IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PJOK

  • Trisetyo Bowo Laksono S2 Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Identifikasi; Hasil Belajar; Siswa SD; PJOK

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena menyebarnya covid-19 yang menimpa Indonesia dari tahun 2019 sampai tahun 2022. Adanya himbauan untuk belajar di rumah inilah yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk melaksanakan pembelajaran di rumah siswa masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab menurunnya hasil belajar siswa SD Duyung dalam pembelajaran PJOK jarak jauh. Subjek penelitian ini berjumlah 46. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa identifikasi penyebab menurunnya hasil belajar jika dilihat dari frekuensi dan persentase tiap kategori, maka indikator media pembelajaran yaitu dominan pada kategori cukup tinggi, indikator minat dominan pada kategori cukup tinggi, indikator minat belajar dominan pada kategori tinggi, dan indikator sarana dan prasarana lebih banyak di kategori cukup tinggi. Dari beberapa indikator terdapat dua faktor utama yang menjadi penyebab yaitu faktor internal disebabkan dari kurangnya motivasi dan malas menlakukan praktik dirumah sendiri. Faktor eksternal disebabkan oleh siswa yang tidak memiliki smartphone dan kuota. Dengan adanya hasil dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK jarak jauh.

References

Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 5(3), 498–503.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Ni’mah, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa SD di Sekolah Indonesia Den Haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52–68. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i1.686

Juniardi, A., Martiani, M., & Supriyanto, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Siswa Kelas X Sman 5 Kota Bengkulu. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(2), 92–97. https://doi.org/10.33558/motion.v9i2.1359

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 137–154. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i02.194

Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat Murid Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 1(3), 1077–1086. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.380

Permana, O. (2017). Identifikasi Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(12).

Purwaningtyas, P., Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas XI berbasis online dengan program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Putra, A. P. (2021). Efektifitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19, Metode Dan Evaluasi. Intersections, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.588

Rahmawati, F. F., Setiawan, D., & Roysa, M. (2021). Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 302–308. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.32506

Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv - Vi Sd Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1817

Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M. & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62.

Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid di Era COVID-19 (Studi Literatur). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5101–5108.

Utari Oktaviani, Siti Kumawati, Mila Nurul Apriliyani, Heny Nugroho, E. S. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57

Published
2023-05-01
How to Cite
Trisetyo Bowo Laksono, Anung Priambodo, & Advendi Kristiyandaru. (2023). IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PJOK. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(1), 81-87. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2608