PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
Abstract
Penerapan blended learning pada saat ini berkembang sangat pesat, mulai dari awal berkembangnya internet para ahli banyak yang sudah menerapkan blended learning dalam pembelajaran dan bermacam-macam metode pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan blended learning pada pendidikan jasmani. Metode dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan cara menyimpulkan berbagai artikel terdahulu. Dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning pada pendidikan jasmani memudahkan para peserta didik dalam menerima pembelajaran secara efisien dan efektif tergantung pada penerapan yang diberikan kepada peserta didik.
References
Abdel, M., & Al-Hadidi, R. (2013). Effect of the Blended Learning in Students of the Faculty of Physical Education in the University of Jordan Acquiring the skill of Under Hand Passing of the Volley Ball. In International Journal of Humanities and Social Science (Vol. 3). Retrieved from www.ijhssnet.com
Adi, S., Supriyadi, M., & Masgumelar, N. (2020). Model-model exercise dan aktivitas fisik untuk kebugaran jasmani anak SD. Retrieved from https://books.google.com/books
Aru Fantiro, F., Arifin, B., Muzakki, A., & Setiawan, E. (2022). Blended learning or full online: Increase student mood and motivation during the new normal era. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(1), 13–28. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i1.17507
Daru, A., & W Adhiwibowo - Jurnal Informatika. (2016). Model Pengembangan Web Komunitas untuk Mendukung Proses Interactive Distance Learning. 103.98.176.9. Retrieved from http://103.98.176.9/index.php/JIU/article/view/1189
Dwiyogo, W., PS Cholifah. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. Pasca.Um.Ac.Id. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/view/126
Firmansyah, & Dwi Purnama, E. (2022). Application of Multimedia-Based Learning Models Using Web-Based Learning Methods to Support Student Centered Learnig in SMA Negeri 4 Bandung. Jurnal Simasi : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(2), 140–150. https://doi.org/10.46306/sm.v2i2
Hidayah, N., Ahli, W., Bpsdm, M., & Penulis Korespondensi, A. (2020). Efektifitas Blended Learning dalam Proses Pembelajaran. In Jurnal Pencerahan (Vol. 14). Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/11503150/Perpaduan.Tatap.Mukadan.Kuliah
Holden Simbolon, D. (2022). Penerapan Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i1.20
Juilianto, I. (2017). JUARA: Jurnal Olahraga. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230735542.pdf
Mardikaningsih, A., & Kurniasari, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning (Syncronous vs Asyncronous) Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v3i1.1997
Mega Prastyo, G., Kurniawan, F., Resita, C., (2020). 65 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO
Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255
Muszali1, R., Jani2, J., & Nathan2, S. (2017). B-Lead Model Approach in Physical Education Teaching and Learning. In Sci.Int.(Lahore) (Vol. 29).
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240
Ndaru Kukuh Masgumelar, & Pinton Setya Mustafa. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222
Rohani, :, S Ag, & Pd, M. (n.d.). DIKTAT I MEIIIA PEMtsELAJARA|{.
Purwaningtyas, P., Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas XI berbasis online dengan program Edmodo. Journal.Um.Ac.Id, (2), 121–129. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8471
Rasyid, A., Muhyi, M., Santoso Sabarini, S., Rahman, T., Suko Wahono Advendi Kristiyandaru, B., Nugroho Putro, B., … Kesehatan pada Era Pandemi Covid-, dan. (n.d.). Heryanto Nur Muhammad • Muhamad Syamsul Taufik • Sapto Wibowo • Kukuh Pambuka Putra.
Rizkiyah, A. (2015). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. In Penerapan Blended Learning untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Kajian Pendidikan Teknik.
Setya Mustafa, P. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Researchgate.Net. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Taroreh, B., Taufik, M., Salamah, U., Munir, M., & Inwar, M. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Eprints.Binadarma.Ac.Id. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/11091/
Triwanis Can, E., & Baru, K. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPA. 1(2), 155–160. Retrieved from http://ijtvet.com/index.php/ijtvet
W Marwiyah. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan melalui Penggunaan Media Berbasis Komputer. Ejournal.Upi.Edu. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36135
Wang, C., Dev, R. D. O., Soh, K. G., Nasiruddin, N. J. M., & Wang, Y. (2022). Effects of Blended Learning in Physical Education among University Students: A Systematic Review. Education Sciences, 12(8), 530. https://doi.org/10.3390/educsci12080530
Widodo, A. (2018). Makna dan Peran Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Insan yang Melek Jasmaniah/Ter-Literasiah Jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.33558/motion.v9i1.1432
Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Academia.Edu. Retrieved from https://www.academia.edu/download/92606796/5493-20399-1-PB.pdf
Wulansari, S. (2019). Menerapkan Prosedur Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan Lempar dengan Permainan Olahraga yang Dimodifikasi dan Olahraga Tradisional di Kelas V …. Jurnal.Stitradenwijaya.Ac.Id. Retrieved from http://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/article/view/167
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.