IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PPKn (PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN) DI MAN 3 BANYUWANGI
Abstract
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang meningkatkan dan menyeimbangkan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan, masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MAN 3 Banyuwangi dan Bagaimanakah kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan kurikulum 2013 terhadap peningkatan belajar siswa MAN 3 Banyuwangi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MAN 3 Banyuwangi dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan Kurikulum 2013 terhadap peningkatan mutu belajar siswa MAN 3 Banyuwangi. Pengumpulan data dalam tes ini menggunakan metode observasi, metode interview dan metode dokumentar, untuk menganalisis data menggunakan proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkip-transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain agar peneliti dapat menyajikan temuannya. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisa Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn di MAN 3 Banyuwangi dengan jalan: 1) Mengembangkan Kurikulum 2013 dengan jalan mengembangkan dan memperkaya Silabus dan RPP, 2) Pelaksanaan Pembelajaran di lakukan di dalam kelas, metode ceramah masih sedikit mendominasi jalannya pembelajaran, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru, Sarana yang digunakan menggunakan pada LKS yang dimiliki siswa, papantulis di kelas, buku paket alat tulis. Kendala yang harus dihadapi oleh MAN 3 Banyuwangi terutama bagi guru PPKn dalam melaksanakan KBM di kelas. Persoalan guru dirasakan krusial karena apabila guru tidak siap mengimplementasikan kurikulum baru ini.
References
Memantapkan Implementasi Kurikulum 2013, (dalam Seminar Nasional Pendidikan Januari 2013)
Fitriya. 2014. Implementasi Kurikulum
2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA.
Hermawan, Asep Herry.2014.
Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.
Idi, Abdullah, 2007. Pengembangan
Kurikulum, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media..
Ihsan (2005:5). Arif Nurhidayat. 2016
Skripsi. “Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputeratau Computer Based Test (CBT) (Studi Kasus Di SMA
Negeri 1 Wonosari)”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dikutip
dari http://eprints.uny.ac.id/34530/1/Arif%20Nurhidayat_11101244027.pdf
diakses pada tanggal 05 April 2018.
Iskandar. 2008. Perencanaan dan
Pengembangan Kurikulum. Jakarta, Rineka Cipta.
Somantri. 2001. Implementasi Kurikulum
2013 : Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Marlina. 2004. Implementasi Kurikulum
2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PPKn Siswa Di Sman 5 Bandar Lampung. Lampung
Meteray,2014. Implementasi Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Moloeng, Lexy J. 2006. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Neuman. 2003. Memahami Fenomena Sosial
Melalui Studi Kasus; Kumpulan Materi Pelatian Metode Penelitian Kualitatif .Surabaya: BMPTSWilayah VII.
Neagley dan Evas. 2017. Qualitative Data
Analysis. London, Sage Publications Lid.
Saylor, Alexander, dan Lewis. 2014.
Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakart, Gava Media.
Sukmadinata.2010. Pengembangan
kurikulum teori dan praktek. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Sugiono, 2016. Metode Penelitian
Pendidikan, Alfabeta, Bandung, cet, ke-16.
Supandi, 2012. Pembinaan dan
Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara Tim Penyusun Kamus. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Winataputra, Udin S.2008. Pembelajaran pkn
di SD. Tanggerang Selatan :Universitas Terbuka.
Yani, Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum
2013. Bandung: Alfabeta.