Transformation of Learning Systems with a Hybrid Approach Based on Information Technology
Transformasi Sistem Pembelajaran dengan Pendekatan Hybrid Berbasis Teknologi Informasi
Abstract
Teknologi telah menjadi elemen yang sangat penting dalam bidang pendidikan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap informasi dengan mudah. Selain kemudahan, juga meyediakan berbagai kemudahan dalam proses belajar-mengajar. Salah satu bentuk metode pembelajaran online dengan menggunakan hybrid learning. Sistem pembelajaran hybrid membantu bagi peserta didik, terutama bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja, yang sebagian besar dilaksanakan oleh perguruan tinggi.Pendekatan dalam penelitian ini berupa library research. Analisis data dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran hybrid learning di era transformasi digital, sehingga penelitian ini lebih tepat menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian ditafsirkan secara deskriptif. Model pembelajaran hybrid, ada dua elemen utama: pembelajaran daring (online) dan tatap muka (offline), yang bisa dipilih atau digabungkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Fleksibilitas pembelajaran hybrid mendukung peserta didik baik peserta didik dalam pembelajaran andragogik maupun pedagogik dalam memilih metode yang paling tepat. Platform teknologi pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar, baik dalam konteks pembelajaran daring, tatap muka, maupun model hybrid. sesuai dengan kebutuhan pengajaran dan pembelajaran di masing-masing institusi. Zoom adalah platform yang sangat berguna dalam pendidikan, memungkinkan komunikasi dan kolaborasi yang efektif antara pengajar dan siswa, terutama dalam situasi pembelajaran jarak jauh atau hybrid. Dalam model pembelajaran hybrid, ada dua elemen utama: pembelajaran daring (online) dan tatap muka (offline), yang bisa dipilih atau digabungkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan demikian, implementasi pembelajaran hybrid mendukung peserta didik dalam mengelola waktu dan cara belajar secara lebih mandiri, efisien, dan efektif, serta memperkaya pengalaman belajar secara keseluruhan.
References
Arrevi, F. & Sekti, B. A., 2024. Efektivitas Zoom sebagai Platform Pembelajaran Hybrid dalam Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa. Prosiding SISFOTEK, p. 212.
F. & Arifin, F., 2017. Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Seminar Nasional “Profesionalisme Guru di Era Digital”, p. 250.
Jayantika, I. G. A. N. . T., Pramesti, K. N. & Karlina Dewi, P. D., 2024. Increasing Student Activities And Learning Outcomes Through Learning Implementation With Hybrid Text-Book. Jurnal Math Educator Nusantara, p. 290.
Karim, A., Anwar, U. S. & S., 2024. Transformasi Pendidikan di Era Globalisasi: Integrasi dan Tantangan terhadap Sistem Pendidikan Indonesia.. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), p. 605.
Kurniawan, 2014. Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis: Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung : Alfabeta
Mafaakhir, A. & M., 2024. Analisis Implementasi Kebijakan Hybrid Learningpada Program Studi Magister Pendidikan Agama IslamPascasarjana UIN Gusdur Pekalongan. Indonesian Research Journal on Education, p. 537.
Mafaakhir, A. & Muhlisin2, 2024. Analisis Implementasi Kebijakan Hybrid Learning pada Program Studi Magister. Indonesian Research Journal on Education, p. 535.
M. M. & Su’ada, I. Z., 2024. Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital:Transformasi dan Tantangan Implementasi Teknologi. Journal of Islamic Education andManagement, p. 6.
Putri Wardana, S. A., Novita Sari, S. D., Putri, S. D. & Karima, S. F., 2024. Implementasi Hybrid LearningDalam Proses Pembelajaran Di Universitas Terbuka Madiun. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, p. 13.
Rohmah, N. R. & Sholikhah, M., 2024. Eksplorasi Model Pembelajaran Hybrid dalam Konteks Pendidikan. sASANA: jURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, p. 96.
Salsabela, D. M. S., Aulia, F. . I., Nurjanah, N. . A. & Ayu, P. S. C., 2022. Analisis Penggunaan Zoom Meeting dalam Menjunjung Pembelajaran Hybrid bagi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal of Education and Technology, p. 155.
Siregar, R., . T. & F., 2023. Model Pembelajaran PAI Berbasis Hybrid Learning. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, p. 1234.
Suciati, 2018. PENGEMBANGAN KREATIVITAS INOVATIF MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL. Jurnal Pendidikan, p. 149.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif.. Bandung: ALFABETA.
Supriyatin, T., 2024. PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Research and Development Journal Of Education, p. 992.
Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z. & Nissa, Z. K., 2023. Implementasi Pembelajaran E-LearningSebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, p. 223.
Wahyu Ningsih, N. I. & Yuliana, F., 2024. Blended Learning and Hybrid Learning. Journal of International Multidisciplinary Research, p. 298.
Yunarti, S., . W. & Harmaningsih, D., 2022. Model Blended Learning & Hybrid Learning Untuk Keberhasilan. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, p. 83.