MILITARY INTELLIGENCE STRATEGIES IN RESPONDING TO SECURITY THREATS IN PAPUA

STRATEGI INTELIJEN MILITER DALAM MERESPON ANCAMAN KEAMANAN DI PAPUA

  • Wing Sandya Udayanto DIKREG LII SESKO TNI TAHUN 2024
  • Arifuddin Uksan DIKREG LII SESKO TNI TAHUN 2024
  • Syaid Haryana DIKREG LII SESKO TNI TAHUN 2024
Keywords: Strategy, Inteligence, Militery, Security, Papua

Abstract

Papua faces a serious threat of terrorism, particularly from armed groups such as KKB, which are involved in various acts of violence. The background of this study aims to analyze military intelligence strategies in responding to security threats and their impact on community welfare. The research method employed is qualitative with a descriptive approach, utilizing interviews, observations, and document analysis. The findings indicate that military intelligence strategies focus on mapping and early detection of potential threats, as well as leveraging technology for information gathering. The discussion highlights the importance of collaboration between the military, local government, and relevant agencies in effectively responding to threats, as well as the role of TNI AD programs in enhancing community welfare. The conclusion of this study recommends the establishment of DESK PAPUA within the National Intelligence Agency (BIN) to address local issues, and emphasizes the need for a Smart Power approach to mitigate separatist impacts. Additional suggestions include the formation of a special agency to handle conflicts in Papua and the expansion of the Manunggal Air Program to remote areas to support sustainable development.

References

Antara. (2024). Panglima TNI jelaskan KKB di Papua kembali disebut OPM. Diakses melalui https://www.antaranews.com/berita/4053936/panglima-tni-jelaskan-kkb-di-papua-kembali-disebut-opm
Ayunita Harianja, Manajer Departemen Kemanusiaan dan Perdamaian PSKP. Pusat Studi Kemanusiaan dan Pemabangunan. Separatisme: Penyebab Munculnya Konflik di Papua. Diakses melalui http://www.pskp.or.id/2020/09/17/separatisme-penyebab-munculnya-konflik-di-papua/
Semua referensi yang dikutip dalam tubuh artikel wajib dituliskan dalam bagian daftar pustaka dan ditulis dalam 1 spasi secara alphabet, serta mengunakan standar bahasa internasional (bahasa Inggris) sekalipun teks yang dikutip berbahasa Indonesia. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka:
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tindak Pidana Terorisme.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetaa.
Media Indonesia. (2021). DPR Desak Fungsi Intelijen Diperkuat Di Papua. Diakses melalui https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/429908/dpr-desak-fungsi-intelijen-diperkuat-di-papua
Viva.co.id. (2023). Prabowo Mengungkap Keterlibatan Intelijen Asing dalam Kasus Rempang, Seperti yang Terjadi di Papua. Diakses melalui https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/2583-prabowo-mengungkap-keterlibatan-intelijen-asing-dalam-kasus-rempang-seperti-yang-terjadi-di-papua
Lemhannas.go.id. (2023). Lemhannas RI Selenggarakan FGD Kajian Urgent dan Cepat Memutus Jaringan Sayap Militer Kelompok Teroris Papua. Diakses melalui https://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/berita-utama/1875-lemhannas-ri-selenggarakan-fgd-kajian-urgent-dan-cepat-memutus-jaringan-sayap-militer-kelompok-teror-papua
Note: Tidak perlu dipisahkan referensi berbentuk buku, jurnal, dan lain sebagainya.
Buku:
Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Multikultural Di Pesantren (telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madya, S. (2011). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.

Book Section:
Fajriyah & Supardi. (2015). Penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar matematika. In Leonard (Editor). EduResearch: Raise The Standard, Vol. 1, 1-24. Jakarta: Unindra Press.
Artikel dalam Jurnal:
Leonard. (2013). Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 32(1): 54-63. http://dx.doi.org/10.21831/cp.v5i1.1259
Mursidi, Agus. 2015. Wacana Kuasa dan Hegemoni: Kiai Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kolaborasi dengan Pondok Pesantren. Jurnal Vidya Samhita. Vol. I. no 1 http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/vs/article/view/3
Prosiding Seminar:
Adriana, I. (2016). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 539-548. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI.
Published
2024-11-15
How to Cite
Wing Sandya Udayanto, Arifuddin Uksan, & Syaid Haryana. (2024). MILITARY INTELLIGENCE STRATEGIES IN RESPONDING TO SECURITY THREATS IN PAPUA: STRATEGI INTELIJEN MILITER DALAM MERESPON ANCAMAN KEAMANAN DI PAPUA. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 2236-2241. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4410