PERKEMBANGAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS BLENDED LEARNING
Abstract
Berkembangnya pendidikan jasmani di era industri modern saat ini, sebagai seorang pendidik yaitu guru dituntut bisa berinovasi dan mengembangkan, merancang dan memodifikasi pembelajaran yang unik, menarik dan inovatif. Sebagai pendidik memberikan suasana belajar yang efektif, efisien dan menarik, agar pembelajaran mudah tersampaikan kepada peserta didik dengan baik dan tidak memberikan efek yang membosankan saat melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui keterkaitan perkembangan pendidikan jasmani berbasis blended learning yang sedang terjadi saat ini. Metode yangdigunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan yang mengumpulkan berbagai artikel sebagai rujukan lalu disimpulkan. Hasil dari penelitian ini dijelaskan bahwa ada keterkaitannya pendidikan jasmani terhadap penggunaan blended learning sebagai salah satu alat pembelajaran, blended learning ini juga dapat dilakukan secara offline maupun online.
References
Aru Fantiro, F., Arifin, B., Muzakki, A., & Setiawan, E. (2022). Blended learning or full online: Increase student mood and motivation during the new normal era. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(1), 13–28. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i1.17507
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri, 148–153.
Giannousi, M., Vernadakis, N., Derri, V., Antoniou, P., & Kioumourtzogoul, E. (2014). A comparison of student knowledge between traditional and blended instruction in a physical education in early childhood course. Turkish Online Journal of Distance Education, 15(1), 99–113. https://doi.org/10.17718/tojde.99593
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Holistik, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan .Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitifpada Anak Menurut Jean Piaget. 5(1), 1–10.
Koerniantono, M. E. K. (2019). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 59–70.
Kune, D. M. K. (2021). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 57. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.34862
Latifa, U. (2017). Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannyatle. Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya, 1(faktor yang mempengaruhi perkembangan), 191.
Lobashevsky, A. L., Rosner, K. M., O’Donnell, J. A., & Higgins, N. G. (2012). 64-P. Human Immunology, 73, 90. https://doi.org/10.1016/j.humimm.2012.07.190
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning Untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1364. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12845
Muszali1, R., Jani2, J., & Nathan2, S. (2017). B-Lead Model Approach in Physical Education Teaching and Learning. Sci.Int.(Lahore), 29(4), 763–767.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.
Sabillah, M., & Nasrulloh, A. (2022). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 18(1), 16–26.
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Sari, V. K., & Wibowo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Minat Belajar Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Karanganyar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i1.3647
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Vernadakis, N., Giannousi, M., Tsitskari, E., Antoniou, P., & Kioumourtzoglou, E. (2012). A comparison of student satisfaction between traditional and blended technology course offerings in physical education. Turkish Online Journal of Distance Education, 13(1), 137–147.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.