PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI VARIASI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR LOMPAT BERBASIS BLENDED LEARNING SEKOLAH DASAR

  • Yuspita Kusmilasari Retno Wulandari Indah Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang
  • Ammar Rozaan Izzulhaq Universitas Negeri Malang
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Lokomotor Lompat; Blended Learning

Abstract

Dalam perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat dalam pendidikan dan pembelajaran saat ini. Peran guru sangat penting terhadap kebaruan yang terjadi dengan perkembangan pembelajaran dalam berbagai metode-metode pembelajaran khususnya dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pendidikan jasmani variasi permainan gerak lokomotor lompat dapat berkembang dengan blended learning. Metode dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan cara menyimpulkan berbagai artikel terdahulu. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani variasi permainan gerak lokomotor lompat pada sekolah dasar dengan blended learning memberikan sejumlah keuntungan bagi pendidik dan siswa dengan cara membantu pendidik untuk berkembang lebih baik dalam proses pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dalam pembelajaran.

References

Abady, A. N. (2019). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Berjalan Diudara Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i1.160

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun di kelas b hijau melalui permainan engklek rintangan di tk negeri pembina kota tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178–190.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Astari, T. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 150–160.

Dewantara, A. H., B, A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathrunâ, 1(1), 84–98.

Hidayatullah, M. F., & Kristiyanto, A. (2014). Model aktivitas belajar gerak berbasis permainan sebagai materi ajar pendidikan jasmani (Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Indonesian Journal of Sports Science, 1(1).

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Muslihan, M. (2019). Pengembangan Permainan Outbound Untuk Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Paud Sayang Anak Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1).

Mustafa, P. S. (2021). Implementation of behaviorism theory-based training learning model in physical education in class VII junior high school football game materials. Competitor, 13(1), 39–60.

Mustofa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nazarenko, A. L. (2015). Blended learning vs traditional learning: What works?(a case study research). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 200, 77–82.

Nur, A. (2019). Pengaruh Latihan Lompat Rintangan terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 1–8. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpo/article/view/200

Okaz, A. A. (2015). Integrating blended learning in higher education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 186, 600–603.

Pebryawan, K. (2015). Engklek sebagai sarana pembelajaran yang asik di tengah permainan modern. Magistra, 27(92).

Prastyo, G. M., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. In Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf

Prijanto, J. H., & de Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318/1894

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–25.

Ramadhan, G., Saptani, E., & Supriyadi, T. (2017). Meningkatkan Rangkaian Gerak Lompat Tinggi Melalui Metode Jigsaw Dan Pembelajaran Yang Dikemas Dalam Bentuk Permainan. S P O R T I V E, 2(1), 61.

Ramdhani, N., Wimbarti, S., & Susetyo, Y. F. (2018). Psikologi untuk Indonesia tangguh dan bahagia. UGM PRESS.

Roswati, I. (2017). Meningkatkan Hasil Lompatan Melalui Permainan Melompati Kardus Pada Siswa Kelas V SDN Tegalkalong Kabupaten Sumedang. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 39–45.

Sanjaya, W., Darmawan, D., & Supriadie, D. (2016). Pengembangan Perangkat Kurikulum Dan Rancangan Pembelajaran. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 126. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i2.3325

Saputra, I. (2015). Modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(2), 35–41.

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim: Journal of Islamic Educatioan, 2(2). http://dx.doi.org/10.1016/j.jaad.2013.01.032

Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video Di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.251

Sunarto, S., Wening, N., & Subkhan, M. (2017). PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005

Wuest, D. A., & Fisette, J. L. (2012). Foundations of physical education, exercise science, and sport, (17th ed., ). McGraw-Hill.

Published
2024-04-03
How to Cite
Yuspita Kusmilasari Retno Wulandari Indah Pratiwi, Khusnul Khotimah, & Ammar Rozaan Izzulhaq. (2024). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI VARIASI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR LOMPAT BERBASIS BLENDED LEARNING SEKOLAH DASAR. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 29-36. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i1.2480