PENGGUNAAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SERVIS BAWAH BOLA VOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas V SDN Cilumping melalui penggunaan bola modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siwa kelas V SDN Cilumping tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan menggunakan lembar format observasi penilaian motivasi belajar siswa dan format penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) yang didalamnya mencakup data kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I untuk rata-rata motivasi belajar seluruh siswa sebesar 64,2% menjadi 85% pada siklus II, untuk hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 40% pada siklus 1 menjadi 80% pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu modifikasi bola dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas V SDN Cilumping tahun ajaran 2023/2024.
References
Anggraeni, R. D., & Khaerunnisa, K. (2021). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(2), 141. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i2.11636
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL, 2, 116.
Halawa, H. I., Priono, J., & Kurniati, R. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Modifikasi Permainan Bola Voly Di Sekolah. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1311
Hayati, S. N., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh Modifikasi Bola Plastik Dalam Pembelajaran Bolavoli Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Torjun. 4, 43–47.
Irkinovich, N. R. (2021). Ways To Increase Motivation To Study Foreign Language in a Non-Language University. E-Conference Globe, May, 179–180.
Laksana, A. A. N. P. (2016). Meningkatkan hasil belajar pasing atas bolavoli dengan pendekatan model pembelajaran bola modifikasi. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 7(1), 37–47.
Marsiyem, M., Destriana, D., & Pratama, R. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Servis Bawah Permainan Bola Voli. Sebatik, 22(2), 161–166. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.323
Mulyadi, D. Y. N. (2019). Meningkatkan Hasil Penelitian Passing Bawah Bolavoli Dengan Modifikasi Bola (Penelitian Tindakan Kelas V SDN Palasari). Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(2), 11. https://doi.org/10.31602/rjpo.v2i2.2477
Naimi, N. M., & Rahayu, E. T. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Efektivitas Kualitas Sarana Dan Prasarana. 6(1), 8. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i1.4600
Prayoga, A. S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola, 15(1), 165–175.
Satrianto, M., & Muhammad, H. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Menggunakan Modifikasi Bolavoli Mini Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02, 840–843.
Semakur, Y. (2020). Jasmani Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Gerak Dasar Lari Pada Siswa Kelas V SD Katolik 041 Talibura. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 01(11), 1–8.
Sodikin, F. A., & Yono, T. (2020). Sport , Pedagogik , Recreation and Technology Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. 2(2), 26–31.
Soeprijanto, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Bola Voli Melalui Penerapan Modifikasi Bola Gantung Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Madiun. Wahana Kreatifitas Pendidik, 2(1), 49–54.
Supriyadi, A. (2019). Modifikasi Permainan Basvol Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. 19(3), 1–8.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Syaleh, M. (2017). Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Lempar Pukul Bola Kertas Pada Siswa Kelas VII SMP. 1(1), 23–30.
Taufik, M. S. (2018). Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan. Maenpo, 8(1), 26. https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.914
Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4381
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.