Menelusuri Nilai Dasar Manusia dalam Tradisi Ma’nene di Tanah Toraja dari Perspektif Psikologi dan Budaya: Conservation, Self-Transcendence, dan Self-Enchancement

  • Dimaz Agastya Universitas Surabaya
  • Marselius Sampe Tondok Magister Psikologi Sains, Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya
Keywords: Basic human values, Psikologi dan Budaya, Tradisi Ma’Nene, Toraja

Abstract

Tradisi Ma’nene pada beberapa kelompok dalam masyarakat Tana Toraja mencerminkan nilai tertentu yang terkait dengan nilai-nilai dasar manusia (basic human values) menurut teori Schwartz dkk. (2012). Melalui pembersihan jasad leluhur, tradisi ini menekankan nilai penghormatan leluhur dan ikatan keluarga yang abadi.  Untuk memahami pengaruh nilai-nilai dasar manusia terhadap perilaku individu dalam konteks budaya, maka penelitian ini mengkaji bagaimana tradisi Ma’nene merefleksikan nilai-nilai dasar manusia. Penelitian ini adalah jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan naratif untuk mendapatkan data. Selanjutnya peneliti menganalisis informasi yang diperoleh untuk menemukan nilai pada tradisi Ma’nene dengan menggunakan teori nilai dasar manusia atau basic human values menurut Schwartz dkk (2012). Hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan mengacu pada nilai dasar manusia, dalam tradisi Ma’nene ditemukan ada tujuh nilai. Ketujuh nilai tersebut merujuk kepada ketiga nilai konservasi yaitu security, conformity, dan tradition; dua nilai self-transcendence yaitu benelovence dan universalism, serta dua nilai self-enchancement yang terdiri atas achievement dan power. Penelitian ini mengimplikasikan secara teoritis bahwa tradisi Ma’nene merefleksikan nilai-nilai dasar manusia yang meliputi konservasi, self-transcendence, dan self-enhancement. Pemahaman nilai-nilai ini penting untuk mengapresiasi dan mempertahankan warisan budaya serta menguatkan ikatan sosial dalam kelompok masyarakat Tana Toraja.

References

Arieli, S., Sagiv, L., & Roccas, S. (2020). Values at Work: The Impact of Personal Values in Organisations. Applied Psychology, 69(2), 230–275. https://doi.org/10.1111/apps.12181

Atari, M., Haidt, J., Graham, J., Koleva, S., Stevens, S. T., & Dehghani, M. (2023). Morality beyond the WEIRD: How the nomological network of morality varies across cultures. Journal of Personality and Social Psychology, 125(5), 1157–1188. https://doi.org/10.1037/pspp0000470

Benish-Weisman, M., Daniel, E., & Knafo-Noam, A. (2017). The relations between values and aggression: A developmental perspective. In S. Roccas & L. Sagiv (Eds.), Values and Behavior (pp. 97–114). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56352-7_5

Feldman, G., Chao, M. M., Farh, J.-L., & Bardi, A. (2015). The motivation and inhibition of breaking the rules: Personal values structures predict unethicality. Journal of Research in Personality, 59, 69–80. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2015.09.003

Gunawan, R., & Merina, M. (2018). Tradisi ma’nene sebagai warisan budaya Etnis Toraja. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 4(2), 107. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i2.4527

Kendek, V. (2015). Ma’nene (Upacara Membersihkan dan Mengganti Pakaian Jenazah Leluhur pada Masyarakat Baruppu’) [Skripsi S1]. Hasanuddin.

Kitayama, S., & Salvador, C. E. (2024). Cultural psychology: Beyond east and west. Annual Review of Psychology, 75(1), 495–526. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-021723-063333

Kristanto, K., Özkizmaz, Y., Allo, M. D. G., & Mangolo, Y. (2024). The corpse in the grave: A theological-ethical study of the ma’nene tradition in the Torajan context. Jurnal Jaffray, 22(1), 1. https://doi.org/10.25278/jj.v22i1.889

Liliweri, A. (2014). Pengantar studi kebudayaan (Cetakan I). Nusa Media.

Parrang, F. (2019). Pergeseran makna ritual ma’nene’ pada masyarakat Baruppu Parodo Kabupaten Toraja Utara. Sosiohumaniora, 15(3). http://dx.doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v15i3.5758

Pautasso, M. (2019). The structure and conduct of a narrative literature review. In M. Shoja, A. Arynchyna, M. Loukas, A. V. D’Antoni, S. M. Buerger, M. Karl, & R. S. Tubbs (Eds.), A Guide to the Scientific Career (1st ed., pp. 299–310). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118907283.ch31

Rismayanti, R., & Nusarastriya, Y. H. (2021). Upacara adat pemakaman mengenang leluhur (Ma’ Nene) di Toraja, Lembang Bululangkan Kecamatan Rinding Allo Toraja Utara. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 2(2), 118–132. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.30410

Rudnev, M., & Vauclair, C.-M. (2018). The Link Between Personal Values and Frequency of Drinking Depends on Cultural Values: A Cross-Level Interaction Approach. Frontiers in Psychology, 9, 1379. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01379

Sagiv, L., & Roccas, S. (2021). How Do Values Affect Behavior? Let Me Count the Ways. Personality and Social Psychology Review, 25(4), 295–316. https://doi.org/10.1177/10888683211015975

Sagiv, L., Roccas, S., Cieciuch, J., & Schwartz, S. H. (2017). Personal values in human life. Nature Human Behaviour, 1(9), 630–639. https://doi.org/10.1038/s41562-017-0185-3

Sanderson, R., & McQuilkin, J. (2017). Many kinds of kindness: The relationship between values and prosocial behaviour. In S. Roccas & L. Sagiv (Eds.), Values and Behavior (pp. 75–96).
Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56352-7_4

Schwartz, S. H. (2012). An overview of the Schwartz theory of basic values. Online Readings in Psychology and Culture, 2(1). https://doi.org/10.9707/2307-0919.1116

Schwartz, S. H. (2017). The refined theory of basic values. In S. Roccas & L. Sagiv (Eds.), Values and Behavior (pp. 51–72). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56352-7_3

Sidanius, J., & Pratto, F. (1999). Social dominance: An intergroup theory of social hierarchy and oppression (1. paperback ed). Cambridge Univ. Press.

Skimina, E., Cieciuch, J., Schwartz, S. H., Davidov, E., & Algesheimer, R. (2019). Behavioral signatures of values in everyday behavior in retrospective and real-time self-reports. Frontiers in Psychology, 10, 281. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00281
Syawal, S. (2022). Landasan pendidikan dalam perspektif budaya: Kajian pendidikan dan budaya Toraja ma’ nene. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14087–14094. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.3150

Tamin, H., Hasan, H., Kasmawati, K., & Indarwati, I. (2021). Bentuk dan makna ritual ma’nene’ To Sarani di Toraja Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 462–469. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1300
Published
2024-10-09
How to Cite
AgastyaD., & Marselius Sampe Tondok. (2024). Menelusuri Nilai Dasar Manusia dalam Tradisi Ma’nene di Tanah Toraja dari Perspektif Psikologi dan Budaya: Conservation, Self-Transcendence, dan Self-Enchancement . Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 12743-12753. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4108