PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
Abstract
Permainan tradisional disinyalir memiliki pengaruh terhadap kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional siswa. Hal ini mendasari peneliti melakukan penelitian yang dilakukan di SDN Jokerto 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental (pretest-posttest design) dengan sampel 25 peserta didik kelas lima sekolah dasar kelompok kontrol dan dua puluh lima peserta didik kelas lima sekolah dasar kelompok eksperimen. Perlakuan dalam penelitian ini adalah 4 minggu pembelajaran pendidikan jasmani dengan permainan tradisional. Keburgran siswa dites dengan Multistage Fitness Test, sedangkan kecerdasan emosional menggunakan kuesioner kecerdasan emosional. Penelitian mendapatkan hasil terdapat pengaruh permainan tradisional dalam meningkatkan kebugaran dan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan penghitungan menggunakan uji independent samples t-test dihasilkan yaitu perbedaan yang signifikan pada peningkatan kecerdasan emosional. Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil tes akhir kebugaran antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
References
Ardiansyah, F., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 671–674.
Ardiyanto, S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 119–129.
Cañabate, D., Martínez, G., Rodríguez, D., & Colomer, J. (2018). Analysing emotions and social skills in physical education. Sustainability (Switzerland), 10(5), 1–8. https://doi.org/10.3390/su10051585
Cañabate, D., Santos, M., Rodríguez, D., Serra, T., & Colomer, J. (2020). Emotional self-regulation through introjective practices in physical education. Education Sciences, 10(8), 1–10. https://doi.org/10.3390/educsci10080208
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Hasbi, H., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Dengan Modifikasi Permainan Tradisional Untuk Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 46–58. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2602
Jaydari, M., Rouzbahani, M., & Hasanvand, R. (2016). The effect of traditional games the development of transfer and manipulation motor skills in boys with mental retardation. 3(6), 134–136.
Kirk, D. (2013). Educational Value and Models-Based Practice in Physical Education. Educational Philosophy and Theory, 45(9), 973–986. https://doi.org/10.1080/00131857.2013.785352
Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.
Leisterer, S., & Jekauc, D. (2019). Students’ emotional experience in physical education—a qualitative study for new theoretical insights. Sports, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.3390/sports7010010
Lubay, L. H., & Purnama, A. D. (2020). An Effort to Improve the Playing Skill Through the Application of Tool Modification in Small Ball Game (A Classroom Action Research). 4th International Conference on Sport Science, Health, and Physical Education (ICSSHPE 2019), 21(Icsshpe 2019), 403–405. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.108
Mashuri, H., & Pratama, B. A. (2019). Peran Permainan Tradisional dalam Pendidikan Jasmani untuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Proceedings of the National Seminar on Women’s Gait in Sports Towards a Healthy Lifestyle, April.
McCaughtry, N. (2004). The Emotional Dimensions of a Teacher’s Pedagogical Content Knowledge: Influences on Content, Curriculum, and Pedagogy. Journal of Teaching in Physical Education, 23(1), 30–47. https://doi.org/10.1123/jtpe.23.1.30
Merino-Campos, C., & Del Castillo Fernández, H. (2016). The Benefits of Active Video Games for Educational and Physical Activity Approaches: A Systematic Review. Journal of New Approaches in Educational Research, 5(2), 115–122. https://doi.org/10.7821/naer.2016.7.164
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Penjas Di Sekolah Dasar. 10, 44–49.
Rachmawati, N., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Permainan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Nilai Peduli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah. 6(2), 125–137.
Rusmawati, I., & Hartati, S. C. Y. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Gerak Dasar Motorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sdn Margomulyo 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 435–440.
Saputra, Rifki, K., & Hartati, Yuli, Christina, S. (2015). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pemanasan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan ( Studi pada siswa kelas IV SDN Janti II Tulangan Sidoarjo ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(2), 288–292.
Simonton, K. L., Garn, A. C., & Solmon, M. A. (2017). Class-related emotions in secondary physical education: A control-value theory approach. Journal of Teaching in Physical Education, 36(4), 409–418. https://doi.org/10.1123/jtpe.2016-0131
Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215
Copyright (c) 2023 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.