PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KREATIFITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn
Abstract
Pemanfaatan media sosial terhadap kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKn ini dipengaruhi oleh perkembangan dunia pendidikan yang sudah mengglobalisasi. Guru harus memilih pendekatan dan media yang tepat dalam proses pembelajaran Pkn sehingga Guru mampu membuat proses pembelajaran lancar dan mampu membuat siswa lebih kreatif baik di rumah maupun di sekolah.. Tujuan penelitian ini adalah ( 1 ) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap kretatifitas belajar, ( 2 ) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap kretaifitas siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penentuan sampel berupa populasi yang di ambil dari siswa kelas XI IPA berjumlah 44 siswa terdiri dari 29 siswi perempuan dan 15 siswa laki – laki. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini adalah ( 1 ) interpretasi minor 1 dengan hasil Freg = 1,060 sedangkan pada tabel Ftabel 5% = 4,10 berbunyi tidak ada pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap terhadap kreatifitas siswa dalam mata pelajaran PKn. ( 2 ) interpretasi minor 2 dengan hasil Freg = 4,5 sedangkan pada tabel Ftabel 5% = 4,10 berbunyi tidak ada pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap terhadap kreatifitas siswa dalam mata pelajaran PKn. ( 3 ) kesimpulan akhir Interpretasi mayor pada tabel Freg ≥ Ftabel 5% = 3,25 sehingga berbunyi ada pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap kreatifitas pembelajaran siswa dalam pelajaran PKn
References
Badudu , J.S. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung : Depdikbud.
Badudu, JS. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Depdikbud.
Brogan, chris. 2010. Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online. John Wiley & Sons.
Dailey, Patrick R. 2009. Social Media: Finding Its Way Into Your Business Strategy and Culture. Burlington: Linkage.
Depdikbud. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Enterprise, Jubilee 2013. Facebook Untuk UKM. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Froggatt, Mathew. 2016. Chief Development Officer TNS , New York : David Mckay.
Hadi, Sutrisno. 1984. Metodologi Penelitian Research. Jakarta : Puspa Swara.
Hilgard, Ernest R. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Depdikbud.
Ibrahim. 1982. Teaching and Media. Boston : Allyn and Bacon.
Johnson, Elaine B. 2000. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Mizan Learning Center
Mangkulo, Hengky Alexander. 2013. 212 Tip & Trik Facebook. Jakarta: PT Gramedia.
Munandar, Utami. 2005. Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana.
Noor, Juliansyah. 2013. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Rusni, A. & Lubis, E. E. 2017. Pengguna Online Whatshap Dalam Komunitas One Day One Juz. Pekanbaru.
Semiawan, Conny. 1990. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Di Sekolah. Jakarta: Hunaifa
Setiadarma. 2003. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Bandung: Kaifa.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syoadih. 2001. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriyadi, 1994. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek, Bandung ; Alfabeta.
Suryani, Rani. 2017. Fungsi Whatshap Grup Shalehaah Bandar Lampung Sebagai Pengembangan Media Dakwah. Lampung.
Syam, Nur. 2016. Media Informasi Yang Mendidik. Surabaya
Usman, Moh Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Webster’s, Merriam. 2007. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. USA : Springfield Massachussets.