PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI DAN PRAKTIK PERMAINAN BULUTANGKIS
Abstract
Banyaknya hambatan yang dihadapi dalam dunia pendidikan ketika ini mengharuskan guru PJOK bisa memanfaatkan peran teknologi pada kegiatan proses belajar mengajar. Untuk memverifikasi validitas, keefektifan, dan kepraktisan produksi media berbasis android materi bulutangkis SD, prosedur ini dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Depelovment menggunakan model ADDIE. Penelitian yang dilakukan telah membentuk produk hasil berupa media pembelajaran berbasis android yang mampu digunakan pada saat pembelajaran PJOK materi bulutangkis peserta didik SD. Tiga orang ahli dan telah memvalidasi penelitian ini sehingga dinyatakan layak untuk dipergunakan. Dengan data validasi ahli media untuk kevalidan yaitu 88,46% mengkategorikan sangat baik, aspek materi menunjukan 87,50% dikategorikan sangat baik serta aspek instrumen 88,46% juga mengkategorikan sangat baik. buat kepraktisan 88,3% mengkategorikan sangat baik. Pembelajaran meteri bulutangkis melalui media berbasis android dapat dipergunakan secara online dan offline. Pengembangan ini menunujukan bahwa media belajar menggunakan android dengan materi bulutangkis yang dilakukan dan diujikan kevalidasiannya dan keefektifan media dapat dipergunakan pada pelaksanaan pembelajaran PJOK.
References
Abdullah, Ishak & Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alif, M. N., & Sudirjo, E. 2019. Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Alnedral, D. R.2015. Strategi pembelajaran PJOK. Yogyakarta: Kencana.
Adnyana, I Gusti Made dan Wardan Suyanto. 2013. “Penggunaan EFI Scanner sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta 3(2): 134.
Ardyanto,Sofyan.2018. Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Universitas Wahid Hasyim
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Sejahtera.
Aryanti, S., Solahuddin, S., & Azhar, S. (2021). Learning forehand service badminton using teaching games for understanding (tgfu) students. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 305-317. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/index. DOI Prefix. 10.31851.
Aryanti, S., Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Forehand Bulutangkis Bagi Siswa Putra Sekolah Menengah Atas. Sebatik, 22(2), 181–187.
Budiwanto, S. (2013). Dasar-dasar Teknik dan Taktik Bermain Bulutangkis. Malang: Universitas Negeri Malang.
Chen, C. (2014). Footwork teaching of college badminton elective course. Proceedings of the 3rd International Conference on Science and Social Research, 1(Icssr), 281–283.
Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Dlis, F., Haqiyah, A., Hidayah, N., & Riyadi, D. (2019). Application of sport science on development of exercise model strokes badminton based on footwork. Journal ofEducation, Teaching and Learning, 4(2), 251-256. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/index.
Ega Trisna Rahayu.2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah. 17 (1): halaman 66-79.
Hartati.2019.Pengembangan Model Pembelajaran Bulu tangkis melalui Video Animasi pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FKIP Unsri.Universitas Sriwijaya
Hartati, Silvi Aryanti, Bayu Hardiyono, and Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu. "Improving Badminton Learning Using Animated Video-Based Learning Model." LINGUISTICA ANTVERPIENSIA (2021):1100-1103.
Hung, M. H., Chang, C. Y., Lin, K. C., Hung, C. L., & Ho, C. S. (2020). The applications of landing strategies in badminton footwork training on a backhand side lateral jump smash. Journal of Human Kinetics, 73, 19. http://www.johk.pl/.
Iyakrus.2018.Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Universitas Sriwijaya
Iyakrus & Syamsuramel.2020. Pengaruh Latihan Beban Dumbbell Terhadap Hasil Servis Pendek Backhand Bulu Tangkis Pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Universitas Sriwijaya
Jayul, Achmad, and Edi Irwanto. "Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6.2 (2020):190-199.
Jenny, S. E., Hushman, G. F., & Hushman, C. J. (2013). Pre-Service Teachers' Perceptions of Motion-Based Video Gaming in Physical Education. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 9(1), 96-111.
Jannah, M. 2015. Pengaruh Peran Orang Tua Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan
Kustandi, C., & Sujtipto, B. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemenpora, 2014, Pedoman Jurnal Iptek Olahraga, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Jakarta.
Komalasari, Kokom 2013. Pembelajaran Konstektual. Bandung :Refika Adiatama
Mulyasa, E. 2013. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdarkarya.
Ramadhan,Faizan&Yulianti,Mimi.2021. Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket.Universitas Islam Riau
Ratumanan, T. G.2015 . Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Rahman, Abdul. 2014. Panduan Pembelajaran Bulutangkis. Makassar: FIK UNM
Rian, Muhammad.2021. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Rusman.2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shobirin, M., 2016, Konsep Implementasi K-13 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Depublish.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Sunhaji.2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. jurnal Kependidikan.Vol II No 2 Hal :32-33.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Yousef, A. M. F., Chatti, M. A., & Schroeder, U. (2014). Video-based learning: A critical analysis of the research published in 2003-2013 and future visions
Copyright (c) 2023 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.