PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEORI RENANG PJOK PADA KELAS IV SD NEGERI 179 PEKANBARU
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya media pembelajaran berbasis digital dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 179 Pekanbaru pada materi Renang Gaya Bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development dari Borg and Gall, dari 9 langkah – langkah tahapan pengembangan peneliti hanya sampai pada tahapan yang ke 7. Adapun tahapan pengembangan yang dilakukan adalah 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk dan 7) Revisi Produk. Sedangkan tahapan yang tidak dilaksanakan adalah tahapan ke 8) Uji Coba Pemakaian dan 9) Produksi Massal alasan peneliti tidak melakukan tahapan ini adalah dikarenakan keterbatasan biaya dan keterbatasan waktu penelitian yang dimiliki oleh peneliti Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 179 Pekanbaru dan sampelnya sebanyak 72 orang peserta didik yang di pilih dengan teknik total sampling dimana 30 orang sebagai sampel uji coba skal kecil dan 42 orang uji coba skala besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki peran dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik hal ini terlihat dari peningkatan hasil pretest dan postest dimana rata rata pretest sebesar 7.04 dan nilai posttest sebesar 9,40. Dengan peningkatan nilai rata – rata pretest dan posttest maka media pembelajaran teori renang PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 179 Pekanbaru.
References
Arimbawa, I. G. A. A., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2), 1–9.
Asad, H. A., Mulyadi, & Sugiharto, W. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Olahraga Di Smp Negeri Sekecamatan Prabumulih Timur. Jurnal Muara Olahraga, 3(1), 11–20.
Borg, W.R and Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction 4th Edition. London: Longman Inc.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.157.
Fadhilah, N. I. (2014). Peranan Sarana Dan Prasarana Guna Menunjang Hasil Belajar Siswa Di Sd Islam Al Syukro Universal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.
Malik, A., Putra, S., & Ifwandi. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Antara Metode Bagian Dengan Metode Keseluruhan Pada Mahasiswa Penjaskesrek Fkip Unsyiah Angkatan 2010 . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1), 54–63.
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen Pengelolaan Saran Dan Prasarana Pjok. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 70–82.
Standar Nasional Pendidikan , Pub. L. No. No.19 Pasal 42, Ayat 1–2 H. 85, Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia (2005).
Pratiwi, I. (2015). Sekolah Renang Di Kota Semarang Dengan Penekanan Design Sustainable Architecture. Journal Of Architecture, 4(2), 1–9.
Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di Sd Bakung Iii. Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 8(2), 76–80.
Sudaryono, M. A., Rustiyarso, & Salim, I. (2018). Analisis Faktor Penyebab Ketidaktercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal Dalam Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas Xii Iis. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.