STRATEGI REGULASI EMOSI TERHADAP SELF EFIKASI PADA ATLET BELADIRI WANITA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis regulasi emosi terhadap self efikasi pada atlet beladiri wanita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi Pearson. Partisipan dalam penelitian ini adalah 30 atlet beladiri remaja wanita. Variabel-variabel penelitian diukur menggunakan kuisioner, dengan regulasi emosi diukur menggunakan kuisioner 4 butir soal dan self efikasi diukur menggunakan kuisioner 6 butir soal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RESE (Regulasi Emosi Self Efikasi) yang terdiri dari dua item, yaitu regulasi emosi dan self efikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara regulasi emosi dan self efikasi pada atlet beladiri wanita, dengan nilai signifikansi (Sig.) kurang dari 0,05, yaitu 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan atlet beladiri wanita dalam mengatur emosi dengan tingkat self efikasi mereka. Hasil ini dapat memberikan wawasan penting bagi pelatih dan pembina atlet beladiri wanita untuk meningkatkan regulasi emosi dalam upaya meningkatkan self efikasi atlet-atlet mereka.
References
Anggraeni, L., Affandi, I., Wahyudin, D., Paramitha, S. T., & Ramadhan, M. G. (2022). Optimization of the Board Game as a Platform for the Concept of Peace Education: A Survey Method Study. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 494–511. https://doi.org/10.46328/ijemst.2292
Anitasari, A., Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37661
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001
Ayomi, G. (2021). Mengenal Non-Probability Sampling dalam Teknik Pengambilan Sampel. Universitas Brawijaya.
Azizah, F. F., & Jannah, M. (2020). The effect of autogenic meditation on emotion regulation in fencing athletes. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(02), 62–67.
Caprara, G. V., Di Giunta, L., Eisenberg, N., Gerbino, M., Pastorelli, C., & Tramontano, C. (2008). Assessing Regulatory Emotional Self-Efficacy in Three Countries. Psychological Assessment, 20(3), 227–237. https://doi.org/10.1037/1040-3590.20.3.227
CASOLINO, E., LUPO, C., CORTIS, C., CHIODO, S., MINGANTI, C., CAPRANICA, L., & TESSITORE, A. A. (2012). TECHNICAL AND TACTICAL ANALYSIS OF YOUTH TAEKWONDO PERFORMANCE. Journal of Strength and Conditioning Research, 26(6), 1489–1495.
Dewi, D. O., & Jannah, M. (2019). PERBEDAAN STRATEGI REGULASI EMANTARA ATLET CABANG OLAHRAGA PERMAIANAN , AKURASI DAN BELADIRI Miftakhul Jannah Abstrak. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(2), 1–6.
Farradinna, S. (2012). MOTIVASI BERPRESTASI ATLET MUDA DALAM MENGHADAPI PEKAN OLAHRAGA NASIONAL TAHUN 2012 DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI. Psikologika, 17(2008), 53–59.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2015). How to design and evaluate research in education. Order Department, McGraw Hill Publishing Co., Princeton Rd., Hightstown, NJ 08520.
Haq, Z. A. D. (2015). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Motivasi Berprestasi Pemain Basket Di UMS. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Liao, K. Y., Stead, G. B., & Liao, C. (2021). A Meta-Analysis of the Relation Between Self-Compassion and Self-Efficacy. Mindfulness, 12, 1878–1891.
Maulana, M. Y. A., & Dwityanto, A. (2017). Hubungan Antara Kestabilan Emosi dengan Kontrol Diri pada Atlet Beladiri Kota Surakarta. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mayne, T., & Bonanno, G. A. (2001). Emotions: Current issues and future directions. Guilford Press.
Nazri, N., & Salamuddin, N. (2019). Ketahanan mental dan kecerdasan emosi dalam kalangan atlet berpasukan dan individu. Jurnal Sains Sukan & Pendidikan Jasmani, 8(2), 8–18. https://doi.org/10.37134/jsspj.vol8.2.2.2019
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). DAMPAK EFIKASI DIRI TERHADAP PROSES & HASIL BELAJAR MATEMATIKA (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514
Nurdini, A. (2020). Regulasi emosi terhadap kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet tarung derajat. 1–7.
Octavianingrum, W., & Savira, S. I. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Regulasi Emosi Pada Atlet Pencak Silat Puslatda Jawa Timur. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 1–6.
Paramita, Y., Pratitis, N. T., & Efendy, M. (2021). Motivasi berprestasi pada atlet judo di surabaya: Bagaimana peranan self-efficacy ? Universitas, 2(01), 32–41.
Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi pendidikan jasmani untuk anak usia dini melalui penerapan model bermain edukatif berbasis alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51.
Paramitha, S. T., Hasan, M. F., Anggraeni, L., Ilsya, M. N. F., Ramadhan, M. G., Rustandi, A. M., & Kodrat, H. (2021). Analysis and evaluation of law number 12 of 2012 concerning higher education based on sports needs for students. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(2), 191–199. https://doi.org/10.21831/jc.v18i2.42249
Pramudita, R. (2015). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Subjective Well-Being pada Siswa SMA Negeri 1 Belitang. Psychology Forum UMM, ISBN, 978–979. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/541-546 Rhesaroka.pdf
Pristanti, N. A., Syafitri, R. A., & Reba, Y. A. (2022). Kejenuhan Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Self Efficacy dan Regulasi Emosi. Psychocentrum Review, 4(1), 107–117.
Putri, S. A. W., & Handayani, A. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Regulasi Emosi Terhadap Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Atlet Karate Di Kota Demak. Proyeksi, 15(1), 88. https://doi.org/10.30659/jp.15.1.88-97
Rahmawati, A. M. (2021). UJI COBA REGULATORY EMOTIONAL SELF-EFFICACY (RESE) UNTUK MENGUKUR EFIKASI DIRI DALAM MANAJEMEN MARAH PASIEN SKIZOFRENIA VERSI BAHASA INDONESIA. 7(January), 44–50.
Tuma, J. M., & Pratt, J. M. (2011). The Use and Effectiveness of Behavioural Modification Techniques in Achieving and Maintaining Normal Weight And Fitness – The Lifestyle Changes for Adults in Cyprus. American Psychologist. https://doi.org/10.1037/a0013207
Wahyuni, S. (2013). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN REGULASI EMOSI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 88–95. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3279%0Ahttp://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/viewFile/3279/2217
Wardhana, A. (2022). Penelitian survei, proses penelitian, masalah dan hubungan antar variabel kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, April, 17–26.
Wijaya, A., Paramitha, S. T., & Fitri, M. (2022). Policy Analysis of the Termination of Football Competitions in the Time of the Covid-19 Pandemic. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 231–241. https://doi.org/10.33369/jk.v6i2.21240
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.