Analisis Pedagogi Kritis Paulo Freire dalam Pro Kontra Penghapusan Ujian Nasional pada Kurikulum Merdeka Belajar

  • Dwi Astutik Universitas Sebelas Maret
Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum, Paulo Freire, Humanisme

Abstract

Implementasi penghapusan Ujian Nasional dalam kurikulum Merdeka Belajar memunculkan pro dan kontra di kalangan pendidik pada umumnya. Meskipun terdapat hal-hal kontra dalam penerapannya, akan tetapi implementasi penghapusan Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) memiliki cita-cita berkaitan dengan pemberian kemerdekaan dan kebebasan kepada guru dan sekolah dalam mengelola evaluasi yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di salah satu sekolah Kota Surakarta dengan perspektif Paulo Freire. Melalui metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam dan observasi, diperoleh data bahwa implementasi selama ini menghasilkan pandangan pro dan kontra di kalangan akademik. Penulisan artikel ini akan lebih banyak membahas mengenai hal-hal yang pro pada implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di sekolah. Jika selama ini evaluasi pendidikan hanya ditentukan oleh Ujian Nasional dengan beberapa mata Pelajaran saja, penghapusan ini harapannya akan memberikan sisi humanis dimana kemampuan anak sejatinya tidak hanya dalam kognitif saja tetapi ada aspek lain yakni afektif dan psikomotorik. Sejalan dengan perspektif Paulo Freire yang menyampaikan bahwa pembelajaran di kelas bukan sekedar mendengarkan, tapi berdiskusi.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajar di kelas.  Pertimbangkan sebuah proyek sosial yang melibatkan seluruh kelas. Pemikiran Freire tentang refleksi dan tindakan sejalan dengan arah konseptual pendidikan yang digagas pemerintah saat ini, bahwa guru dan siswa perlu terlibat dalam proses refleksi selama pembelajaran.

References

Barros, A., Bristow, A., Contu, A., Wanderley, S., & Prasad, A. (2024). Politicizing and humanizing management learning and education with Paulo Freire. Https://Doi.Org/10.1177/13505076231221792, 55(1), 3–16. https://doi.org/10.1177/13505076231221792
Cooper, S., & Majumdar, D. G. (2023). (De)humanization in the business school: Critical reflection on doctoral experiences. Https://Doi.Org/10.1177/13505076231198491, 55(1), 81–103. https://doi.org/10.1177/13505076231198491
Dharma, E., Betty Sihombing STIE Sultan Agung, H., & Sultan Agung, S. (2021). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190. https://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33
Echa Safitri, R., Rahim, A., Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember Jl Mataram No, I., Miuwo, K., Kaliwates, K., Jember, K., & Timur, J. (2024). Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 616–624. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p616--624
Fauziati, E., Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Yang Membebaskan Paulo Freire, M., & Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Yang Membebaskan Paulo Freire. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2036–2048. https://doi.org/10.36418/SYNTAX-LITERATE.V7I3.6473
Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. The Continuum International Publishing Group Inc.
Freire, P. (1974). Education for Critical Consciousness. Continuum.
Freire, P. (2007). Politik pendidikan : kebudayaan, kekuasaan dan pembebasan. Pustaka Pelajar.
GTK Kemendikbud | 2023. (n.d.). Retrieved October 31, 2024, from https://gtk.kemdikbud.go.id/category/artikel
Hasanah, M., Pesantren, I., Abdul, K., Pacet, C., Indonesia, M., Fahad, T., & Hakim, L. (2021a). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(3), 252–260. https://doi.org/10.54437/IRSYADUNA.V1I3.344
Hasanah, M., Pesantren, I., Abdul, K., Pacet, C., Indonesia, M., Fahad, T., & Hakim, L. (2021b). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(3), 252–260. https://doi.org/10.54437/IRSYADUNA.V1I3.344
Indahri, Y. (2020). Jurnal Elementary Telaah Sistem Pendidikan Di Finlandia : Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia Jenjang Sekolah Dasar. 3(2). https://doi.org/10.31764/ELEMENTARY.V3I2.2136
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-a). Retrieved October 31, 2024, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/tahun-2021-ujian-nasional-diganti-asesmen-kompetensi-dan-survei-karakter
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-b). Retrieved November 1, 2024, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/08/empat-aspek-prioritas-dalam-gerakan-merdeka-belajar-menginspirasi-negaranegara-di-asean
Marmoah, S., Roslan, R., Chaeroh, M., Elita, M. D., & Fauziah, M. (2021). The Comparison of Education System in Australia and Indonesia. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 784–796. https://doi.org/10.23887/JPI-UNDIKSHA.V10I4.33661
Misoczky, M. C. (2023). Paulo Freire and the praxis of liberation: Education, organization and ethics. Https://Doi.Org/10.1177/13505076231201734, 55(1), 124–140. https://doi.org/10.1177/13505076231201734
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/JISIP.V5I1.1568
Patimah, P., Fadia, L., & Syamsi, A. (2023). Problem Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education , 4(2), 97–110.
Putika, V., 1, S., & Sayekti, I. C. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5237–5243. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2907
Putra, A. I. P., & Roni, M. (2021). Good Governance Dalam Lingkungan Pendidikan Tinggi (Good University Governance). Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 226–236. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/10065
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/VARIDIKA.V33I1.14993
Sari, A., Daulay, S., Putri, Y. Y., & Epriani, P. (2021). Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 Dalam Perspektif Guru SMA Di Kota Tebing Tinggi.
Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, L., Ardhi, A., Sitorus, M., Siraj, M. S., Ardiansyah, Y., Negeri, U. I., Utara, S., William, J., Ps, I. V, Estate, M., Percut, K., Tuan, S., & Serdang, D. (2023). Mengelola dan Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(3), 5815–5825. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I3.1344
Syaikhudin, A. (2012). Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantoro. Cendekia, 10(1).
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021 (W. Teresia, Ed.). Guepedia.
Üstün, U., & Eryılmaz, A. (2018). Analysis of Finnish Education System to question the reasons behind Finnish success in PISA. https://open.metu.edu.tr/handle/11511/84227
Published
2024-12-31
How to Cite
Dwi Astutik. (2024). Analisis Pedagogi Kritis Paulo Freire dalam Pro Kontra Penghapusan Ujian Nasional pada Kurikulum Merdeka Belajar . Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 2711-2719. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4820