PENGARUH MODUL TAKTIK JITU BABAK TENGAH LEVEL 2 TERHADAP PEMAHAMAN TAKTIK CATUR BABAK TENGAH PADA SISWA EKSTRAKULIKULER CATUR DI MTs NEGERI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • LAELATUL HASANAH Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Fakultas Olahraga Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi
  • DANANG ARI SANTOSO Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Fakultas Olahraga Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pemahaman taktik catur babak tengah skak mat dan keunggulan materi menggunakan media modul taktik jitu babak tengah level 2 terhadap pemahaman taktik catur babak tengah yang menggunakan latihan dalam bentuk menyelesaikan soal berupa puzzle catur. Jenis penelitian ini eksperimen sungguhan dengan rancangan the rendomized pretest posttest control groups design. Sampel penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler catur di MTs Negeri Banyuwangi sebanyak 10 orang ditentukan dengan tektik populasi riset. Pemahaman taktik catur diukur dengan bisa tidaknya para responden dalam menjawab soal yang diberikan dengan bobot nilai sesuai dengan jumlah soal yang ada.Berdasarkan uji t paired sample testpada datapemahaman taktik catur babak tengahskak mat nilai sebesar 10,486. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan pada data pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi diperoleh nilai sebesar 12,178 dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan peningkatannya pemahaman taktik catur babak tengah skak mat diperoleh nilai sebesar 62,16% dan peningkatan pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi diperoleh nilai sebesar 37,76% dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara kedua pelatihan pemahaman taktik catur babak tengah tersebut, dan pemahaman taktik catur babak tengah skak mat mempunyai pengaruh lebih baik dari pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi dengan selisih peningkatan sebesar 24,4% dari hasil pelatihan dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh media modul taktik jitu babak tengah level 2 terhadap pemahaman taktik catur babak tengah pada siswa ekstrakulikuler catur di MTs Negeri Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017 dan terdapat perbedaan pengaruh antara kedua pelatihan serta pelatihan pemahaman taktik catur babak tengahskakmat mempunyai pengaruh yang lebih baik dari pelatihan pemahaman taktik catur babak tengah keunggulan materi.

References

Arikunto, S.2002. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Bompa, Tudor O. Theory and Methodology of Training. Dubuge : Kendall/Hunt Publishing Company.

Brennan, dkk. 2012. How to make the most of you tactics training. Diakses dari http://tacticstime.com/downloads/tacticsTimeUsersGuide.pdf, pada 2 Mei 2017.

Hadi, S. 1991. Metode Penelitian. Yogyakarta.

Hadfield. 1990. Pengertian puzzle catur. Diakses dari https://syukronshara.blogspot.co.id/2011/05/penggunaan-media-game-puzzle.html?m=1, pada 2 Mei 2017.

https://m.youtube.com/results?q=hasil+uji+tpaired+samples+statistic+data+dengan+spss&sm=3. Diakses pada kamis, 10 Agustus 2017.

http://www.arsyindonesia.com/uji-hipotesis-menggunakan-t-test/. Diakses pada kamis, 10 Agustus 2017.

https://www.google.co.id/search?q=cara+mencari+uji+normalitas+menggunakan+spss&client=ucweb-b&chanel=sb. Diakses pada kamis, 10 Agustus 2017.

https://www.google.co.id/search?q=apa+yang+dimaksud+dengan+M+pre+dan+MD+pada+uji+t&client=ucweb-b&chanel=sb. Diakses pada kamis, 11 Agustus 2017.

https://www.google.co.id/search?q=cara+mencari+uji+t+menggunakan+spss&client=ucweb-b&chanel=sb. Diakses pada kamis, 11 Agustus 2017.

https://m.youtube.com/results?q=hasil+uji+homogenitas+data+dengan+spss&sm=3. Diakses pada kamis, 11 Agustus 2017.

Keene, R.L.S and Schiller, E. 2003. Killer Chess Tactics. New York : Carzoda Publishing.

Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian. Surabaya.

Putra, Moesa, dan Iqra’. 2005. Bunga Rampai Pedoman Dasar Catur. Malang: Hadiri.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.

Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta.

Volokitin, A dan Grabinsky, V. 2007. Perfect Your Chess. London: Gambit Publications Ltd.

Wikipedia. 2017. Sejarah singkat olahraga catur. Diakses dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Catur, pada 2 Mei 2017.

Published
2017-12-15
How to Cite
HASANAHL., & SANTOSOD. A. (2017). PENGARUH MODUL TAKTIK JITU BABAK TENGAH LEVEL 2 TERHADAP PEMAHAMAN TAKTIK CATUR BABAK TENGAH PADA SISWA EKSTRAKULIKULER CATUR DI MTs NEGERI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/128