STUDI KORELASI FASILITAS BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI PURWOHARJO
Abstract
Tujuan penelitian adalah secara mayor untuk mengetahui ada tidaknya korelasi fasilitas belajar siswa dengan aktivitas belajar pada siswa kelas XI IPS 1,2 semester genap SMA PGRI Purwoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 dan secara minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada tidaknya korelasi fasilitas belajar siswa dengan aktivitas belajar di dalam kelas pada siswa kelas XI IPS 1,2 semester genap SMA PGRI Purwoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 dan minor II adalah ada tidaknya korelasi fasilitas belajar siswa dengan aktivitas belajar di luar kelas pada siswa kelas XI IPS 1,2 semester genap SMA PGRI Purwoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Interprestasi hipotesa kerja minor I dapat dilihat dari koefisien korelasi hasil hitung rXYI adalah 0,786 terletak antara 0,600 – 0,800 berarti tergolong korelasi cukup.Interprestasi hipotesa kerja minor II dapat dilihat dari koefisien korelasi hasil hitung rXY2 adalah 0,523 terletak antara 0,400 – 0,600 berarti tergolong korelasi sedang.Interprestasi hipotesa kerja mayor dapat dilihat dari koefisien korelasi hasil hitung rXY adalah 0,813 terletak antara 0,800 – 1,000 berarti tergolong korelasi tinggi.
References
Arianto,Sam.Pengertianfasilitasbelajardan jenisnya. (21 April 2009 pukul 09.00).
Poerwadarminta, W.J.S. 1995.Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.
Sardiman, A.M. 2001. InteraksidanAktivitasBelajarMengajar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Suryabrata. 2004. PsikologiPendidikan. Yogyakarta. Andi Offset
TIM PenyusunKamusPusatPembinaandanPengembangan Bahasa, KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta :BalaiPustaka, Cet. I, 1998.
Turmudji, T. 2003. Fasilitasbelajar IPS denganAgresivitasRemaja. JurnalPenelitian. Http// www.depdiknas.go.id