PENGARUH KEBUGARAN JASMANI, STATUS GIZI, DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SISWA SMK ABDURRAB KOTA PEKANBARU

  • Trio Nanda Putra Universitas Negeri Padang
  • Alnedral Universitas Negeri Padang
  • Bafirman Universitas Negeri Padang
  • Wilda Welis Universitas Negeri Padang
  • Damrah Universitas Negeri Padang
  • Bambang Muhammad Arba’i Universitas Negeri Padang
  • Boy Sandy Universitas Negeri Padang
Keywords: Kebugaran Jasmani, Status Gizi, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kebugaran jasmani, status gizi dan motivasi terhadap hasil belajar PJOK. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMK Abdurrab Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisi jalur (path analysis), yaitu menggunakan persamaan struktural yang melihat kualitas dimensi pengaruh- pengaruh Kesegaran Jasmani (X1), Status Gizi (X2), Motivasi Siswa (X3) Terhadap Hasil Belajar PJOK (Y). Penelitian ini dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung variabel penyebab terhadap variabel akibat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada variabel kebugaran jasmani, status gizi, motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru, ditemukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan Kebugaran Jasmani (X1), Status Gizi (X2), Motivasi Belajar (X3) dan Hasil Belajar (Y) didapatkan Rsquare = 0,330 atau pengaruh sebesar 33%, dimana terdapat pengaruh secara simultan antara kebugaran jasmani, status gizi, motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Abdurrab Pekanbaru.

References

Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75–82.

Abdurrahman, M. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Annas, M. (2011). Hubungan Kesegaran Jasmani, Hemoglobin, Status Gizi, dan Makan Pagi terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(2).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asgari, M., Mara, U. T., & Alam, S. (2013). Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourists. Journal of Business Studies Quarterly, 5(2).

Feng, H., Fan, J., & Yang, H. (2013). THE RELATIONSHIP OF LEARNING MOTIVATION AND ACHIEVEMENT IN EFL : GENDER AS AN INTERMEDIATED VARIABLE. Educational Research International, 2(2), 50–58.

Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089.

Libao, N. J. P., Sagun, J. J. B., Tamangan, E. A., Pattalitan, A. P., Dupa, M. E. D., & Bautista, R. G. (2016). SCIENCE LEARNING MOTIVATION AS CORRELATE OF STUDENTS’ ACADEMIC PERFORMANCES. Journal of Technology and Science Education, 6(3), 209–218.

Mukodi, M. S. I., & Hajarah, S. (2015). SEMINAR EKSPOS PENELITIAN STKIP PGRI PACITAN 2014.

Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 117–126.

Santoso, A. M. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6–9.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181–204.

Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dan kecemasan pada siswa kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 203–212.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif Dan R&D (edited by ). Bandung: Alpabeta.

Sukesti, R., & Sulisworo, D. (2021). Efektivitas Sistem Pembelajaran Fisika Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 56–65.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Syafril, M. (2020). ANALISIS STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS OLAHRAGA SISWA SMA HANG TUAH MAKASSAR. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Taufik. (2020). Hubungan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjas di Sekolah di Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Sport Science and Physical Education, 1(2), 24–31.

Vibulphol, J. (2016). Students ’ Motivation and Learning and Teachers ’ Motivational Strategies in English Classrooms in Thailand. English Language Teaching, 9(4), 64–75. https://doi.org/10.5539/elt.v9n4p64

Published
2022-11-30
How to Cite
Trio Nanda Putra, Alnedral, Bafirman, Wilda Welis, Damrah, Bambang Muhammad Arba’i, & Boy Sandy. (2022). PENGARUH KEBUGARAN JASMANI, STATUS GIZI, DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SISWA SMK ABDURRAB KOTA PEKANBARU. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 184-191. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2109