ANALISIS TINGKAT WELL-BEING STUDENT-ATHLETE REMAJA SMP KOTA BANDUNG

  • Gatarina Nurani Oktavia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mustika Fitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sandey Tantra Paramitha Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kesehatan Mental; Kesejahteraan Mental; Psikologis; Siswa Atlet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesejahteraan siswa atlet di sekolah menengah pertama di Kota Bandung dengan fokus pada aspek fisik, emosional, sosial, dan psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan 62 siswa-atlet sebagai partisipan penelitian, yang dipilih melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berdasarkan instrumen The Warwick-Edinburgh Mental Wellbeing Scale (WEMWBS), dan analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif persentase melalui perangkat lunak IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dari 62 siswa-atlet yang menjadi subjek penelitian, 36 di antaranya memiliki tingkat kesejahteraan yang baik, sementara 6 siswa-atlet mengalami depresi ringan, dan 20 siswa-atlet mengalami depresi berat. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan siswa-atlet, termasuk aspek fisik, emosional, sosial, dan psikologis. Penelitian ini memiliki implikasi praktis yang signifikan, dengan hasilnya dapat digunakan sebagai panduan bagi atlet lainnya, orang tua, pelatih, dan sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup siswa-atlet. Mendorong perhatian lebih lanjut terhadap aspek kesejahteraan ini dapat membantu mengurangi risiko depresi dan masalah kesejahteraan lainnya di kalangan siswa-atlet, serta meningkatkan prestasi mereka dalam berbagai bidang. Dengan demikian, penelitian ini memberikan sumbangan penting dalam pemahaman dan perbaikan kesejahteraan siswa-atlet di lingkungan sekolah menengah pertama di Kota Bandung.

Author Biographies

Mustika Fitri, Universitas Pendidikan Indonesia

Sport Science Department

Sandey Tantra Paramitha, Universitas Pendidikan Indonesia

Sport Science Department

References

Anggreni, Ni Made Sukma, and Aria Saloka Immanuel. 2020. “Model School Well-Being Sebagai Tatanan Sekolah Sejahtera Bagi Siswa.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi 1(3):146. doi: 10.24014/pib.v1i3.9848.

Athiyyah, and Harri Santoso. 2021. “Permasalahan Kesehatan Mental Di Masa Covid-19.” Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat 1(2):170–85. doi: 10.22373/jrpm.v1i2.634.

Bianco, Donatella. 2012. “Performance of the Warwick-Edinburgh Mental Well-Being Scale (WEMWBS) as a Screening Tool for Depression in UK and Italy.” 1–77.

Cadogan, Bernard, and D. Phil Oxon. 2013. “Welfare Policy : Governance History and Political Philosophy.” (July).

Clarke, Janine, Judith Proudfoot, Mary Rose Birch, Alexis E. Whitton, Gordon Parker, Vijaya Manicavasagar, Virginia Harrison, Helen Christensen, and Dusan Hadzi-Pavlovic. 2014. “Effects of Mental Health Self-Efficacy on Outcomes of a Mobile Phone and Web Intervention for Mild-to-Moderate Depression, Anxiety and Stress: Secondary Analysis of a Randomised Controlled Trial.” BMC Psychiatry 14(1):1–10. doi: 10.1186/s12888-014-0272-1.

Dreer, Benjamin. 2023. “Witnessing Well-Being in Action: Observing Teacher Well-Being during Field Experiences Predicts Student Teacher Well-Being.” Frontiers in Education 8(March). doi: 10.3389/feduc.2023.967905.

Dwi, Galih. 2007. “Kecemasan Mempengaruhi Performa Atlet Bertanding.” (235):245.

Fadare, Stephen Ayoade, Isong Loury Mae, Lambaco P. Ermalyn, Montalban G. Kharen, and Paclibar L. Ken. 2022. “Athletes’ Health and Well-Being: A Review of Psychology’s State of Mind.” American Journal of Multidisciplinary Research and Innovation 1(4):44–50. doi: 10.54536/ajmri.v1i4.551.

Firmansyah, Helmy. 2016. “Hubungan Antara Aspek Fisik Dan Psikologis Studi Pada Atlet Senam Artistik Putra Jawa Barat.” Humanitas 14(1):78–89.

Fraenkel, Jack. R., Norman. E. Wallen, and Helen. H. Hyun. 2012. How To Design And Evaluate Research In Education. edited by M. Ryan. United States: The McGraw-Hill Companies.

Gosai, Jyoti, Sophia Jowett, and Jose Roberto Andrade Do Nascimento-Júnior. 2021. “When Leadership, Relationships and Psychological Safety Promote Flourishing in Sport and Life.” Sports Coaching Review 00(00):1–21. doi: 10.1080/21640629.2021.1936960.

Guillén, Félix, and Julio Román Martínez-Alvarado. 2014. “The Sport Engagement Scale: An Adaptation of the Utrecht Work Engagement Scale (UWES) for the Sports Environment.” Universitas Psychologica 13(3):975–84. doi: 10.11144/javeriana.upsy13-3.sesa.

