PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN SOSIS UDANG PADA UMKM NGOMBOL JEMPOL, KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

  • Any Kurniawati Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Laksmi Putri Ayuningtyas Universitas Nahdlatul Ulama
  • Hikmah Yuliasari Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Mardiyana Mardiyana Politeknik Negeri Cilacap
Keywords: Sosis Udang, UMKM, Purworejo

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada forum UMKM Ngombol Jempol, di Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo Jawa Tengah yang merupakan daerah pesisir. Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai produk ikani yang dengan mudah dapat diproduksi seperti sosis udang. Tahapan yang dilakukan diawali dengan penyampaian materi terkait alat dan bahan yang digunakan untuk membuat sosis udang dan tahapan proses pembuatannya hingga teknik pengemasan yang baik yang dilanjutkan dengan demonstrasi 2 kelompok. Hasil percobaan selanjutnya dilakukan uji proksimat dan uji organoleptik untuk mengetahui tingkat kesukaan konsumen terhadap sosis udang yang dihasilkan. Berdasarkan hasil uji
proksimat, kandungan rata-rata protein sebesar 16,12 %, hal ini telah melampaui batas minimum kandungan protein sosis dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Sedangkan apabila dilihat dari uji organoleptik, flavor menurut panelis agak enak dengan tekstur agak kenyal. Panelis menyukai kedua jenis sosis yang secara umum bersisar antara 2,96-3,16 (agak suka).

Author Biographies

Laksmi Putri Ayuningtyas, Universitas Nahdlatul Ulama

Ilmu Perikanan

Hikmah Yuliasari, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Teknologi Pangan

Mardiyana Mardiyana, Politeknik Negeri Cilacap

Pengembangan Produk Agroindustri

References

Kementerian Perikanan dan Kelautan. 2018. GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan): Upaya Peningkatan Gizi Sejak Dini. https://kkp.go.id/.
Herlina. 2015. Penggunaan Tepung Glukomanan Umbi Gembili sebagai bahan tambahan Makanan Pada Pengolahan Sosis Daging Ayam. Jurnal Agroteknologi. Vol. 09 (02): 134-144.
Michaelsen. Kim. F., Dewey. K. G., Perez. E. A. B., Nurhasan. M., Lauritzen. L., Roos. N. 2011. Food Sources and Intake of n-6 and n-3 Fatty Acids in low-income Countries with Emphasis on Infants, Young Children (6-24 moths), and Pregnant and Lactating Women. Department of Nutrition, Program in International and
Community Nutrition, University of California, Davis, California, USA. (124-138).
Ngginak, J., Haryono, S., Jubhar C., Mangimbulude., Ferdy S. 2013. Komponen Senyawa Aktif pada Udang Serta Aplikasinya dalam Pangan. Jurnal Sains Medika. Vol 5(2): 128-145.
Verdian, A. H., Pindo, W., Rahmadi, A. 2021. Komposisi Kimia Daging Vanamei dan Udang Windu dengan Sistem Budidaya Keramba Jaring Apung. Jurnal Polinela. Vol. 1.
Published
2023-07-29
How to Cite
Kurniawati, Any, AyuningtyasLaksmi Putri, YuliasariHikmah, and Mardiyana Mardiyana. 2023. “PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN SOSIS UDANG PADA UMKM NGOMBOL JEMPOL, KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH”. JURNAL LEMURU 5 (2), 280-87. https://doi.org/10.36526/jl.v5i2.2879.