Tourism Marketing: Banyuwangi Regency Government Partnership with Local Mass Media in Banyuwangi

Pemasaran Pariwisata: Kemitraan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Media Massa Lokal di Banyuwangi

  • Niko Pahlevi Hentika Program Studi Administrasi Publik, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Banyuwangi
  • Erna Agustina Program Studi Administrasi Publik, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Banyuwangi
Keywords: Kemitraan, pariwisata, media massa lokal

Abstract

Banyuwangi Regency is one of the districts that is currently aggressively developing tourism potential. This development has been carried out since Regent Abdullah Azwar Anas. This is because the natural and cultural potential that Banyuwangi has is very good for tourism. One way to develop this is through partnerships in various fields. One of the most important areas in tourism development is partnerships in the field of tourism marketing. The partnership carried out so far is between the Banyuwangi Regency government and local mass media.

Because of the above phenomenon, this qualitative-descriptive research is deemed necessary. The main aim of this research is to describe, analyze and interpret the partnership between the Banyuwangi Regency Government and local mass media in tourism marketing governance in Banyuwangi. Data collection methods were carried out by interviews, documentation and observation.

The research results show that the two partnering parties, namely the Banyuwangi Regency Government and the local mass media play a mutual role. In addition, the model partnership between governments  Banyuwangi and local mass madia is mutualism partnership

References

Anas, Abdullah Azwar. 2019. Anti mainstream Marketing.Jakarta: Gramedia.
BPS. 2021. “Jumlah Devisa Sektor Pariwisata (Miliar US $), 2019-2021”, diakses pada 01 Desember 2023 melalui https://www.bps.go.id/indicator/16/1160/1/jumlah-devisa-sektor-pariwisata.html
BPS Kabupaten Banyuwangi. 2021a. “Hasil Sensus Penduduk Kabupaten Banyuwangi 2020”, diakses pada 21 Februari 2024 melalui https://banyuwangikab.bps.go.id/pressrelease/2021/01/22/93/hasil-sensus-penduduk-kabupaten-banyuwangi-2020.html
BPS Kabupaten Banyuwangi. 2021b. “Luas Panen dan Produksi Padi di Kabupaten Banyuwangi 2020”, diakses pada 21 Februari 2024 melalui https://banyuwangikab.bps.go.id/pressrelease/2021/04/12/100/luas-panen-dan-produksi-padi-di-kabupaten-banyuwangi-2020.html
BPS Provinsi Jawa Timur. 2022. Statistik Pariwisata. Surabaya: BPS Provinsi Jawa Timur
Haviza, Dayang. 2017. Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Tiongkok ke Indonesia Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Tahun 2015. Skripsi FISIP. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta) https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/GIJ/article/view/4439/1740
Junus, Dikson. 2010. Kemitraan pada Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan. Jurnal Legalitas Volume 3 Nomor 2, Halaman 134-146
Khatimah, Husnul. 2018. Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, Vol 16, No. 1.
Kristanto, Sepyan Purnama., et al. 2020. Ekstraksi Informasi Destinasi Wisata Populer Jawa Timur Menggunakan Depth-First Crawling Information Extraction of the Popular Tourism Sites of East Java Depth-First Crawling. Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, dan Rekayasa Komputer, Vol. 21, No. 1, November 2021, pp. 229∼236. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/matrik/article/download/1081/829/
Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. 2014. Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto. Jakarta: UI-Press
Newman, Janet, Marian Barnes, Helen Sullivan and Andrew Knops. 2004. Public Participation and Collaborative Governance. Journal of Social Policy, 33(2), pp. 203-223.
Lathifah, Fitrotul. 2012. Kemitraan Pemerintah Daerah dan Non Govermental Organization (NGO) dalam Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Skripsi Program Studi Administrasi Negara. Jember: Universitas Jember.
Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 13 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Banyuwangi (RIPKK)
Peraturan Pemerintah kabupaten Banyuwangi no 40 tahun 2002 tentang Industri Pariwisata
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011, Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025.
Pitana, I Gde & Gayatri, Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Radar Banyuwangi. 2022. Nilai Produksi Ikan Tembus 900 Milliar, diakses pada 21 Februari 2024 melalui https://radarbanyuwangi.jawapos.com/features/75916494/nilai-produksi-ikan-tembus-rp-900-miliar
Setyorini. 2004. Kebijakan Pariwisata Dalam rangka Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten semarang, Semarang: Universitas Diponegoro.
Simamora, Rotua Kristin & Sinaga, Rudi Salam. 2016. Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 4(1).
Suryadi, Israwati. 2011. ‘’Peran Media Massa dalam Membentuk Realitas Sosial’’. Jurnal Academica FISIP UNTAD, Vol 03. No. 2.
Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Wikipedia.org. 2024. Kabupaten Banyuwangi, diakses pada 21 Februari 2024 melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Banyuwangi
Wulandari, Fitria Fenty & Indrawati. 2021. Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Mewujudkan Destinasi Pariwisata Internasional Di Kabupaten Banyuwangi Tahun 2013-2019. Global Insight Journal. Vol. 6 No. https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/GIJ/article/view/4439/1740
Published
2024-03-14
How to Cite
Niko Pahlevi Hentika, & Erna Agustina. (2024). Tourism Marketing: Banyuwangi Regency Government Partnership with Local Mass Media in Banyuwangi: Pemasaran Pariwisata: Kemitraan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Media Massa Lokal di Banyuwangi. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 333-341. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3597