ANALISIS TINGKAT MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI KECAMATAN SITURAJA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi siswa sekolah dasar untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan Situraja. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan Situraja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan Situraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner; sampelnya terdiri dari seratus siswa dari berbagai sekolah dasar di kecamatan Situraja yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sepak bola. Untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, penulis menggunakan angket atau kuesioner. Penggunaan angket sangat penting untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, dan hasil angket akan dipresentasikan sebagai persentase.
References
Acar, Z., & Gündüz, N. (2017). Participation Motivation for Extracurricular Activities: Study on Primary School Students. Universal Journal of Educational Research, 5(5), 901–910. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050533
Aeni, A. N., Aprilia, D., Putri, N. A., & Afriyanti, A. (2022). Penggunaan Video Animasi DESI (Deskriptif, Edukatif, Smart dan Interaktif) Mengenai Sistem Pembayaran Shopee Pay Later dalam Pandangan Ekonomi Islam sebagai Sarana Edukatif bagi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1041. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258
Aoyagi, K., Ishii, K., Shibata, A., Arai, H., Fukamachi, H., & Oka, K. (2020). A qualitative investigation of the factors perceived to influence student motivation for school-based extracurricular sports participation in Japan. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 624–637. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1700139
Aswanto, R. D. (2021). Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Sport Science and Health, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.17977/um062v3i12021p20-25
Asykarillah, M., & Hariyanto, E. (2021). Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. Sport Science and Health, 3(8), 574–585. https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p574-585
Candra, O., & Wahyudi, W. (2020). Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di smp negeri 9 pekanbaru. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 70. https://doi.org/10.31258/jope.2.2.70-78
Denault, A. S., & Guay, F. (2017). Motivation towards extracurricular activities and motivation at school: A test of the generalization effect hypothesis. Journal of Adolescence, 54(January), 94–103. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.11.013
Garcia, M. B. (2022). Hackathons as extracurricular activities: Unraveling the motivational orientation behind student participation. Computer Applications in Engineering Education, 30(6), 1903–1918. https://doi.org/10.1002/cae.22564
Hafid, R. A., Chaerul, A., & Resita, C. (2021). Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Di Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 5(1), 15. https://doi.org/10.26858/sportive.v5i1.19813
Hardiansyah, Sudjana, I. N., & Kinanti, R. G. (2014). Survei Motivasi Siswa MTs Wahid Hasyim 02 Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Sport Science Health, 4(3), 147–155.
Hidayat, R., & Riswanto, A. H. (2021). Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 3 Palopo. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 5(2), 93–99. https://doi.org/10.37058/sport.v5i2.2989
Indra, D. K., & Henny, S. (2021). Survey Motivasi Siswa SMA Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di Kabupaten Kendal Tahun 2019. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 478–487.
Irfan, M., Yenes, R., Irawan, R., & Oktavianus, I. (2020). Kemampuan teknik dasar sepakbola. Jurnal Patriot, 12(3), pp.1–12.
Jones, M. L., Rush, B. R., Elmore, R. G., & White, B. J. (2014). Level of and motivation for extracurricular activity are associated with academic performance in the veterinary curriculum. Journal of Veterinary Medical Education, 41(3), 275–283. https://doi.org/10.3138/jvme.1213-163R
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2020). the Role of Peers in the Character Building of the Students of. IAIN Tulungagung, 1–12.
Mawardi, M. B., Lian, B., Kurnia, M., Studi, P., Jasmani, P., Keguruan, F., & Palembang, U. P. (2023). Profil Tingkat Motivasi Siswa Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Di SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten Pali. 1, 39–51.
Musyaffa, L. A., Putri, Y. E., Gani, R. A., Achmad, I. Z., Aminudin, R., Sumarno, A., & Irawan, A. A. (2023). Survei Minat dan Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(1), 65–70.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Priana, A., Narlan, A., Rahmat, A. A., & Damayanti, Y. S. (2022). Drylan Swimming Workout Di Masa Pandemi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 81–88.
Ridwansyah. (2021). Survei Minat Dan Motivasi Siswa-Siswi Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di Smp Negeri Kota Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 2(1), 64–73.
Rohmantunisa, S., Wahyudi, U., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket pada peserta sekolah menengah pertama. Sport Science and Health, 2(2), 119–129.
Rudiyanto, A. (2019). Rasa ingin tahu pada penilaian sikap. Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, September, 235–242.
Septiawan, R. (2022). Minat Siswa Terhadap Olahraga Sepak Bola Di Sma Negeri 2 Biau Kabupaten Buol. 6.
Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 66. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.35
Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28.
Yohanda, Y., Rahmat, Z., & Irfandi, I. (2021). SURVEI MINAT BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTERA SEKOLAH MIN 7 ACEH TENGAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Yuliasari, A. (2013). Peran Dominan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrakurikuler Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 314–317.
Yunisial, P. (2017). Minat Siswi Sltp Terhadap Permainan Sepak Bola Wanita Di Ssb Queen Kota Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i1.6638
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.