Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi

  • Ikhwanul Qiram Universitas PGRI Banyuwangi
  • Charis Fathul Hadi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Hasyim As’ari Universitas PGRI Banyuwangi
  • Widie Nurmahmudy Kampoeng Batara
Keywords: Teknologi produksi, kerajinan bambu, e-commerce, kampoeng batara

Abstract

Produk kerajinan bambu menjadi salah satu citra pariwisata unggulan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi. Penerapan teknologi produksi dan digitalisasi pemasaran akan berdampak pada peningkatan keunggulan unit usaha kecil menengah (UKM). Sebagai salah satu sentra utama kerajinan Bambu di Kabupaten Banyuwangi, Kampoeng Batara, Papring adalah UKM yang mengalami dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha mitra. Hasil identifikasi menunjukkan terjadi penurunan permintaan pasar yang membuat mitra mengalami kehilangan omset hingga mencapai 80%. Disisi lain mitra tidak memiliki alternatif pasar karena keterbatasan jenis produk dan pengetahuan tentang pengelolaan pasar digital. Solusi yang diterapkan yaitu peningkatkan inovasi dan efisiensi produksi melalui penerapan teknologi produksi, dan sarana pemasaran produk berbasis digital. Metode pelaksanaan program kemitraan masyarakat dilakukan dalam bentuk penerapan teknologi mesin bubut dan penerapan teknologi promosi dan pemasaran berbasis web e-commerce. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa melalui teknologi mesin bubut telah memberikan penambahan variasi produk baru berupa mangkuk, gelas, dan kerajinan diluar dari variasi anyaman yang sudah biasa diproduksi. Mitra juga mampu memanfaatkan teknologi e-commerce sebagai media untuk mengenalkan produk kerajinan serta memberikan informasi secara detail tentang identitas UKM yang berdampak pada peningkatan daya saing mitra.

References

S. Munawaroh, “Profil Etos Kerja Pengrajin Bambu Di Desa Gintangan Banyuwangi,” Walasuji J. Sej. dan Budaya, vol. 7, no. 1, pp. 211–228, 2020, doi: 10.36869/wjsb.v7i1.97.

Bappeda Kab. Banyuwangi, “Klaster Industri,” Banyuwangi, 2017. [Online]. Available: https://bappeda.banyuwangikab.go.id/assets/file_doc/doc/Klaster Industri.pdf

C. Betari Avinda, I. N. Sudiarta, and N. M. Oka Karini, “Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata),” J. IPTA, vol. 4, no. 1, p. 55, 2016, doi: 10.24843/ipta.2016.v04.i01.p10.

J. C. A. W. Putu Ngurah Rusmawan, Auda Nuril Zazilah, “Bimbingan Teknis Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Promosi Rumah Kreatif untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan,” J. Abdidas, vol. 2, no. 2, pp. 273–279, 2021, [Online]. Available: http://abdidas.org/index.php/abdidas

Ratna Wijayanti Daniar Paramita, Manajemen Industri Kreatif: Bahan Ajar Perkuliahan Bagi Mahasiswa. Lumajang: Widya Gama Press, 2021.

D. Hermanuadi and R. Putra, “Implementation Of Financial And Production Technology In,” J. Pengabdi. Masy. J-DINAMIKA, vol. 5, no. 2, pp. 149–157, 2020.

M. A. Prasnowo and K. Hidayat, “Kajian Pemberdayaan Masyarakat Dengan Teknologi Tepat Guna (Produksi Olahan Bambu),” Semin. Nas. Ind. Madura, no. March, 2017, doi: 10.31219/osf.io/kcj6f.

S. Susilo, M. S. Kistiyanto, R. Hartono, and N. Insani, “Kedampul Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang,” J. Praksis dan Dedik. Sos. [JPDS], vol. 2, no. 1, pp. 36–46, 2019, [Online]. Available: file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/Pendampingan_Industri_Lokal_Anyaman_Bambu_Untuk_Me.pdf

Imam Romdoni Nawawi, “Perencanaan Dan Pembuatan Mesin Bubut Kayu Dalam Mempercepat Proses Produksi,” Ponorogo, 1375. [Online]. Available: eprints.umpo.ac.id/2840/8/ARTIKEL.pdf

A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” in In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, 2015, no. April 2015, pp. 327–337.

D. Agustine, V. S. Windyasari, and F. Rismaningsih, “Pelatihan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Desa Rancagong,” J. Pengabdi. Masy. Tek., vol. Volume, 3, pp. 63–64, 2021, doi: 10.24853/jpmt.3.2.57-64.

I. P. D. Lesmana, B. Widiawan, and D. R. Hartadi, “Pengembangan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Antirogo Jember Melalui Media Internet,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2018.

I. Qiram, “Identification and Implementation Strategy for Strengthening Bamboo Craft Industry in Papring Village Identification and Implementation Strategy for Strengthening Bamboo Craft Industry in Papring Village, Banyuwangi,” vol. 3, no. 2, pp. 491–500, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.36526/gandrung.v3i2.1949

Published
2022-10-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>