Pemikiran Pendidikan Masa Bani Umayyah Damaskus dan Andalusia

  • Suhernawati Suhernawati STAIN Bengkalis
  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis
  • Gusti Erlina STAIN Bengkalis
  • Suswanto Suswanto STAIN Bengkalis
Keywords: Pemikiran Pendidikan, Bani Umayyah Damaskus, Bani Umayyah Andaluisia

Abstract

Perkembangan pendidikan Islam dimasa Bani Umayyah Damaskus dan Andalusia terjadi sangat pesat. Setelah berbagai literatur dianalisis dan ditelusuri ditemukan bahwa walaupun terdapat beberapa kesamaan dalam pemikiran pendidikan Islam, namun terdapat juga perbedaan yang menonjol dalam fokus perkembangan pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pemikiran pendidikan Islam Bani Umayyah Damaskus dan Andalusia. Perkembangan pendidikan Islam Bani Umayyah di Damaskus lebih terpusat pada pendidikan agama, sedangkan di Andalusia sudah terintegrasi lebih kuat antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perkembangan pendidikan di masa Bani Umayyah memiliki implikasi yang sangat besar bagi perkembangan pendidikan Islam masa sekarang.

References

Affan, M. (2018). Peperangan Proxy, Muzarab dan Cordova Dalam Sejarah Umayyah II di Andalusia. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(1), 36–51.
Ali, M. N. (2020). Kebijakan Umar ibn Abdul Aziz dalam Pemberantasan Korupsi. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.34007/JEHSS.V2I3.115
Aniroh, A., Fathurohim, F., & Umi, S. (2022). Peradaban Islam di Spanyol dan Kontribusinya terhadap Renaissance di Eropa. AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya, 2(1), 59–69.
Anwar, A. M. (2015). Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam pada Masa Bani Ummayah. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 47–76.
Aravik, H., & Thohir, A. (2020). Perekonomian Pada Masa Dinasti Umayyah di Andalusia: Sejarah dan Pemikiran. Adl Islamic Economic, 1(1), 81–98.
Auhaina, A. K., & Sari, K. E. (2022). Peran Perpustakaan Khalifah al-Hakam II dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan pada Zaman Keemasan Islam di Spanyol. Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Peradaban Dan Informasi Islam, 21(1), 17–28.
Azman, Z. (2016). Pendidikan Pada Zaman Bani Umayyah. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 67–82.
Batubara, W., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Teologi Jabariyah dan Qodariyah dalam Tinjauan Sejarah Islam Periode Klasik. Local History & Heritage, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.63
Daulay, H. P., Dahlan, Z., Matondang, J. A. S., & Bariyah, K. (2020). Masa Keemasan Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(2), 72–77.
Dewi, E., & Sefrianti, R. (2024). Pemikiran Pendidikan Masa Bani Umayyah (661-750 M). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 6657–6669.
Fahruddin, M. M. (2010). Kuttab: Madrasah pada Masa Awal (Umayyah) Pendidikan Islam. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2).
Harun, Y. (1990). Strategi Politik Daulah Banu Umayyah di Damaskus (Cet I). Yogyakarta Bina Usaha.
Irfani, F. (2023). Pendidikan Islam Pada Masa Bani Umayyah Metode, Pola dan Locus Keilmuan. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(3).
Kurniawati, S. (2021). Kontribusi Khalifah Abdurrahman Al-Nashr dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Andalusia (Tela’ah Pada Masa Kejayaan Ilmu Pengethauan Dinasti Abbasiyah II di Andalusia Pada Tahun 912-961). Universitas Islan Negeri Raden Intan Lampung.
Lathif, A. M. A. (2014). Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Bani Umayyah. Pustaka Al-Kautsar.
Lombard, M. (1975). The Golden Age of Islam. American Elsevier Publishing Company.
Maryono, M., & Laksono, R. A. (2021). Kajian Historis Pendidikan Islam di Cordova:(Masa Daulah Bani Umayyah Khalifah ʿAbdu Al-Rahmān Al-Nāṣir). Jurnal Al-Fawa’id: Jurnal Agama Dan Bahasa, 11(2), 26–38.
Maysaroh, M. (2023). Analisis Dampak Arabisasi pada Masa Dinasti Umayyah di Timur: Perspektif Sosial dan Politik (661-750 M). Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 57–61. https://doi.org/10.57251/hij.v3i2.1466
Muthoharoh, M. (2018). Wajah Pendidikan Islam di Spanyol pada Masa Daulah Bani Umayyah. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 25(2), 71–79.
Niswah, C. (2015). Pendidikan Islam pada Masa Khulafa Al-Rasyidin dan Bani Umayyah. Tadrib, 1(2), 170–185.
Nurlailiyah, A. (2018). Aristocracy Pendidikan Islam pada Masa Era Umayyah. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(2), 71–90.
Permana, F. (2018). Pendidikan Islam dan Pengajaran Bahasa Arab pada Masa Dinasti Umayyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 47–64.
Puspitasari, Y. M., Yuliharti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam pada Masa Umayyah. Kutubkhanah, 20(2), 152. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13349
Putri, R., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Warisan Peradaban Islam Era Turki Utsmani sebagai Penguat Identitas Turki Modern. Local History & Heritage, 1(2), 27–33. https://doi.org/10.57251/lhh.v1i2.62
Rahayu, M. A., & Kurniawan, R. R. (2022). Sejarah sistem Perekonomian Islam Pada Masa Pemerintahan Daulah Umayyah di Andalusia dan Daulah Abbasiyah. Al-Ibrar: Artikel Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, 1(1), 1–20.
Rambe, S. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam pada Masa Umayyah (Karakteristik dan Spesifikasi Pemikiran dalam Pendidikan Islam Masa Umayyah). Al-Kaffah: Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman, 10(1), 91–108.
Saputri, I. N. (2021). Daulah Umayyah di Andalusia dan Hasil Budayanya (756-1031 M). JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 4(2), 149. https://doi.org/10.30829/juspi.v4i2.8431
Susanti, L. (2016). Mengupas Kejayaan Islam Spanyol Dan Kontribusinya Terhadap Eropa. Jurnal Dakwah Risalah, 27(2), 57–61.
Yusnadi, Y., & Fakhrurrazi, F. (2020). Pendidikan Islam Pada Masa Daulah Bani Umayyah. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 163–173.
Yusuf, N., & Jamsari, E. A. (2012). Perkembangan Sektor Perdagangan Andalus Zaman Pemerintahan Kerajaan Banu Umayyah. Islamiyyat, 3(4), 59–70.
Published
2025-01-27
How to Cite
Suhernawati, S., Ritonga, S., Erlina, G., & Suswanto, S. (2025). Pemikiran Pendidikan Masa Bani Umayyah Damaskus dan Andalusia. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 9(1), 31-42. https://doi.org/10.36526/santhet.v9i1.4855