PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI DAN PRAKTIK PERMAINAN BULUTANGKIS

  • Fachrurrozie Pendidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Herri Yusfi Pendidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Iyakrus Pendidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
Keywords: Media; Android; Pembelajaran; Bulutangkis

Abstract

Banyaknya hambatan yang dihadapi dalam dunia pendidikan ketika ini mengharuskan guru PJOK bisa memanfaatkan peran teknologi pada kegiatan proses belajar mengajar. Untuk memverifikasi validitas, keefektifan, dan kepraktisan produksi media berbasis android materi bulutangkis SD, prosedur ini dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Depelovment menggunakan model ADDIE. Penelitian yang dilakukan telah membentuk produk hasil berupa media pembelajaran berbasis android yang mampu digunakan  pada saat  pembelajaran PJOK materi bulutangkis peserta didik SD. Tiga orang ahli dan telah memvalidasi penelitian ini sehingga dinyatakan layak untuk dipergunakan. Dengan data validasi ahli media untuk kevalidan yaitu 88,46% mengkategorikan sangat baik, aspek materi menunjukan 87,50% dikategorikan sangat baik serta aspek instrumen 88,46% juga mengkategorikan sangat baik.  buat kepraktisan 88,3% mengkategorikan sangat baik. Pembelajaran  meteri bulutangkis melalui media berbasis android dapat dipergunakan secara online dan  offline. Pengembangan ini menunujukan bahwa media belajar menggunakan android dengan materi bulutangkis yang dilakukan dan  diujikan kevalidasiannya dan  keefektifan media dapat dipergunakan pada pelaksanaan pembelajaran PJOK.

References

Abdullah, Ishak & Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alif, M. N., & Sudirjo, E. 2019. Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Alnedral, D. R.2015. Strategi pembelajaran PJOK. Yogyakarta: Kencana.

Adnyana, I Gusti Made dan Wardan Suyanto. 2013. “Penggunaan EFI Scanner sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta 3(2): 134.

Ardyanto,Sofyan.2018. Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Universitas Wahid Hasyim

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Sejahtera.

Aryanti, S., Solahuddin, S., & Azhar, S. (2021). Learning forehand service badminton using teaching games for understanding (tgfu) students. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 305-317. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/index. DOI Prefix. 10.31851.

Aryanti, S., Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Forehand Bulutangkis Bagi Siswa Putra Sekolah Menengah Atas. Sebatik, 22(2), 181–187.

Budiwanto, S. (2013). Dasar-dasar Teknik dan Taktik Bermain Bulutangkis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Chen, C. (2014). Footwork teaching of college badminton elective course. Proceedings of the 3rd International Conference on Science and Social Research, 1(Icssr), 281–283.

Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Dlis, F., Haqiyah, A., Hidayah, N., & Riyadi, D. (2019). Application of sport science on development of exercise model strokes badminton based on footwork. Journal ofEducation, Teaching and Learning, 4(2), 251-256. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/index.

Ega Trisna Rahayu.2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah. 17 (1): halaman 66-79.

Hartati.2019.Pengembangan Model Pembelajaran Bulu tangkis melalui Video Animasi pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FKIP Unsri.Universitas Sriwijaya

Hartati, Silvi Aryanti, Bayu Hardiyono, and Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu. "Improving Badminton Learning Using Animated Video-Based Learning Model." LINGUISTICA ANTVERPIENSIA (2021):1100-1103.

Hung, M. H., Chang, C. Y., Lin, K. C., Hung, C. L., & Ho, C. S. (2020). The applications of landing strategies in badminton footwork training on a backhand side lateral jump smash. Journal of Human Kinetics, 73, 19. http://www.johk.pl/.

Iyakrus.2018.Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Universitas Sriwijaya

Iyakrus & Syamsuramel.2020. Pengaruh Latihan Beban Dumbbell Terhadap Hasil Servis Pendek Backhand Bulu Tangkis Pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Universitas Sriwijaya

Jayul, Achmad, and Edi Irwanto. "Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6.2 (2020):190-199.

Jenny, S. E., Hushman, G. F., & Hushman, C. J. (2013). Pre-Service Teachers' Perceptions of Motion-Based Video Gaming in Physical Education. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 9(1), 96-111.

Jannah, M. 2015. Pengaruh Peran Orang Tua Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan

Kustandi, C., & Sujtipto, B. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemenpora, 2014, Pedoman Jurnal Iptek Olahraga, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Jakarta.

Komalasari, Kokom 2013. Pembelajaran Konstektual. Bandung :Refika Adiatama

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdarkarya.

Ramadhan,Faizan&Yulianti,Mimi.2021. Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket.Universitas Islam Riau

Ratumanan, T. G.2015 . Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Rahman, Abdul. 2014. Panduan Pembelajaran Bulutangkis. Makassar: FIK UNM

Rian, Muhammad.2021. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Rusman.2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shobirin, M., 2016, Konsep Implementasi K-13 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Depublish.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Sunhaji.2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. jurnal Kependidikan.Vol II No 2 Hal :32-33.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Yousef, A. M. F., Chatti, M. A., & Schroeder, U. (2014). Video-based learning: A critical analysis of the research published in 2003-2013 and future visions

Published
2023-05-08
How to Cite
Fachrurrozie, Herri Yusfi, & Iyakrus. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI DAN PRAKTIK PERMAINAN BULUTANGKIS. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(1), 111-120. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2693