EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NUHUUDLIYYAH DESA PARIJATAH KULON KECAMATAN SRON

  • Mira Aulia Fifianti UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
  • Harjianto UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: Efetivitas, Hasil Belajar, Model pembelajaran PBL dan STAD.

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran dikatakan berhasil apabila semua tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai, yang terungkap dalam hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran. Namun dalam kenyataannya, masih ada sekolah-sekolah yang memiliki hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran yang rendah karena belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL dan STAD serta kendala apa saja dalam model pembelajaran tersebut .

Jenis penelitian ini adalah penelitia tindakan kelas dengan subyek penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Nuhuudliyah dengan jumlah siswa 35 orang.Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. S iklus 1dilaksanakan pada27 Juli 2018 dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan 43%  dari 35 siswa yang memenuhi nilai KKM. Sementara pada siklus 2 dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devisio) yang dilaksanakan pada tanggal  3 Agustus 2018 mampu memberikan hasil yang sangat signifikan dengan ketuntasan hasil belajar 100 % dari 35 siswa yang memenuhi nilai KKM. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII SMP Nuhuudliyyah tahun pelajaran 2018/2019 telah meningkat dan memenuhi ketuntasan hasil belajar siswa. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devisio) kelas VII SMP Nuhuudliyyah  tahun pelajaran 2018/2019 dapat efektif digunakan dan terbukti meningkatkan hasil belajar siswa khususnya SMP Nuhuudliyyah.

References

Arikunto Linuriyah. 2006. Metode penelitian Kuantitatif. Jakarta. Bumi Aksara.
Cristiawan, Adi utomo. 2013. “ Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision)Siswa Kelas XII SMA Pengasih Tahun Ajaran 2012/2012. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fatimah dan Ernita T, Adawiyah R. 2016 “Hubungan cara belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas X SMA banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.Nur Hadi. Senduk. 2003. Kontektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang. UM Press.
Redjeki, Tri. (2013). Peningkatan Kreativitas Belajar Pada Materi Minyak Bumi Melalu Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Classword. Jurnal Pendidikan Kimia.
Rusman. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Rusman, Salvin. 2013. Model-model pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Salvin R. 1997. Cooperative Learning. Second Edition.
Sanjana, W. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta. Kancana Prenada Media Grup.
Published
2018-10-24
How to Cite
Mira Aulia Fifianti, & Harjianto. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NUHUUDLIYYAH DESA PARIJATAH KULON KECAMATAN SRON. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(1), 6-11. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/660
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)