Pengembangan Media E-Booklet Berbasis Timeline Pada Materi Indonesia Masa Kolonial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Kelas XI SMAN 12 Pekanbaru

  • Tantrike Helsa Universitas Riau
  • Isjoni Ishak Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau
  • Asyrul Fikri Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau
Keywords: Pengembangan; E-booklet Berbasis Timeline; Berpikir Kronologis

Abstract

Kemampuan berpikir kronologis merupakan kemampuan dasar dalam mempelajari sejarah, maka untuk mencapai beberapa tujuan dalam mempelajari sejarah peserta didik harus memiliki kemampuan dasar dalam berpikir sejarah yakni kemampuan berpikir kronologis. Maka untuk dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologisnya peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yakni media e-booklet berbasis timeline. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-booklet berbasis timeline pada materi Indonesia masa kolonial untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa kelas XI SMAN 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validasi ahli untuk media e-booklet berbasis timeline memperoleh persentase 88% dari ahli materi, 94% dari ahli media, 88% dari penilaian siswa uji coba kelompok kecil, dan 86,2% dari penilaian siswa uji coba kelompok besar dengan kategori keseluruhan “sangat layak”. Selain itu, hasil pretest-posttest dari kedua kelompok menunjukkan hasil n-gain score dengan kategori sedang pada uji coba kelompok kecil dan kategori tinggi pada uji coba kelompok besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa media e-booklet berbasis timeline efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa kelas XI SMAN 12 Pekanbaru.

References

Antopani, Hendi. 2016. Penggunaan Media Timeline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Arikunto. S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chuzaima. N. 2019. Pengembangan Media E-Booklet Materi Sejarah Pemberontakan DI/TII Untuk Siswa Kelas X TKJ 2 SMKN 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.
Dara.M. C., & Setiawati. E. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Timeline Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Pembelajaran Sejarah di SMAN 2 Metro. Jurnal HISTORIA. 1 (5).
Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-StudentSurvey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1).
Hidayat. F., & Nizar. Muhammad. 2021. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasion dan Evaluasion) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurna Inovasi Pendidikan Agama Islam. 1 (1).
Hisyam. M.H.A., & Ofianto. 2022. Pengembangan Media Timeline Berbasis Vennangage untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Jurnal Kronologi. 3(4)
Irawan. D., Ofianto. & Asisiah. 2019. Pengembangan Media Digital Game-Based Learning (DGBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA. Jurnal Halaqah. 1(1)
Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Kustadi.C & Darmawan. D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Novry. L.T., & Ofianto. 2020. Pengembangan Media Timeline Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Jurnal Kronologi. 2(1).
Nurfadhillah. S. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat : CV Jejak, anggota IKAPI
Rahmawati.A. Marsudi., & Sultani. Z. I. M. 2021. Pengembangan Media E-Booklet Berbasis Sejarah Lokal Pemerintahan Kota Blitar (1906-1945) Untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia pada Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Blitar. Jurnal Artefak. 2 (8).
Ridwan.M., Ibrahim. Bedriati., & Asril. 2022. Pengembangan Media E-Booklet Sejarah pada Materi Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Variasi Media Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Enok. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(4).
Rulianto., & Hartono. F. 2018. Pendidikan Sejarah Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 2(4)
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sujana. I. W. C. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. 1 (4).
Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia
Suryadi.A. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Jawa Barat : CV Jejak, anggota IKAPI.
Yuliani, Devi Putri. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Pada Materi Biologi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Raden Intan Lampung. Lampung.
Published
2024-05-31
How to Cite
Tantrike Helsa, Isjoni Ishak, & Asyrul Fikri. (2024). Pengembangan Media E-Booklet Berbasis Timeline Pada Materi Indonesia Masa Kolonial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Kelas XI SMAN 12 Pekanbaru. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 780-788. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3680