta didik. Pendidikan menghasilkan beberapa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dihasilkan dari proses pembelajaran. Perubahan setiap peserta didik akan mendapatkan pengalaman baru sebagai peningkatan wawasan dan kemampuannya. Oleh karena itu penilitian ini memiliki tujuan dapat menghasilkan peningkatan belajar pada peserta didik dalam pembelajaran PJOK melalui materi aktivitas gerak berirama pada penerapan PjBL. Menggunakan sampel sebanyak 35 peserta didik kelas VIII pada penelitian dengan model tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini didapatkan pada siklus 1 sejumlah 11 peserta didik mendapatkan kriteria tuntas pada materi serangkaian gerak Langkah kaki pada aktivitas gerak berirama, pada siklus 2 sejumlah 11 peserta didik mendapatkan kriteria tuntas pada materi variasi dan kombinasi gerak Langkah kaki dan ayunan lengan, dan pada siklus 3 mengalami peningkatan yang signifikan sejumlah 29 peserta didik tuntas indicator skor 3, dan 14 peserta didik tuntas indicator skor 4 pada kombinasi dan variasi gerak Langkah kaki dan ayunan lengan menggunakan musik pada serangkaian aktivitas gerak berirama. Dari penelitian ini dapat dsimpulkan bahwa penggunaan metode PjBL dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas gerak berirama pada peserta didik.
References
Dewi Anggraini, P., & Sri Wulandari, S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS. X(1), 209–226.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Mahmudah, I., & Darmawan, A. (2022). FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN. CITIUS: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 94–101. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius
Maulana, F. , & Odang, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani melalui Metode Pembelajaran Penugasan dalam Materi Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA N 2 Kota Sukabumi. Jurnal Kependidikan, 5(1), 27–34.
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Rahmayanti Dewi, Resti Gustiawati, & Rolly Afrinaldi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327
Sinuraya, J. B., & Hendrawan, D. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Senam Lantai Dengan Menggunakan Permainan 3 Pos. Jurnal Dunia Pendidikan, 1(1), 20–24.
Subahtiar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Bermain Lompat Tali untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PJOK Tentang Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD 3 Gulang Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia , 3(2), 112–126.
Surahman, E. (2019). JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) INTEGRATED MOBILE LEARNING SYSTEM (IMOLES) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN MASYARAKAT PEBELAJAR UNGGUL ERA DIGITAL. JINOTEP, 5(2), 50–56. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index
Syafi’i. (2021). MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MEMAHAMI DAN MEMPRAKTIKKAN AKTIVITAS GERAK BERIRAMA. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(3), 335–345.
Wahyuni, S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA PENDIDIKAN DASAR FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.
Widya Astuti, S., Priyono, S., & Afifah, D. S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PBL) PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(2), 46–53. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility
Wulandari, A. S., Suardana, N., Pande, N. L., & Devi, L. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. JPPSI : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58.
Zuhdi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Atletik Nomor Lempar Berbasis Aplikasi Android. eprints.uny.ac.id.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.