ANALISIS KESUKSESAN SISTEM ABSENSI ONLINE DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE AND MCLANE PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Manfaat Bersih (Net Benefit) dengan Penggunaan dan Kepuasan Pengguna sebagai variabel intervening. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 74 responden dan dianalisis menggunakan aplikasi SMART PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Sistem tidak berpengaruh terhadap Penggunaan; (2) Kualitas sistem berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna; (3) Kualitas Sistem tidak berpengaruh terhadap Manfaat Bersih; (4) Kualitas Informasi tidak berpengaruh terhadap Penggunaan; (5) Kualitas Informasi tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna; (6) Kualitas Informasi tidak berpengaruh terhadap Manfaat Bersih; (7) Kualitas Layanan berpengaruh positif signifikan terhadap Penggunaan; (8) Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna; (9) Kualitas Layanan berpengaruh negatif signifikan terhadap Manfaat Bersih; (10) Penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pengguna; (11) Penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap Manfaat Bersih; (12) Kepuasan Pengguna berpengaruh positif signifikan terhadap Manfaat Bersih. Selain itu, ditemukan bahwa: (13) Penggunaan tidak memediasi hubungan antara Kualitas Sistem dengan Kepuasan Pengguna; (14) Penggunaan tidak memediasi hubungan antara Kualitas Informasi dengan Kepuasan Pengguna; (15) Penggunaan memediasi hubungan antara Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pengguna; (16) Penggunaan tidak memediasi hubungan antara Kualitas Sistem dengan Manfaat Bersih; (17) Penggunaan tidak memediasi hubungan antara Kualitas Informasi dengan Manfaat Bersih; (18) Penggunaan memediasi hubungan antara Kualitas Layanan dengan Manfaat Bersih; (19) Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Kualitas Sistem dengan Manfaat Bersih; (20) Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Kualitas Informasi dengan Manfaat Bersih; (21) Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Kualitas Layanan dengan Manfaat Bersih; (22) Penggunaan dan Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Kualitas Sistem dengan Manfaat Bersih; (23) Penggunaan dan Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Kualitas Informasi dengan Manfaat Bersih; (24) Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Penggunaan dengan Manfaat Bersih; dan (25) Penggunaan dan Kepuasan Pengguna tidak memediasi hubungan antara Kualitas Layanan dengan Manfaat Bersih
References
Amalita, R., Inda, T., & Rahma, F. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Facebook Pada Mahasiswa/i UINSU Dengan Structural Equation Modeling. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 593–604. https://doi.org/10.35794/JMBI.V9I2.43166
DeLone, W., & McLean, E. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159.
Gunawan, F. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan PT. Victory International Futures. Agora, 5(1).
Gustyari, W., Priantana, R. D., & Saputra, D. S. (2022). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Berdasarkan Model Delone dan Mclean 2003 (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 7(1), 56–65. https://doi.org/10.24815/jimeka.v7i1.20218
Irviani, R., & Oktaviana, R. (2017). Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N1 Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 63–69.
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidik. Prenadamedia Group.
Kafrawi, S., Firmansyah, R., Hartono, R., & Budiman, K. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Keuangan Universitas Negeri Semarang Dengan Pendekatan Delone dan Mclean. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12016
Laksono, H. (2017). The Evaluation of District Using Combination of Delone Mclean and Technology Acceptance Model. Jurnal Tata Kelola & Akuntabilitas Keuangan Negara, 3(2), 151–167.
Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 13–20.
Meilani, L., Suroso, A. I., & Yuliati, L. N. (2020). Evaluasi Keberhasilan Sistem Informasi Akademik dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 10(2), 137–144. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp137-144
Rachman, R. (2021). Analisa Kesuksesan E-Government Lapor dengan Model Delone-Mclean dan Metode PLS-SEM. SISTEMASI, 10(2), 357. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1236
Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1704
Rahmawati, D., & Hidayat, T. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik (Sina) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Berdasarkan Instrumen End User Computing Satisfaction (Eucs). Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 9(1), 21–30.
Ramadhan, S., & Safitri, N. (2021). Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean Terhadap Sistem Informasi Akademik pada Universitas Bina Insani. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 5(2), 85. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i2.1562
Saputro, G. B. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Intervening Motivasi Kerja di Head Office PT Marifood. Agora, 5(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utmary, N., & Agustin, H. (2020). Evaluasi Keberhasilan Sistem Keuangan Desa Menggunakan Delone & Mclean Is Succes Model. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI, 2(3), 3216–3235. https://doi.org/10.24036/jea.v2i3.278
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (Siap) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING “GOODWILL,” 12(1), 1–15. https://doi.org/10.35800/JJS.V12I1.31885
Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 923–926.