PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

  • Ammar Rozaan Izzulhaq Universitas Negeri Malang
  • Yuspita KRWI Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang
Keywords: Penerapan; Blended Learning; Pendidikan Jasmani

Abstract

Penerapan blended learning pada saat ini berkembang sangat pesat, mulai dari awal berkembangnya internet para ahli banyak yang sudah menerapkan blended learning dalam pembelajaran dan bermacam-macam metode pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan blended learning pada pendidikan jasmani. Metode dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan cara menyimpulkan berbagai artikel terdahulu. Dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning pada pendidikan jasmani memudahkan para peserta didik dalam menerima pembelajaran secara efisien dan efektif tergantung pada penerapan yang diberikan kepada peserta didik.

References

Abdel, M., & Al-Hadidi, R. (2013). Effect of the Blended Learning in Students of the Faculty of Physical Education in the University of Jordan Acquiring the skill of Under Hand Passing of the Volley Ball. In International Journal of Humanities and Social Science (Vol. 3). Retrieved from www.ijhssnet.com

Adi, S., Supriyadi, M., & Masgumelar, N. (2020). Model-model exercise dan aktivitas fisik untuk kebugaran jasmani anak SD. Retrieved from https://books.google.com/books

Aru Fantiro, F., Arifin, B., Muzakki, A., & Setiawan, E. (2022). Blended learning or full online: Increase student mood and motivation during the new normal era. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(1), 13–28. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i1.17507

Daru, A., & W Adhiwibowo - Jurnal Informatika. (2016). Model Pengembangan Web Komunitas untuk Mendukung Proses Interactive Distance Learning. 103.98.176.9. Retrieved from http://103.98.176.9/index.php/JIU/article/view/1189

Dwiyogo, W., PS Cholifah. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. Pasca.Um.Ac.Id. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/view/126

Firmansyah, & Dwi Purnama, E. (2022). Application of Multimedia-Based Learning Models Using Web-Based Learning Methods to Support Student Centered Learnig in SMA Negeri 4 Bandung. Jurnal Simasi : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(2), 140–150. https://doi.org/10.46306/sm.v2i2

Hidayah, N., Ahli, W., Bpsdm, M., & Penulis Korespondensi, A. (2020). Efektifitas Blended Learning dalam Proses Pembelajaran. In Jurnal Pencerahan (Vol. 14). Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/11503150/Perpaduan.Tatap.Mukadan.Kuliah

Holden Simbolon, D. (2022). Penerapan Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i1.20

Juilianto, I. (2017). JUARA: Jurnal Olahraga. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230735542.pdf

Mardikaningsih, A., & Kurniasari, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning (Syncronous vs Asyncronous) Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v3i1.1997

Mega Prastyo, G., Kurniawan, F., Resita, C., (2020). 65 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO

Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255

Muszali1, R., Jani2, J., & Nathan2, S. (2017). B-Lead Model Approach in Physical Education Teaching and Learning. In Sci.Int.(Lahore) (Vol. 29).

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240

Ndaru Kukuh Masgumelar, & Pinton Setya Mustafa. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222

Rohani, :, S Ag, & Pd, M. (n.d.). DIKTAT I MEIIIA PEMtsELAJARA|{.

Purwaningtyas, P., Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas XI berbasis online dengan program Edmodo. Journal.Um.Ac.Id, (2), 121–129. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8471

Rasyid, A., Muhyi, M., Santoso Sabarini, S., Rahman, T., Suko Wahono Advendi Kristiyandaru, B., Nugroho Putro, B., … Kesehatan pada Era Pandemi Covid-, dan. (n.d.). Heryanto Nur Muhammad • Muhamad Syamsul Taufik • Sapto Wibowo • Kukuh Pambuka Putra.

Rizkiyah, A. (2015). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. In Penerapan Blended Learning untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Kajian Pendidikan Teknik.

Setya Mustafa, P. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Researchgate.Net. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214

Taroreh, B., Taufik, M., Salamah, U., Munir, M., & Inwar, M. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Eprints.Binadarma.Ac.Id. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/11091/

Triwanis Can, E., & Baru, K. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPA. 1(2), 155–160. Retrieved from http://ijtvet.com/index.php/ijtvet

W Marwiyah. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan melalui Penggunaan Media Berbasis Komputer. Ejournal.Upi.Edu. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36135

Wang, C., Dev, R. D. O., Soh, K. G., Nasiruddin, N. J. M., & Wang, Y. (2022). Effects of Blended Learning in Physical Education among University Students: A Systematic Review. Education Sciences, 12(8), 530. https://doi.org/10.3390/educsci12080530

Widodo, A. (2018). Makna dan Peran Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Insan yang Melek Jasmaniah/Ter-Literasiah Jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.33558/motion.v9i1.1432

Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Academia.Edu. Retrieved from https://www.academia.edu/download/92606796/5493-20399-1-PB.pdf

Wulansari, S. (2019). Menerapkan Prosedur Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan Lempar dengan Permainan Olahraga yang Dimodifikasi dan Olahraga Tradisional di Kelas V …. Jurnal.Stitradenwijaya.Ac.Id. Retrieved from http://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/article/view/167

Published
2023-09-11
How to Cite
Ammar Rozaan Izzulhaq, Yuspita KRWI Pratiwi, & Khusnul Khotimah. (2023). PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI . Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(2), 138-143. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i2.2346