Handayani, Sri Gusti. 2019. “Peranan Psikologi Olahraga Dalam Pencapaian Prestasi Atlet Senam Artistik Kabupaten Sijunjung.” Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO) 2(2):1–12. doi: 10.31539/jpjo.v2i2.714.

Irwanto, and Muslimah Zahro Romas. 2019. “Profil Peran Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet Di Serang-Banten Menuju Jawara.” Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga 2(1):1–14.

Komarudin, Komarudin. 2018. “Peningkatan Motivasi Atlet Melalui Pelatihan Brain Jogging Pada Cabang Olahraga Beregu Dan Perorangan.” Jurnal Sosioteknologi 17(1):21–29. doi: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.3.

Laver, Lior, Philippe Landreau, Romain Seil, Nebojsa Popovic, Basic Science, and Injury Management. 2018. Handball Sports Medicine.

Lisinskiene, Ausra, Marc Lochbaum, Emily May, and Matt Huml. 2019. “Quantifying the Coach–Athlete–Parent (C–A–P) Relationship in Youth Sport: Initial Development of the Positive and Negative Processes in the C–A–P Questionnaire (PNPCAP).” International Journal of Environmental Research and Public Health 16(21):1–11. doi: 10.3390/ijerph16214140.

López de Subijana, Cristina, Luc J. Martin, Javier Ramos, and Jean Côté. 2021. “How Coach Leadership Is Related to the Coach-Athlete Relationship in Elite Sport.” International Journal of Sports Science and Coaching 16(6):1239–46. doi: 10.1177/17479541211021523.

Lugaya, Yuga Rahmatullah, . Komarudin, and Mustika Fitri. 2019. “The Implementation of Small-Side Games Practise Model on Improving Students Intrinsic Motivation and Social Behavior.” Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. doi: 10.17509/jpjo.v4i2.18578.

Meilia, A., Z. Rahmat, and Irfandi. 2022. “Survei Kecemasan Atlet Bulutangkis Remaja Pada Saat Menjelang Pertnadngan Di Pb. Pasha Jaya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 3(September).

Paramitha, Sandey Tantra. 2018. “Optimalisasi Pemanfaatan Mineral Fosfor Dalam Membentuk Kesehatan Fisik Anak Usia Dini Melalui Reedukasi Keluarga.” Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan. doi: 10.21009/gjik.091.02.

Paramitha, Sandey Tantra. 2022. “Rethinking the Relationship between Technology and Health through Online Physical Education during the Pandemic To Cite This Article : Rethinking the Relationship between Technology and Health through Online Physical Education during the Pandemic.”

Paramitha, Sandey Tantra, and Lestari Ema Anggara. 2018. “Revitalisasi Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam.” Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. doi: 10.17509/jpjo.v3i1.10612.

Putri, Nanda Indriani, and Bambang Budi Raharjo. 2023. “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stress Yang Dialami Atlet Dan Pelajar.” Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang (No.3 (2023)):68–91. doi: https://doi.org/10.15294/km.v1i3.99.

Riskesdas. 2013. “Riset Kesehatan Dasar.” Expert Opinion on Investigational Drugs 7(5):803–9. doi: 10.1517/13543784.7.5.803.

Studi, Program, S. Ilmu, Fakultas Ilmu Olahraga, and Universitas Negeri Surabaya. n.d. “Kondisi Ketahanan Fisik Pada Anggota Bola Tangan Di Sma Negeri 3 Kota Kediri Mochammad Audrey Mahdani Putra.” 37–42.

Taftazani, Hanif Sayyid, and Nailul Fauziah. 2019. “Memahami Kesejahteraan Subjektif Pada Atlet Atletik.” Jurnal Empati 8:61–67.

Tarmizi, Siti Nadia. 2022. “Kemenkes Perkuat Jaringan Layanan Kesehatan Jiwa Di Seluruh Fasyankes.” Sehat Negeriku.

Winda Septa Riani, and Yuli Azmi Rozali. 2014. “Hubungan Antara Self Efficacy Dan Kecemasan Saat Presentasi Pada Mahasiswa Univeristas Esa Unggul.” Jurnal Psikologi 12(1):1–9.

Wolak F, and Hardman I. 2008. “Directions For Future Research And Practice.” The Eletronic Library 34(1):1–5.

Yuliastrid, Dita. 2021. “Journal Of Sport Education (JOPE).” 4(1):30–39.

Zhao, Chen, and Sophia Jowett. 2022. “Before Supporting Athletes, Evaluate Your Coach–Athlete Relationship: Exploring the Link between Coach Leadership and Coach–Athlete Relationship.” International Journal of Sports Science and Coaching. doi: 10.1177/17479541221148113.

Published
2023-11-06
How to Cite
Gatarina Nurani Oktavia, Mustika Fitri, & Sandey Tantra Paramitha. (2023). ANALISIS TINGKAT WELL-BEING STUDENT-ATHLETE REMAJA SMP KOTA BANDUNG. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(2), 165-170. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i2.3092